Suplemen dan Vitamin Bagi Para Perokok

Untuk mencegah timbulnya beragam penyakit berbahaya dikemudian hari akibat rokok, langkah paling baik yang bisa dilakukan perokok adalah berhenti total. Tentu saja ini bukan hal yang mudah terutama bagi perokok aktif yang telah kecanduan selama bertahun-tahun.

Dalam situasi seperti ini, beberapa dokter menyarankan para perokok untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin yang dapat melindungi tubuh dari penyakit berbahaya.“Vitamin antioksidan terbukti dapat mengurangi dampak negatif rokok,” demikian ucap Jeffrey Blumberg, Ph.D, seorang peneliti di Universitas Tufts, Boston.


 

Blumberg menganjurkan para perokok untuk rajin mengkonsumsi beberapa jenis vitamin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat zat yang terkandung di dalam rokok.

Sari jeruk untuk perokok.

Sari jeruk, suplemen dan vitamin tambahan untuk perokok. Foto: healthlogica

Salah satu kandungan rokok yang sangat berbahaya adalah nikotin. Zat ini menyebabkan orang menjadi kecanduan dan selalu menginginkan mengisap rokok lebih banyak lagi. Selain itu nikotin juga ternyata berdampak pada perokok pasif yang secara tidak langsung turut mengirup asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif.

Bersyukurlah karena ternyata alam ini menyediakan zat-zat istimewa yang dapat menetralisir racun dalam tubuh termasuk membersihkan darah dari racun nikotin. Kebanyakan zat tersebut terkandung dalam buah dan sayuran organik yang bebas dari pestisida.

Berikut ini beberapa suplemen dan vitamin yang bermanfaat bagi perokok untuk mencegah timbulnya penyakit berbahaya:

1. Vitamin C

Rata-rata untuk orang biasa kecukupan gizi terhadap vitamin C adalah 60 mg. Nah untuk perokok kebutuhan terhadap vitamin c meningkat drastis menjadi 250 sampai 1000 mg vitamin C setiap hari. (Baca: 9 Bahaya Mengkonsumsi Vitamin C Terlalu Banyak)

Dianjurkan agar vitamin C yang dikonsumsi tersebut berasal langsung dari sumbernya seperti buah dan sayuran organik ketimbang mengkonsumsi dari hasil olahan. Contoh buah yang banyak mengandung vitamin C adalah brokoli, semangka, cabai merah, stroberi dan jeruk.

2. Vitamin E

Vitamin E sangat baik bagi kesehatan kulit. Rata-rata gizi yang dianjurkan setiap hari adalah 10 mg IU dan bagi perokok disarankan mengkonsumsi vitamin E sebanyak 100 sampai 400 UI setiap hari. Makanan yang mengandung banyak vitamin E adalah mangga, kecambah dan minyak sayur.


 

3. Vitamin Beta Karoten

Para perokok disarankan mengkonsumsi Beta Karoten sebanyak 15 sampai 30 mg setiap hari. Beta karoten mudah didapat dalam makanan sehari-hari seperti jeruk kuning, dan buah yang berwarna hijau tua, wortel, ubi dan bayam. Beta karoten adalah zat yang sangat bermanfaat bagi para perokok untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan sebagai protektor dari radikal bebas yang disebabkan oleh rokok.

Manfaat Sari Jeruk Bagi Perokok

Hal paling tersulit dari berhenti merokok adalah mengatasi reaksi yang timbul karena tubuh meminta asupan nikotin. Nikotin yang hilang dari tubuh akan menyebabkan beberapa gejala atau reaksi balik yaitu sulit tidur, mudah tersinggung, dan sering merasa bingung.

Hal-hal tersebut dapat dengan mudah dihilangkan dengan rajin mengkonsumsi sari jeruk terutama pada dua minggu pertama berhenti merokok. Rasa jeruk di mulut dapat menimbulkan perasaan rokok tidak enak sehingga membantu menghilangkan keinginan merokok. Selain itu, sari jeruk juga akan lebih cepat mengusir nikotin di dalam tubuh melalui urin.

Tentu saja berhenti merokok bukan perkara semudah membalikkan telapak tangan. Dari penelitian diketahui bahwa hanya 10 persen saja perokok yang dapat total berhenti merokok setiap tahunnya. Dan bagi anda yang saat ini masih sulit mengatasi keinginan merokok maka anda bisa mencoba mengkonsumsi beberapa suplemen dan vitamin di atas untuk mencegah timbulnya penyakit yang berbahaya di kemudian hari.

Tulis Komentar