10 Penyebab Penyakit Ginjal yang Wajib Anda Ketahui

Pada umumnya penyakit ginjal disebabkan oleh kondisi-kondisi yang memberi beban kerja berlebih pada ginjal sehingga fungsinya terganggu atau bahkan berhenti total sama sekali.

Meski demikian penyakit hipertensi dan diabetes adalah dua faktor paling umum yang menjadi penyebab penyakit ginjal. Tentu saja masih banyak faktor lain seperti karena dehidrasi atau karena faktor genetik.



Hasil riset menunjukkan tekanan darah tinggi atau hipertensi menyebabkan lebih dari seperempat dari semua kasus gagal ginjal. Sementara diabetes juga diketahui menjadi penyumbang lebih dari 30% kasus gagal ginjal.

Pada artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa penyebab penyakit ginjal yang kadang tidak kita sadari. Menyadari bahaya penyakit ginjal, akan membantu kita menghindari apa-apa saja faktor penyebabnya.

Ketahui Faktor Penyebab Penyakit Ginjal

Sebelum kita membahas apa-apa saja penyebab penyakit ginjal, kita juga perlu tahu beberapa fungsi organ tersebut.

Ginjal berfungsi sebagai filter atau penyaring limbah, mengatur kelebihan cairan, dan menghilangkan racun dari darah Anda. Ginjal juga penting dalam produksi sel darah dan kesehatan tulang.

Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, akan timbul zat berbahaya dalam tubuh, tekanan darah meningkat, dan kemungkinan terjadinya edema (peningkatan cairan dalam jaringan tubuh).


 

Jika anda mengalami gagal ginjal, Anda akan membutuhkan dialisis (cuci darah) atau transplantasi ginjal untuk mengambil alih pekerjaan organ tersebut.

Penyakit ginjal kronis terjadi ketika ada penyakit atau ada sebuah kondisi yang mengganggu fungsi ginjal yang menyebabkan timbulnya kerusakan pada organ tersebut yang semakin lama semakin memburuk.

Dehidrasi adalah salah satu penyebab penyakit ginjal akut

Dehidrasi adalah salah satu penyebab penyakit ginjal akut

Berikut ini 3 penyebab utama penyakit ginjal:

  1. Aliran darah yang kurang lancar ke ginjal
  2. Adanya kerusakan langsung pada organ ginjal itu sendiri
  3. Sumbatan urine

Ketiga hal tersebut di atas dapat terjadi jika:

  • Anda mengalami cederta traumatis sehingga anda kekurangan banyak darah
  • Anda mengalami dehidrasi
  • Masuk ke fase shock ketika tubuh mengalami peradangan akibat infeksi yang disebut sepsis
  • Mengalami pembesaran prostat yang memblokir aliran urin
  • Sedang mengonsumsi obat tertentu
  • Mengalami komplikasi saat kehamilan, seperti eklampsia dan preeklampsia, atau yang terkait dengan HELLP Syndrome

Seorang atlit terutama pelari memiliki risiko kerusakan ginjal jika tidak minum cukup cairan saat sedang berlaga di jarak jauh.

Penyebabnya adalah timbulnya kerusakan pada jaringan otot, dimana saat itu terjadi, tubuh akan melepaskan sejumlah besar protein ke dalam aliran darah yang disebut mioglobin yang dapat merusak ginjal.

Faktor-Faktor Lain Penyebab Sakit Ginjal

Organ ginjal yang tidak bekerja dengan baik selama lebih dari 3 bulan disebut penyakit ginjal kronis. Gangguan ini berbahaya, karena Anda mungkin tidak memiliki gejala apapun sampai akhirnya telah timbul banyak kerusakan yang sulit diperbaiki.

Berikut ini beberapa penyebab timbulnya penyakit ginjal:

1. Kurang Cairan / Dehidrasi

Kurangnya cairan adalah faktor utama penyebab penyakit ginjal. Hal tersebut tidak hanya terjadi ketika Anda kurang minum tapi juga bisa diakibatkan oleh seringnya buang air besar, yaitu lebih dari 3x dalam sehari, muntah-muntah, dan pendarahan yang banyak.

Bila tidak diimbangi dengan minum dalam jumlah banyak, maka dapat merusak ginjal dalam waktu yang cepat. Ada beberapa faktor yang dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi, diantaranya:

A. Alami Luka Bakar

Orang yang mengalami luka bakar perlu mewaspadai efek domino yang muncul setelahnya yaitu gagal ginjal.

Pasalnya, luka bakar akan membuat lapisan kulit semakin menipis. Keadaan tersebut secara tidak langsung menyebabkan air mudah menguap melalui kulit.

Jika dibiarkan terjadi, tubuh akan mengalami dehidrasi sehingga dapat menyebabkan penyakit ginjal akut. Luka bakar yang cukup berpengaruh dalam hal ini adalah luka yang berkisar lebih dari 30% dari bagian tubuh.

B. Alami Kecelakaan

Seseorang yang tertimbun bangunan akibat bencana alam dan lama baru dievakuasi juga berpotensi mengalami sakit ginjal. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak menyadari bahwa semakin lama dievakuasi, maka berakibat pada dehidrasi.

Selain itu, orang yang mengalami kecelakaan besar biasanya juga berpotensi terkena penyakit ginjal, berkaitan dengan rusaknya otot-otot saat terjadi kecelakaan.

2. Makanan dan Minuman Tertentu

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan sakit ginjal kronis terutama makanan dari protein hewani, memiliki kandungan garam tinggi, gula, dan pemanis buatan.

Begitu pula jenis minuman soda dan minuman energi yang mengandung banyak zat kimia berbahaya di dalamnya dapat menyebabkan sakit ginjal terutama jika dikonsumsi terlalu sering.

3. Pengaruh Obat yang Dikonsumsi

Obat-obatan, baik itu yang dijual bebas maupun yang didapat melalui resep dokter adalah penyebab penyakit ginjal yang berbahaya. Bagi Anda yang sering mengkonsumsi obat, baik multivitamin atau obat ringan antibiotik, maka cobalah untuk mengurangi dosis pemakaiannya.

Obat-obatan tersebut berpotensi untuk membuat ginjal Anda bermasalah. Khususnya, obat keras, seperti obat kanker, jantung, dan darah tinggi. Konsultasikan dengan dokter yang menangani tentang efek samping dari obat tersebut sebelum dikonsumsi dalam jangka panjang.

4. Mengalami Infeksi Parah

Infeksi tubuh seperti demam, malaria, maupun penyakit infeksi lainnya juga berpotensi menjadi penyebab penyakit ginjal meskipun tidak akut. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya cairan akibat infeksi, sehingga ginjal akan bekerja sangat keras.

Pengobatan pertama yang bisa dilakukan adalah mengkonsumsi air mineral sebanyak 3 liter setiap harinya, hingga satu minggu pasca penyembuhan.

5. Sumbatan Saluran Kencing

Bagi Anda yang sering menahan buang air kecil terlalu lama, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Faktanya, aktivitas sumbatan saluran kencing adalah salah satu penyebab penyakit ginjal yang utama.

Jika Anda merasa sudah ingin buang air kecil, maka lakukan dengan sewajarnya, jangan menunggu air kencing yang sangat banyak. Selain itu, Anda juga harus menyudahi bila kencing sudah tidak keluar, jangan memaksakan kencing keluar lebih banyak.

6. Diabetes Melitus

Diabetes adalah salah satu penyebab penyakit ginjal yang utama. Diketahui terdapat 3 jenis tipe diabetes melitus dimana ketiganya berhubungan dengan kesehatan ginjal. Bagaimana diabetes menyebabkan gagal ginjal?

Penderita diabetes mengalami lonjakan gula atau glukosa dalam darahnya. Glukosa yang terlalu tinggi akan mengganggu fungsi ginjal dalam menyaring kotoran dalam darah.

Oleh karena itu semua penderita diabetes perlu secara sadar menjaga tingkat gula darah mereka dengan menghindari makanan yang terlalu manis yang dapat meningkatkan glukosa.

7. Hipertensi

Hipertensi kerap diasosiasikan dengan ginjal karena tekanan darah yang terlalu tinggi akan mengganggu fungsi ginjal.

Saat tekanan darah terlalu tinggi timbul tekanan dalam pembuluh darah dalam ginjal yang menyebabkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik dalam menyaring kotoran dalam darah.

8. Peradang Pada Ginjal


 

Radang ginjal merupakan penyakit ginjal ringan. Biasanya ditandai dengan keluarnya darah pada air kencing seseorang. Namun, bisa sembuh dengan sendirinya atau berobat ke dokter umum.

Hanya saja penyakit tersebut bisa menyerang ginjal secara akut ketika imunitas imun sedang kurang baik. Hal ini paling sering dialami oleh penderita virus HIV, hepatitis dan lupus.

9. Penyakit Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal juga bisa diturunkan. Namun, biasanya penyakit ginjal turunan tidak memiliki gejala yang berarti sehingga seseorang tidak akan khawatir dengan akibatnya. Penyakit ini baru akan terasa ketika seseorang kurang menjaga konsumsi makanan maupun minuman dan pola hidup yang sehat.

10. Sesak nafas

Sesak nafas juga berpotensi menjadi faktor penyebab penyakit ginjal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya penarikan nafas pada paru-paru, menyebabkan seseorang enggan untuk meminum air mineral dalam jumlah banyak.

Selain itu, oksigen buatan yang diberikan oleh penderita sesak nafas mengakibatkan tubuh kekurangan cairan. Hal tersebut bila terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan seseorang mengalami penyakit ginjal yang akut.

Demikian beberapa penyebab penyakit ginjal yang perlu diketahui. Agar terhindar dari penyakit tersebut maka tidak ada cara lain selain mulai menjaga kesehatan ginjal dari sekarang.

Perbanyaklah konsumsi air putih agar tubuh tidak dehidrasi sehingga ginjal dapat berfungsi dengan baik. Ingat mencegah lebih baik daripada menyembuhkan.

Tulis Komentar