Pengertian Asam Urat

Asam urat merupakan zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Rasa sakit yang muncul di persendian menyebabkan orang menyamakannya dengan rematik. Karena itu di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas definisi dan pengertian asam urat untuk mencegah kesimpangsiuran dan mengenali perbedaannya dengan penyakit lain seperti rematik.

Biasanya dalam kondisi normal, asam urat dikeluarkan dari tubuh melalui feses dan urin. Namun, dalam kondisi tertentu, organ ginjal tak mampu mengeluarkan asam urat secara seimbang, sehingga terjadi kelebihan dalam darah.



Bila hal tersebut, berlangsung terus menerus, asam urat yang berlebih akan terkumpul di persendian dan di tempat-tempat lainnya di ginjal, lalu membentuk kristal-kristal natrium urat.

Kristal-kristal natrium urat ini yang menyebabkan rasa nyeri, menyebabkan pembengkakan atau peradangan pada sendi. Jika penumpukan kristal-kristal asam urat terjadi di ginjal, akan menyebabkan penyakit batu ginjal.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dapat disimpulkan, bahwa pengertian asam urat atau gout adalah penyakit yang terjadi akibat kelebihan asam urat dalam darah, yang kemudian menumpuk dan tertimbun membentuk kristal-kristal pada persendian.

Asam urat adalah sejenis artritis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di sendi. Asam urat adalah hasil metabolisme zat purin yang merupakan bagian dari banyak makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Terlambat mengobati asam urat dapat menyebabkan serangan artritis yang menyakitkan, timbulnya batu ginjal, dan penyumbatan tubulus pada saringan ginjal dengan kristal asam urat, yang menyebabkan gagal ginjal.

Asam urat bisa menyerang siapa pun tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun berdasarkan hasil penelitian di bidang kesehatan, ternyata pria lebih berisiko dan lebih rentan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan wanita.


 

Terutama saat pria berusia 30 tahun ke atas. Sedangkan, pada wanita, risiko terkena asam urat biasanya akan muncul setelah wanita memasuki masa menopause.

Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terdampak adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat, biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari.

Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Pengertian asam urat adalah sendi sakit akibat penyakit asam urat

Pengertian asam urat dan bedanya dengan rematik

Gejala Asam Urat

Sejatinya, asam urat merupakan sisa metabolisme zat purin, yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Zat purin terdapat pada tiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup seperti daging, sayuran dan buah-buahan.


 

Gejala Penyakit asam urat ditandai dengan rasa kesemutan, linu, nyeri terutama pada malam hari dan pagi hari setelah bangun. Sendi penderita asam urat juga terlihat bengkak, kemerahan, panas dan terasa sangat nyeri.

Gejala asam urat juga bisa terlihat dari kondisi tubuh yang tak sehat, misalnya: demam, menggigil dan tidak enak badan. Denyut jantung juga berdetak dengan sangat cepat juga bisa menjadi salah satu indikasis seseorang terkena gejala asam urat.

Di samping menyebabkan sendi terasa nyeri, bahaya asam urat yang lain jika tidak segera diobati adalah dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Ya, dalam jangka panjang, asam urat akan merusak ginjal secara permanen hingga diperlukan cuci darah seumur hidup. Itulah sebabnya, para penderita asam urat hendaknya rutin melakukan perawatan intensif terhadap ginjalnya.

Dalam kondisi normal dan sehat, ginjal akan mengeluarkan semua zat tak berguna, termasuk zat azam urat yang keluar bersama fases dan urine. Pada kondisi ini, meskipun seseorang mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak purin, tak akan ada masalah. Ketidakmampuan ginjal mengeluarkan asam urat dalam darah dapat menyebabkan ginjal jadi bermasalah.

Segala usaha, yang dilakukan untuk mengurangi kadar asam urat akan menjadi sia-sia bila ginjal penderita asam urat dalam kondisi tidak fit alias bermasalah. Jadi, bila seseorang terkena asam urat, upaya untuk menurunkan kadar asam uratnya, harus dilakukan bersamaan dengan usaha menjaga kesehatan ginjal.

Gejala-gejala asam urat sangat penting untuk dikenali, karena siapapun rentan terserang penyakit ini. Bila asam urat telah menyerang, aktivitas penderitanya bisa jadi terganggu dan terhambat.

Tak hanya itu, penyakit asam urat bila dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan yang tepat, bisa menyebabkan masalah lainnya. Komplikasi penyakit-penyakit berbahaya seperti kolesterol, diabetes, jantung, ginjal, cacat permanen, kurang tidur yang menyebabkan stres serta depresi dan lainnya, merupakan sederet masalah yang bisa ditimbulkan oleh penyakit asam urat.

Itulah mengapa, penting bagi kita mengenali gejala-gejala asam urat. Dengan mengenali gejala-gejala penyakit asam urat, bisa dilakukan tindakan pencegahan atau penanganan sedini mungkin.

Demikian penjelasan singkat dan pengertian asam urat yang perlu diketahui. Jika anda terlanjur mengalami penyakit ini, mulai sekarang jaga pola makan dan hindari makanan-makanan penyebab asam urat.

Tulis Komentar