15 Ciri-Ciri Asam Urat pada Kaki dan Persendian

Penyakit asam urat adalah penyakit yang erat kaitannya dengan persendian tubuh. Seorang penderita asam urat akan mengalami penurunan fungsi pada persendiannya, dan salah satu ciri-ciri asam urat yang paling umum dialami penderita adalah sendi menjadi kaku hingga sulit untuk digerakkan.

Penyakit ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja, namun orang tua memiliki faktor risiko yang lebih tinggi dibandingkan orang usia muda. Pria juga memiliki risiko menderita asam urat yang lebih besar dibanding wanita.



Asam urat sangat berbahaya, jika anda mengalami gejala asam urat yang menyakitkan pada serangan pertama, segera periksakan diri ke dokter dan jika memungkinkan melakukan kontrol setiap saat untuk menghindari munculnya serangan kedua.

Sebagian besar, faktor pemicu asam urat berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan penyebab asam urat bisa ditemui dengan mudah, bahkan seringkali menjadi menu keseharian kita, seperti kerang, ikan sarden, kepiting, cumi dan udang. Termasuk daging yang memiliki kandungan purin tinggi, lebih khusus lagi daging yang mengandung lemak jenuh, misalnya daging unggas seperti bebek.

Selain itu, beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kembang kol, kacang panjang dan sebagainya juga menjadi pemicu asam urat. Oleh sebab itu, ada baiknya sebelum mengkonsumsi suatu jenis makanan, anda perlu mencari tahu kadar purin pada makanan yang ingin dikonsumsinya. Ini penting untuk menghindari risiko terkena penyakit asam urat.

Ciri asam urat tinggi di tangan dan kaki

Ciri asam urat tinggi di tangan dan kaki

Tanda dan Ciri-Ciri Asam Urat Tinggi

Pada umumnya, diawal-awal timbulnya penyakit ini, ciri asam urat hampir tidak ada atau tidak terlalu terasa. Tanda asam urat mulai terasa seiring dengan meningkatnya tingkat keparahan.


 

Seseorang penderita asam urat akan merasakan gejala berupa nyeri sendi yang ringan, sedang hingga parah tergantung tingkat keparahan penyakit asam urat yang dideritanya.

Perasaan tidak nyaman hingga sendi yang terdapat asam urat akan menjadi kaku. Semakin banyak asam urat yang mengendap dalam sendi, tak hanya menyebabkan sendi menjadi kaku, namun juga menimbulkan pembengkakan dan bahkan memerah. Bila disentuh, persendian akan terasa hangat.

Mengenali tanda dan ciri-ciri asam urat sejak dini akan membantu seseorang untuk mengenali nyeri sendi yang dirasakannya, apakah nyeri akibat asam urat atau nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Meski jarang menimbulkan komplikasi, asam urat tetap patut diwaspadai. Mengenal ciri-ciri asam urat, juga akan membantu penanganan penyakit ini dengan tepat.

Adapun gejaja dan ciri-ciri asam urat adalah sebagai berikut :

  1. Biasanya terjadi serangan nyeri sendi secara mendadak pada satu sisi sendi, seperti sendi jempol kaki sebelah kiri atau kanan saja.
  2. Pada serangan awal, biasanya berlangsung beberapa hari, kemudian berangsur pulih hingga terjadi serangan berikutnya. Nyeri sendi ini akan timbul secara berulang.
  3. Persendian mengalami pembengkakan, misalnya pada lutut, jempol kaki atau bagian sendi tubuh lainnya. Peradangan bisa bersifat sementara namun juga bisa berlangsung dalam jangka waktu yang lama bila tak segera mendapatkan penanganan yang tepat.
  4. Kulit mengalami perubahan warna menjadi memerah juga mengkilap dan setelah peradangan reda, maka kulit akan mengelupas dengan sendirinya, yang terkadang disertai dengan rasa gatal.
  5. Salah satu ciri asam urat yang umum adalah bagian persendian mengalami peradangan dan menimbulkan rasa sakit yang  luar biasa meskipun tidak sedang beraktifitas.
  6. Bagian tubuh yang nyeri akan menjadi hipersensitif, sehingga bahkan hanya sekedar  disentuh pun akan bertambah sakit.
  7. Tanpa sebab yang jelas sering mengalami kesemutan, ini juga merupakan salah satu tanda kemungkinan kadar asam urat mengalami peningkatan.
  8. Serangan nyeri biasanya terjadi di pangkal jempol kaki, tetapi beberapa tempat bisa juga terjadi serangan nyeri misalnya kaki, lutut, pergelangan tangan, jari, dan siku.
  9. Kaku pada sendi, juga merupakan salah satu ciri penyakit asam urat sudah sangat parah. Sendi sulit digerakkan, karena sudah semakin banyak pengkristalan asam urat yang menumpuk di sendi yang menjadi penyebab sendi sulit digerakkan.
  10. Serangan arthritis akut atau pembengkakan dan kekakuan sendi, terjadi lebih dari sekali.
  11. Penderita asam urat tinggi, akan merasakan linu pada sendinya. Linu ini biasanya terjadi pada bagian anggota tubuh, seperti lutut.
  12. Meski nyeri sendir telah reda, bagian yang mengalami nyeri sendi, tak bisa dengan leluasa digerakkan.
  13. Malam hari, merupakan waktu yang paling sering dilaporkan terjadinya serangan nyeri oleh para penderita asam urat.
  14. Terjadi benjolan pada sendi atau tofus, pada helix telinga, di pinggir sendi dan tendon
  15. Pada kondisi lebih lanjut penderita asam urat akan merasakan demam, menggigil dan denyut jantung cepat, saat terjadi serangan nyeri sendi.

Persendian mengalami pembengkakan, misalnya lutut, jempol kaki atau bagian sendi tubuh lainnya. Peradangan ini bisa bersifat sementara, namun juga bisa berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, bila tak segera mendapatkan pengobatan.

Ciri utama asam urat adalah serangan tiba-tiba yang menimbulkan rasa sakit yang parah pada satu atau lebih persendian, biasanya terjadi pada jempol kaki. Penderita kadang juga mengalami kulit mengelupas, dan rasa gatal yang sangat saat pembengkakan turun.

Salah satu bahaya asam urat adalah dia dapat mempengaruhi hampir semua sendi dan bahkan saat serangan terjadi, dapat mempengaruhi lebih dari satu sendi pada waktu yang bersamaan.

Adapun ciri-ciri asam urat yang umum adalah kerap terjadi pada sendi ke arah ujung tungkai yang meliputi:

  • Jari kaki – terutama sendi jari kaki yang besar
  • Midfoot (lokasi sendi di sekitar tali sepatu)
  • Pergelangan kaki
  • Lutut
  • Jari
  • Pergelangan tangan
  • Siku

Tanda dan ciri asam urat bisa berbeda-beda pada setiap penderita. Namun yang paling penting adalah segera memeriksakan diri ke dokter atau cek kadar asam urat. Mengetahui kondisi asam urat sejak dini, akan membantu mengecah kemungkinan komplikasi bila tofus (benjolan pada sendi) pecah. Tofus yang pecah bisa menyebabkan kerusakan pada sendi dan tulang.

Demikian informasi singkat mengenai tanda dan ciri-ciri asam urat tinggi yang umum dialami orang, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar