7 Penyebab Jerawat yang Jarang Diketahui Orang

Jerawat adalah salah satu gangguan kulit yang meski tidak membahayakan tapi terkadang sangat mengganggu penderita, terutama jika jerawat tidak kunjung sembuh dan menimbulkan bekas yang menghitam di wajah.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa jerawat sebetulnya bisa dihindari atau dicegah dengan mudah asalkan tahu apa-apa saja penyebab jerawat dan apa-apa saja pemicunya. Makanan, kebersihan lingkungan dan hormon dalam tubuh berkontribusi langsung terhadap munculnya benih-benih jerawat di wajah.



Tapi meski demikian, terdapat juga beberapa penyebab jerawat yang jarang diketahui sehingga kadang menimbulkan kebingungan, mengapa bintik mungil itu bisa tumbuh subur di pipi atau di dahi?

Menurut penelitian beberapa ahli kulit, kebiasaan sehari-hari ketika beraktifitas di rumah ataupun di kantor berhubungan langsung dengan timbulnya jerawat.

Dan kebanyakan dari kita tidak mengetahui aktifitas tersebut sampai akhirnya di jerawat batu nongol di wajah.

Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa penyebab jerawat yang mungkin saja belum anda ketahui:

1. Handphone


 

Menurut beberapa penelitian, handphone yang biasa kita gunakan mengandung jutaan bakteri berbahaya yang mengancam kesehatan. Saking banyaknya, sebuah penelitian bahkan menyebut kalau sebuah handphone jauh lebih kotor ketimbang toilet sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan dan menjadi penyebab jerawat di wajah.

Menurut seorang pakar kesehatan kulit, Ava Shamban, M.D., sebagaimana dikutip dari majalah online Total Beauty, “Jerawat bisa timbul karena hal-hal sederhana seperti memakai handphone secara langsung sehingga menyentuh kulit wajah dalam waktu lama dan berulang-ulang.”

“Terjadi perpindahan bakteri atau kuman dari handphone ke wajah sehingga dapat menyebabkan jerawat muncul atau jika mengenai wajah yang telah berjerawat akan menyebabkan infeksi,” tambah Shamban.

Cara paling baik dan aman menggunakan handphone adalah memanfaatkan earphone atau berbicara dengan mengaktifkan mode loudspeaker. Cara ini bisa mengurangi risiko timbulnya jerawat dan juga risiko radiasi ponsel.

Daftar penyebab jerawat

Daftar penyebab jerawat

2. Kain bantal

Kain atau sarung bantal adalah salah satu benda penyebab jerawat yang jarang diperhatikan. Setiap hari umumnya orang tidur antara 7-9 jam, ini artinya dalam rentang waktu tersebut wajah anda akan bersentuhan dengan bantal. Jika kain bantal tersebut kotor atau jarang dibersihkan, maka ada kemungkinan wajah anda atau bagian tubuh yang lain akan berjerawat.

Sarung bantal yang jarang dicuci atau diganti, akan menjadi sarang kuman dan bakteri yang berasal dari akumulasi minyak, kotoran yang berasal dari rambut dan kulit. Termasuk juga dari debu-debu yang hinggap pada bantal.

Solusi terbaik untuk mencegah hal tersebut adalah dengan secara rutin mengganti kain bantal anda dengan yang bersih, setidaknya sekali seminggu.

Baca juga:

3. Berkendara tanpa penutup wajah (masker)

Masalah terbesar yang kerap terjadi di kota-kota besar adalah polusi udara. Kadang tanpa disadari bakteri atau kuman berbahaya dari polusi tersebut masuk ke dalam tubuh saat sedang mengendarai kendaraan bermotor.

Kuman-kuman tersebut akan menjadi biang penyakit dan menjadi penyebab jerawat permanen di wajah.

Saat sedang mengendarai motor, angin yang berhembus akan memperbesar pori-pori kulit terutama wajah.

Jika anda mengendarai motor tanpa mengenakan masker maka ada kemungkinan ada kuman atau bakteri yang masuk melalui pori-pori tersebut yang lambat laun akan menimbulkan jerawat.

Gunakanlah masker atau kain saat sedang mengendarai kendaraan bermotor, masker tersebut dapat menghalangi wajah tersapu angin dan mengurangi risiko muka jadi jerawatan.

Baca juga:

4. Bertopang dagu

Banyak yang tidak tahu kalau bertopang dagu saja dapat menyebabkan jerawat. Saat sedang serius di depan komputer mengerjakan sesuatu terkadang tanpa disadari tangan bergerak menopang wajah dan dagu.

Jika saat itu tangan tidak steril alias sempat bersentuhan dengan benda lain yang mengandung minyak atau kotoran maka bisa diduga wajah akan cepat berjerawat.

Kotoran yang masuk ke wajah melalui pori-pori akan menghalangi sebum keluar, menyebabkan terjadinya penyumbatan yang rentan dengan infeksi. Hindarilah kebiasaan menopang dagu dengan tangan terutama apabila tangan sedang tidak bersih.

5. Begadang

Penyebab jerawat yang jarang diketahui orang

Penyebab jerawat yang jarang diketahui orang

Malam hari seharusnya menjadi waktu untuk beristirahat. Saat sedang tidur, tubuh akan melakukan proses detoks atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Jika dalam waktu tersebut tubuh anda tetap beraktifitas maka kesempatan tubuh melakukan detoks juga akan terhalang. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan gangguan pada fungsi kesuburan pria, terutama jika telah dilakukan selama bertahun-tahun lamanya.

Begadang menyebabkan produksi sebum (minyak) di wajah meningkat drastis. Jika pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran maka terjadilah infeksi penyebab jerawat semakin parah.


 

Biasakanlah memiliki jumlah dan kualitas tidur yang cukup setiap harinya. Saat sedang tidur, sel-sel tubuh akan meregenerasi dirinya dan membuang racun yang berbahaya sehingga saat bangun pagi tubuh jadi segar dan kulir tampak lebih segar.

6. Shampoo

Saat sedang mandi kebanyakan orang akan melakukan keramas dan membersihkan rambutnya menggunakan shampoo. Jarang yang tahu bahwa shampoo adalah penyebab jerawat jika salah digunakan.

Beberapa jenis shampoo bahkan mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan seperti Sodium Lauryl, Diethanolamine dan Ammonium Lauryl.

Saat sedang membilas, cairan shampoo pasti akan mengenai wajah, hal inilah yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat. Oleh karena itu, lakukan keramas di awal-awal saat mandi sehingga anda memiliki lebih banyak waktu untuk membersihkan wajah dari cairan shampoo tersebut.

7. Pasta gigi

Jika anda memiliki beberapa jerawat atau komedo yang tak mau sembuh di sekitar bibir maka ada baiknya anda mulai memperhatikan jenis pasta gigi yang anda gunakan. Jarang yang mengetahui kalau bahan-bahan dalam pasta gigi tersebut seperti flouride dan sodium lauryl sulfate dapat menyebabkan jerawat.

Jika memungkinkan gunakanlah pasta gigi tanpa flouride yang saat ini sudah banyak dijual di toko-toko dan supermarket, meskipun harganya terkadang di atas pasta gigi lainnya.

Untuk menghilangkan jerawat membandel, gunakanlah obat alami ketimbang obat kimiawi agar kondisi tubuh lebih terjaga. Demikian 7 penyebab jerawat yang jarang diketahui orang, dan mulai sekarang ada baiknya kita mulai memperhatikan kondisi kebersihan lingkungan yang paling dekat dengan kita untuk menghindari munculnya jerawat.

Komentar dan Tanggapan

  1. devil July 29, 2016
  2. Pandu September 7, 2016

Tulis Komentar