5 Penyakit Paling Mematikan Pada Wanita

Penyakit semakin berkembang seiring dengan berkembangnya kehidupan manusia. Setiap saat selalu saja ditemukan jenis penyakit baru yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Padahal teknologi yang diciptakan manusia sudah semakin canggih tapi kecanggihan tersebut tidak mampu menahan epidemi penyakit. Beberapa bahkan tak ditemukan obatnya sama sekali dan penderita hanya menunggu maut menjemput.



Ada banyak penyakit mematikan dewasa ini yang dapat menimpa siapa saja, baik pria, wanita ataupun anak kecil. Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas lima jenis penyakit mematikan paling berbahaya yang sangat sulit disembuhkan oleh teknologi modern saat ini.

Penyakit Mematikan Pada Wanita Bukan Hanya Kanker Payudara

Pada dasarnya semua penyakit memiliki gejala yang khas sehingga dapat dideteksi sejak awal, contohnya adalah penyakit jantung. Setidaknya terdapat beberapa gejala awal penyakit jantung yang sudah muncul sebulan sebelum serangan terjadi.

Mengenali tanda-tanda tersebut akan membuat kita lebih waspada dan selalu awas terhadap berbagai kemungkinan, dan tentu saja akan membuat kita senantiasa menjaga pola hidup dan aktivitas sehari-hari.

Penyakit mematikan pada wanita bukan hanya kanker payudara dan kanker serviks, meskipun kedua penyakit tersebut menjadi momok yang begitu ditakuti semua wanita. Untuk lebih jelas berikut beberapa penyakit mematikan bagi wanita.

1. Penyakit Jantung Coroner

Penyakit jantung koroner menduduki peringkat pertama penyakit yang paling mematikan di dunia. Dari hasil penelitian, wanita lebih banyak 10 persen mengidap penyakit ini dibandingkan pria.


 

Ada beberapa faktor penyebab penyakit jantung koroner diantaranya karena menjalani gaya hidup tidak sehat dan karena faktor genetik (keturunan).

Baca juga: Cara Mengatasi Serangan Jantung Saat Sendirian

2. Penyakit Stroke

Penyakit ini diakibatkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke otak. Stroke mampu membunuh banyak orang setiap tahunnya.

Penyebab penyakit mematikan ini selain karena faktor keturunan juga karena kebiasaan mengonsumsi junk food dan menjalani pola hidup yang tidak sehat selama bertahun-tahun.

Penyakit mematikan pada wanita

Penyakit mematikan pada wanita

3. Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah salah sayu penyakit mematikan dan terbilang misterius karena belum banyak diketahui penyebab awalnya. Penyakit ini juga membunuh wanita lebih banyak ketimbang pria.

Penyakit Alzheimer baru bisa dideteksi setelah terjadi kerusakan otak, dan orang yang terkena penyakit ini kehidupannya akan bisa diprediksi. Walaupun hanya menyerang mereka pada usia 65 tahun keatas, tapi kita harus waspada sejak dini.

4. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit mematikan pada wanita, jumlah penderitanya sangat banyak dan terus bertambah dengan harapan hidup yang rendah jika telah mencapai stadium akhir.

Penelitian menunjukan satu dari 38 wanita meninggal karena penyakit kanker payudara. Semua wanita terutama yang memiliki riwayat keluarga perlu mewaspadai gejala kanker payudara sejak dini.

5. Diabetes

Sebenarnya penyakit ini tidaklah langsung melumpuhkan penderitanya tetapi ada tahapan-tahapan yang dilewatinya. Maka deteksi dini diabetes akan sangat membantu penderita dalam mendapatkan pertolongan pertama yang tepat.

Biasanya diabetes dibagi menjadi dua tahapan yaitu, pra-diabetes dan diabetes. Pada tahap ke dua, penyakit ini sudah menyebar dan dapat membunuh penderitanya. Saat menderita diabetes, penderita wajib menjaga asupan makanan yang masuk ke tubuhnya. Meski demikian beberapa jenis makanan tetap aman dikonsumsi penderita diabetes terutama sayur dan buah-buahan.

Semua wanita sebenarnya memiliki kesempatan yang sama menderita penyakit mematikan ini. Tapi gaya hidup dan pola makan setiap orang yang berbeda-beda membuat ada wanita yang memiliki daya tahan tubuh lemah dan ada juga yang kuat.

Demikian 5 penyakit mematikan pada wanita yang penting anda ketahui, semoga dapat dijadikan pelajaran dan lebih bersemangat untuk hidup sehat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Vertigo February 13, 2016

Tulis Komentar