Ini Dia Penyebab Berat Badan Cepat Naik dan Sulit Turun

Banyak orang yang telah melakukan program diet yang ketat namun berat badan sulit turun juga. Bahkan tidak sedikit orang yang melakukan sedot lemak agar berat badannya turun, namun ternyata berat badan kembali naik dengan cepat.

Mengapa bisa demikian? Apa penyebab berat badan sulit turun?

Saat anda sedang menjalankan program diet, tubuh anda seakan-akan melakukan perlawanan. Awalnya berat badan anda turun tapi cuma sementara, dan beberapa minggu kemudian berat badan kembali naik. Anda mencoba program diet lain, dan hasilnya sama.

Jika seseorang telah melakukan diet yang ketat namun berat badan sulit turun juga, mungkin hal ini ada kaitannya dengan kesehatan fisik atau psikis orang tersebut.

Banyak orang yang tidak sadar dengan hal ini. Maka dari itu sebelum kita menjalankan program diet, sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu hal-hal yang akan menggagalkan program diet kita.

Penyebab berat badan sulit turun

Penyebab berat badan sulit turun

Penyebab Berat Badan Sulit Turun

Artikel ini berisi 5 alasan umum mengapa berat badan Anda sulit turun dan bahkan cepat naik

1. Anda Kurang Tidur

Apabila seseorang kurang tidur atau kurang istirahat, maka metabolisme tubuh akan terganggu, sehingga program diet seperti apapun tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Sebaliknya, justru jika seseorang melakukan diet ditambah tidur yang kurang, maka tubuh akan mudah terserang penyakit dan mudah lemas. Seseorang yang kurang istirahat, makanan yang dikonsumsinya tidak akan dicerna dengan maksimal, inilah yang mengakibatkan kenapa berat badan sulit sekali turun.

Advertisement

2. Depresi

Seseorang yang sedang mengalami depresi akan cenderung mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak.

Keadaan depresi membuat seseorang sulit mengontrol keinginan untuk makan. Inilah kenapa depresi menjadi salah satu faktor penyebab berat badan sulit turun.

Maka sebisa mungkin kontrollah keinginan anda untuk makan ketika anda sedang depresi. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan atau makanan sehat lainnya jika memang keinginan untuk makan susah dikendalikan

3. Stress

Stress membuat tubuh memproduksi banyak zat kortisol, zat ini membuat seseorang merasa selalu lapar dan ingin makan.

Pada umumnya orang yang mengalami ini menjadikan makanan siap saji sebagai jalan untuk mengenyangkan perutnya. Akibatnya lemak pada perut dan pinggang menjadi menumpuk.

Kendalikanlah keinginan anda untuk memakan makanan-makanan siap saji, karena selain makanan tersebut kurang sehat juga akan menggagalkan program penurunan berat badan anda.

4. Keinginan makan dalam porsi banyak pada malam hari

Pada malam hari makanan yang dikonsumsi tidak akan dicerna dengan maksimal. Sehingga kalori-kalori yang dihasilkan dari makanan tersebut akan menjadi lemak yang menumpuk, hal inilah yang menjadikan berat badan sulit turun.

Bahkan sebaliknya, makan berat sebelum tidur dapat menggemukkan badan dengan cepat. Maka, konsumsilah makanan dengan porsi yang cukup pada malam hari, dan pilihlah menu makanan yang mengandung kadar kalori yang rendah pada malam hari.

5. Minum minuman selain air putih

Ketika anda sedang menjalani program diet, maka selain memperhatikan menu makanan, perhatikan juga mimuman yang anda konsumsi.

Selain makanan yang berlemak, minuman minuman bersoda seperti soft drink, milk shake, coffe dan sejenisnya akan membuat asupan kalori dalam tubuh menjadi berkali-kali lipat.

Konsumsilah air putih sebanyak-banyaknya, karena air putih akan memperlancar metabolisme dalam tubuh dan berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Demikian beberapa faktor penyebab berat badan sulit turun. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka peluang memiliki berat badan ideal pun menjadi lebih besar.

Tulis Komentar