10 Jenis Sayur dan Buah yang Cocok Untuk Penderita Diabetes Melitus

Diabetes melitus, merupakan penyakit kronis yang mematikan. Penyakit ini tak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol. Tujuan mengontrol adalah agar diabetes tidak semakin parah dan lalu menyebabkan komplikasi. Saat komplikasi diabetes terjadi, kualitas hidup penderita akan semakin menurun.

Salah satu cara mengontrol diabetes adalah melakukan diet ketat dengan menerapkan pola makan dan pemilihan makanan sehat. Karena itu di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis sayur dan buah yang cocok dan direkomendasikan untuk penderita diabates melitus.



Penderita diabetes, mau tak mau harus mencari tahu makanan-makanan apa saja yang aman dan wajib dikonsumsinya, juga harus tahu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari karena berakibat fatal untuk penyakitnya.

Bila penderita diabetes makan asal-asalan, penyakit yang dideritanya bisa semakin parah, karena akan terjadi peningkatan kadar gula dalam darah secara berlebihan.

Untuk penderita diabetes, ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi. Beberapa jenis makanan tersebut, terbukti ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sekaligus bisa berfungsi sebagai obat herbal untuk diabetes mereka, contohnya sayur dan buah anti oksidan.

Sayuran yang baik untuk penderita diabetes, adalah jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Serat merupakan salah satu jenis nutrisi yang terdapat dalam sayuran dan buah, yang baik untuk untuk penderita diabetes. Kandungan serat dalam jumlah cukup, akan membantu penderita diabetes untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya.


 

Sayur dan buah untuk diabetes
Berikut ini, beberapa jenis sayur dan buah yang baik untuk penderita diabetes, yaitu :

  1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berwarna hijau merupakan sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan Journal of Nature Product dan Plant Resources, sayuran berwarna hijau dapat mengatasi abnormalitas pada bagian peredaran darah yang disebabkan oleh diabetes melitus.

Mengkonsumsi sayuran berwarna hijau akan mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi pada peredaran darah seperti autoimun, anemia dan sebagainya. Contoh sayuran hijau yang cocok untuk penderita diabetes misalnya :

  • Brokoli, selain mengandung serat, kalsium dan nutrisi lain, juga mengandung antioksidan yang dapat menjaga kadar gula pada tingkat yang tepat.
  • Selada, mengandung banyak folat, mangan dan besi. Selada bisa membantu membangun sistem kekebalan tubuh dan menjaga kadar darah penderita diabetes. Sayur ini hanya mengandung 0,8 gram gula.
  • Bayam, tak hanya baik untuk membantu melancarkan pencernaan tetapi juga untuk mencegah dan mengatasi diabetes.
  • Kale dan sayuran hijau lainnya.
  1. Sayuran kaya serat

Serat sangat penting untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Serat ditemukan dalam beberapa jenis sayuran, sedangkan pada buah serat lebih banyak ditemukan pada kulitnya.  Beberapa jenis sayuran mengandung serat antara lain :

  • Kubis, kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor risiko pemicu diabetes. Penderita diabetes pun disarankan untuk menurunkan berat badannya, agar gula darahnya tetap bisa terjaga. Mengkonsumsi kubis, salah satu pilihan yang pas bila ingin menurunkan berat badan dan tetap fit, dan sayuran ini nol gula.
  • kacang polong
  • kubis brussel,
  • bayam dan lainnya.
  1. Alpukat

Buah alpukat, salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi penderita diabetes. Alpukat rendah gula dan lemak dan dapat dimakan dalam bentuk apa pun. Buah ini juga mengandung banyak vitamin seperti E, A, K, dan B6.

Alpukat mengandung lemak monounsaturated yang bermanfaat menyehatkan jantung dan dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah terjadinya berbagai komplikasi diabetes melitus.

  1. Pepaya

Buah pepaya, salah satu pilihan yang tepat untuk penderita diabetes. Pepaya mengandung nutrisi penting yang disebut papains. Senyawa ini sangat baik untuk membantu untuk menjaga sistem pencernaan penderita diebetes.

  1. Tomat

Penyakit kardiovaskuler merupakan salah efek buruk yang bisa disebabkan oleh diabetes. Penyakit ini, justru lebih berbahaya dari diabetes itu sendiri.

Oleh karena itu, bagi penderita diabetes, untuk mencegah komplikasi akibat diabetes yang dideritanya, sebaiknya mengkonsumsi sayuran yang bisa mencegah dan menurunkan kadar gula dalam darah,  dan itu adalah tomat.

Menurut sebuah studi, seorang penderita diabetes bisa terhindar dari risiko komplikasi kardiovaskuler karena mengkonsumsi tomat, sebanyak 200 gram seharinya. Tomat rendah lemak dan hampir bebas gula.

Tomat bisa langsung dimakan atau mencampurnya ke dalam salad sayur. Di samping itu, kandungan tingkat kadar tepungnya sangat rendah. Ini berguna untuk mengontrol kadar gula agar tetap pada angka normal.

  1. Apel

Buah apel sangat baik bagi penderita diabetes karena dapat mencegah terjadinya komplikasi penyakit jantung dan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Sebuah studi tahun 2012 di Ohio State University yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menemukan bahwa mengonsumsi satu buah apel setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan kolesterol LDL (buruk) sebesar 40 persen.

Profesor yang memimpin penelitian ini menjelaskan bahwa jenis antioksidan tertentu dalam apel memiliki efek mendalam pada penurunan LDL, yang berkontribusi terhadap risiko penyakit jantung.

  1. Asparagus

Asparagus mengandung antioksidan yang disebut glutathione sangat tinggi. Antioksidan ini memainkan peran penting dalam mengurangi efek penuaan dan mencegah timbulnya banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker.


 

  1. Wortel

Wortel dapat dimakan mentah maupun dimasak menjadi sayuran. Wortel tidak mengandung banyak karbohidrat sehingga sangat aman dikonsumsi penderita diabetes.

Satu cangkir wortel mentah memiliki sekitar 5 gram karbohidrat, ekuivalen dengan wortel yang dimasak sebanyak 1/2 cangkir. Menurut American Diabetes Association, lima wortel bayi masih bisa dianggap sebagai “makanan gratis” dan tidak perlu dihitung dalam rencana makan.

  1. Paprika merah

Pepaya merah sarat dengan nutrisi, termasuk antioksidan vitamin C dan beta karoten. Seperti buah dan sayuran merah lainnya, paprika merah mengandung dosis lycopene yang sangat banyak.

Vitamin A dan C, bersama dengan lycopene, dapat meningkatkan kesehatan sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker, menurut National Institutes of Health (NIH).

Sebenarnya, dalam panduan makan NIH untuk manula, paprika merah manis terdaftar sebagai satu dari empat sayuran dengan jumlah antioksidan tertinggi; Yang lain yaitu bayam, wortel, dan tomat.

  1. Bayam

Anda mungkin sudah tahu bahwa bayam sarat dengan vitamin dan mineral. Satu porsi bayam mentah atau 1/2 cangkir bayam yang sudah dimasak mengandung lebih dari 50 persen nilai harian untuk folat dan vitamin C.

Pada saat yang sama, porsi sayuran ini sangat rendah kalori (7 gram) dan karbohidrat ( 1 gram). Total dalam ½ cangkir bayam yang dimasak menyajikan hanya 22 kalori dan 4 gram karbohidrat.

Demikian beberapa jenis sayur dan buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sayuran dan buah tersebut dalam penyajiannya bisa dikombinasikan agar bisa diperolah manfaat yang optimal. Sebaiknya penderita diabetes mengkonsultasikan dengan dokter untuk menu diet yang optimal.

Demikian beberapa jenis sayur dan buah yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebagai penutup, penderita juga perlu mengetahui beberapa buah yang harus dihindari karena dapat memicu meningkatnya kadar gula darah seperti pisang, mangga dan buah nenas.

Tulis Komentar