Resep Tradisional Untuk Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

Asam lambung berfungsi sebagai salah satu bagian dari sistem pencernaan manusia untuk menghancurkan segala makanan yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut sehingga lebih mudah dicerna oleh usus. Tetapi ada kalanya tubuh memproduksi asam lambung lebih banyak dari batas normalnya yang menyebabkan terjadinya luka pada lambung.

Pemicu asam lambung naik adalah makanan dan stres. Penderita penyakit asam lambung biasanya mengalami gejala mual, mulas, perut terasa kembung dan tidak nyaman. Penderita yang sudah akut akan mengalami rasa sakit yang luar biasa dan harus dibawa segera ke dokter untuk disembuhkan.



Salah satu metode pengobatan alternatif peyakit asam lambung adalah menggunakan ramuan tradisional atau bisa juga menggunakan obat herbal. Metode ini biasanya cukup ampuh dalam mengatasi asam lambung akut.

Berikut ini beberapa resep tradisional untuk menyembuhkan dan mengatasi asam lambung secara alami:

1. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang banyak sehingga bisa menyejukkan. Pilihlah mentimun yang segar kemudian dipotong kecil-kecil dan jadikan sebagai cemilan setiap 2 jam sekali. Asam lambung akan berkurang jika anda mengkonsumsinya secara rutin.

2. Cincau


 

Cincau merupakan jelly alami yang diolah dari tumbuhan. Petik daun cincau kemudian cuci dan tumbuk halus. Remas dengan air masak hingga menghasilkan air dan disaring. Berikan air kapur sirih untuk membuatnya kental. Sajikan bersama sirup setelah cincau menggumpal.

3. Kunyit

Kunyit terbukti dapat menyembuhkan luka seperti tukak lambung jika dikonsumsi secara rutin. Untuk mengatasi asam lambung, yang harus dilakukan adalah menyiapkan 2 jari tangan kunyit, lalu dikupas, dibersihkan, diparut, dan ditambahkan air masak.

Kemudian peras melalui kain bersih, diamkan dan ambil airnya. Diminum 2 kali sehari ketika bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

Mengatasi asam lambung secara alami

Mengatasi asam lambung secara alami


4. Meniran

Meniran dianggap sebagai rumput biasa padahal merupakan tanaman herbal yang mudah tumbuh di tempat yang lembab. Meniran mengandung kalium, resin, zat filantin, dan penyamakan.

Cara mengolahnya cukup mudah yaitu ambil meniran sebanyak 1 genggam dicuci terlebih dahulu kemudian direbus didalam 3 gelas air bersih. Rebus hingga air tinggal setengahnya. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Konsumsi sebanyak 3 kali sehari.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung senyawa aloenin dan magnesium laktat yang berfungsi untuk menghambat sekresi asam lambung. Kupas kulit lidah buaya kemudian ambil dagingnya. Potong kecil-kecil kemudian ditambahkan madu secukupnya dan langsung diminum. Per hari anda cukup mengkonsumsi 2 lembar lidah buaya untuk 2 kali pemakaian.

6. Kemangi hutan/lampes

Konsumsi kemangi hutan/lampes sebagai menu lalapan makan siang anda secara rutin. Secara rutin mengkonsumsi kemangi ini dapat mengurangi efek dari asam lambung.


 

7. Kamonila/Teh kembang

Seduh dengan air panas 1 sendok teh bunga kamonila. Diamkan selama 10 menit kemudian diminum. Minum secara berkala 3-4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Susu kambing

Susu kambing adalah minuman bersifat basa yang bisa menetralkan asam lambung yang berlebihan. Minum segelas susu kambing per hari untuk hasil yang mujarab.

9. Kacang hijau

Masak bubur kacang hijau tanpa menggunakan santan. Konsumsi sebanyak 2 kali sehari. Kacang hijau berfungsi untuk menebalkan lapisan lambung sehingga tidak mudah terluka.

Demikian beberapa resep tradisional bagaimana mengatasi asam lambung secara alami. Jika sakit berlanjut sebaiknya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Asam lambung timbul akibat pola makan yang tidak teratur, telat makan, konsumsi makanan tidak sehat, pola tidur yang tidak baik, dan stress. Biasakan menjalani pola hidup yang sehat dan makan teratur untuk mencegah terjadinya asam lambung.

Selain itu penting bagi tubuh untuk mendapatkan jatah istirahat yang cukup agar badan tetap prima. Jika saat ini anda mengalami sakit asam lambung yang perih, sebaiknya coba salah satu resep di atas, atau jika sakitnya sudah tak terhankan periksalah ke dokter. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Tulis Komentar