6 Tips Aman Memilih Produk Pemutih Kulit dan Wajah

Bukan rahasia lagi bahwa wanita Indonesia sangat mengidam-idamkan memiliki kulit yang putih. Sejumlah cara juga siap mereka tempuh agar hal ini bisa terwujud, salah satunya dengan menggunakan produk pemutih.

Seperti tidak ingin kalah, para produsen juga terus menciptakan produk yang bisa memutihkan wajah dan kulit. Produk ini dilepas dengan harga yang beragam, dan bisa didapatkan dengan mudahnya di pasaran.



Tapi sayangnya, banyak cream pemutih yang beredar di pasaran memiliki kandungan yang berbahaya saat bersentuhan dengan kulit. Umumnya, produk tersebut mengandung merkuri dan hidrokinon adalah penyebab utama sehingga kulit mengalami berbagai masalah.

Meski demikian, produk dengan kandungan merkuri dan hidrokinon ini menjadi buruan para wanita karena terbukti mampu mewujudkan kulit yang putih dalam waktu singkat. Sangat banyak wanita yang terbuai dengan hal ini.

Selain karena ketidaktahuan, mereka juga merasa malas karena lebih mengutamakan hasil. Padahal, dalam jangka panjang penggunaan produk pemutih seperti ini akan menimbulkan masalah yang sangat serius, yaitu kanker kulit.

Tips memilih produk pemutih yang baik

Tips memilih produk pemutih yang baik

Tips Aman Menggunakan Produk Pemutih Kulit dan Wajah

Tentu saja yang terbaik adalah menggunakan pemutih wajah dari bahan tradisional. Selain lebih murah tentunya jenis pemutih ini lebih aman. Sayangnya, produk pemutih tradisional biasanya tidak instan alias butuh waktu yang lumayan lama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.


 

Sementara menggunakan produk-produk tak jelas seperti di atas jelas adalah hal yang salah, sekalipun tujuannya untuk memutihkan kulit.

Jika sudah demikian, maka bukan kulit yang putih dan cantik yang akan kamu dapatkan, melainkan masalah-masalah baru seperti jerawat, gatal-gatal, peradangan, kulit memerah, dan sebagainya.

Nah, agar bisa menyelamatkan kulitmu dari kerusakan akibat produk pemutih seperti ini, maka kami memiliki beberapa tips, diantaranya:

  1. Konsultasikan ke Dokter

Mungkin kamu akan kerepotan setiap kali akan menggunakan produk pemutih tertentu harus melakukan konsultasi dengan dokter.

Namun ini adalah langkah awal yang sangat tepat karena selain mendapatkan penjelasan mengenai kandungan bahan-bahannya, dokter juga akan memeriksa kulitmu sehingga bisa diketahui apakah produk tersebut memiliki sensitivitas terhadap kulitmu atau tidak.

Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk menanyakan produk pemutih yang akan kamu gunakan pada ahlinya.

  1. Perhatikan Cara Kerjanya

Jika kamu sudah menjatuhkan pilihan pada produk pemutih tertentu, maka perhatikanlah seberapa cepat ia mampu memutihkan kulit.

Jika dalam waktu singkat, misalnya seminggu, kulit kamu sudah menjadi lebih putih dari sebelumnya, maka sebaiknya waspadalah.

Pasalnya, produk yang bisa memutihkan kulit secara instan pasti memiliki kandungan bahan kimia yang tidak memenuhi standar kesehatan. Umumnya, produk yang memiliki cara kerja seperti ini mengandung banyak merkuri.

  1. Perhatikan Reaksinya

Tips aman menggunakan produk pemutih selanjutnya adalah memperhatikan reaksi produk tersebut terhadap kulit.

Jika penggunaannya pada kulit wajah ternyata menimbulkan rasa gatal, bengkak, merah-merah, kulit kasar, hingga jerawat, maka besar kemungkinan ini merupakan iritasi atau reaksi alergi dari kandungan bahan kimia di dalam produk tersebut.


 

Ada baiknya jika kamu menghentikan penggunaan produk pemutih tersebut karena sudah jelas bahwa kandungannya tidak cocok dengan jenis kulitmu. Bahkan cream pemutih yang sudah memenuhi standar kesehatan sekalipun terkadang masih menimbulkan alergi.

  1. Label Kandungan

Saat kamu ingin membeli produk pemutih, perhatikanlah label kandungannya. Pelajari baik-baik kandungan yang digunakan oleh produk tersebut.

Jika di dalam label tersebut terdapat bahan-bahan seperti merkuri, hidrokinon, asam retinoat, atau rodhamin B, sebaiknya tinggalkanlah. Pasalnya, bahan-bahan kimia tersebut sudah dilarang penggunaannya di dalam produk kecantikan.

Selain memberikan dampak negatif bagi kulit, bahan-bahan kimia tersebut bisa merusak fungsi dari ginjal, hati, hingga memicu kanker.

  1. Terdaftar BPOM

Selain memperhatikan label kandungannya, pastikan pula apakah produk pemutih tersebut sudah terdaftar di BPOM. Produk yang memiliki logo BPOM tentu lebih terjamin karena sudah melewati berbagai tes kelayakan.

Sebaliknya, pemutih kulit yang berbahaya menurut BPOM tidak terdaftar dan dijual secara ilegal. Kamu bisa juga mengetahui produk dan cream pemutih apa saja yang terdaftar oleh BPOM dengan mengunjungi www.pom.go.id.

  1. Harga wajar

Terakhir, jangan tergiur dengan janji yang ditawarkan oleh sebuah produk pemutih. Apalagi jika produk tersebut diklaim bisa memutihkan kulit secara instan.

Apabila ada produk yang memang bisa memutihkan dalam waktu instan, maka bisa dipastikan bahwa produk tersebut menggunakan zat kimia yang berbahaya.

Nah, itulah beberapa tips aman menggunakan produk pemutih yang bisa kamu terapkan dari sekarang. Selain mendapatkan kulit yang putih, tips di atas juga akan menjamin kesehatan kulitmu dalam waktu panjang.

Tulis Komentar