7 Obat Tradisional Merawat Rambut Secara Alami

Banyak yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota keindahan setiap manusia. Dan karena itu setiap orang perlu secara khusus merawat rambut setidaknya dua kali dalam seminggu agar rambut idaman yang diinginkan dapat terus terjaga.

Banyak cara yang dilakukan orang untuk merawat rambut agar selalu indah dan bercahaya seperti rajin ke salon atau menyewa tenaga hair stylish yang kadang harus dibayar dengan harga mahal.



Namun tahukah anda, di sekitar kita banyak sekali bahan-bahan yang berfungsi sebagai obat tradisional untuk merawat rambut secara alami.

Bahan-bahan alami ini memiliki khasiat yang tak kalah hebatnya dengan obat sintetis di salon kecantikan, dan bahkan lebih ampuh dalam menghitamkan rambut atau membuatnya indah becahaya.

Kumpulan Obat Tradisional untuk Merawat Rambut Secara Alami

Di bawah ini, ada beberapa cara menggunakan ramuan tradisional untuk merawat rambut secara alami.

1. Madu

Madu selain digunakan untuk merawat muka, juga bermanfaat untuk merawat rambut sebagai bahan alami yang tidak hanya manjur digunakan sebagai bahan obat tapi juga efektif digunakan sebagai bahan kecantikan. Salah satunya adalah sebagai cara merawat rambut sehat secara alami.


 

Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Ambil beberapa sendok madu
  • Oleskan di seluruh kulit kepala
  • Lakukan pijatan ringan
  • Kemudian diamkan beberapa menit
  • Lalu keramaslah seperti biasa

Merawat rambut dengan madu seperti ini akan memberikan efek berkilau dan hitam pada rambut dan menjaga kelembaban sehingga tidak mudah rontok.

Lidah buaya dapat merawat rambut secara alami

Lidah buaya dapat merawat rambut secara alami

2. Santan Kelapa

Santan kelapa adalah salah satu obat tradisional untuk merawat rambut secara alami. Sudah menjadi kebiasaan orang-orang sejak dulu menggunakan santan kelapa sebagai terapi kecantikan terutama untuk menjaga kesehatan rambut. Santan kelapa banyak digunakan oleh putri keraton jaman dahulu.

Santan kelapa selain dipercaya dapat menyuburkan rambut, juga dapat menjadikan rambut hitam berkilau. Caranya mengolahnya tidak terlalu sulit. Gunakan santan kelapa yang kental dan oleskan ke seluruh kulit kepala sambil sedikit lakukan pijatan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibilas dengan air.

3. Kemiri

Kemiri adalah bahan dapur yang kerap disantap bersama dengan sayur saat sedang makan bersama keluarga. Selain sebagai bahan dapur, kemiri juga bisa dijadikan minyak yang berfungsi sebagai obat tradisional untuk merawat rambut secara alami.

Cara mengolah kemiri cukup mudah. Ambil beberapa buah kemiri kemudian bakar hingga mengeluarkan minyak. Kemudian tumbuk hingga halus lalu oleskan ke selutuh rambut dan kulit kepala. Diamkan kira-kira 30 menit sebelum membilas rambut dan keramas seperti biasa.

4. Alpukat

Jika kita merasa bosan dengan rambut yang kering dan susah di atur, cobalah untuk membuat conditioner alami sederhana berikut ini.

Ambil satu buah alpukat yang agak besar

  • Haluskan dengan cara diblender
  • Kemudian campur dengan 2 butir putih telur
  • Oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala
  • Diamkan kurang lebih 30 menit
  • Lalu bersihkan rambut dengan cara keramas

Alpukat adalah sayuran yang dapat dijadikan obat tradisional merawat rambut secara alami. Lakukan secara rutin hingga mendapatkan rambut yang halus dan tidak bercabang.

5. Urang-Aring

Sebelum ada produk shampo, berabad yang lalu para putri keraton menggunakan urang aring sebagai bahan alami untuk membuat shampo. Kita juga bisa mencontohnya.


 

Ambil beberapa daun urang-aring, kemudian remas-remas dan tambahkan sedikit air hingga keluar busanya. Busa alami inilah yang akan kita gunakan untuk sampo.

6. Lidah Buaya

Tak asing lagi. Lidah buaya, sebuah tumbuhan yang sering kita gunakan untuk tanaman hias bisa juga digunakan sebagai obat tradisional dan bahan alami penyubur rambut.

Caranya, ambil daging lidah buaya. Oleskan ke seluruh kulit kepala lalu diamkan selama semalaman. Agar hasilnya maksimal, bungkus kelapa dengan handuk. Lalu bersihkan rambut dengan cara keramas seperti biasa di keesokan harinya.

7. Hindari Hairdryer

Membiarkan rambut kering alami adalah langkah paling aman dalam melakukan perawatan alami rambut. Setelah kita menggunakan beberapa bahan alami di atas lalu membersihkannya dengan keramas, langkah terakhir adalah mengeringkannya.

Dalam proses ini jangan mengeringkan rambut dengan hairdryer karena pemanasan yang berlebihan yang timbul dari hairdryer justru akan merusak rambut.

Demikian beberapa obat tradisional untuk merawat rambut secara alami. Setelah kita mengetahui bahan alami apa saja yang bisa kita gunakan untuk perawatan rambut, alangkah baiknya jika kita mengganti produk perawatan rambut kita dengan bahan yang alami.

Kondisi rambut adalah cermin kesehatan tubuh karena itu cara terbaik merawat rambut adalah menjaga kesehatan tubuh. Semoga beberapa cara merawat rambut sehat secara alami di atas bisa menjadi gambaran dan dapat bermanfaat.

Tulis Komentar