Tips Kesehatan Mata Untuk Mencegah Gangguan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang sangat berharga dan harus kita jaga. Dengan mata kita akan melihat keindahan ciptaan Tuhan ini. Mata adalah gerbang kita dalam melihat alam semesta dan berinteraksi dengan orang lain.

Namun, banyak orang yang mengalami gangguan mata seperti miopi, presbiopi, hipermetropi dan lainnya. Karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui tips kesehatan mata untuk mencegah gangguan pada mata.

Cara terbaik mencegah gangguan mata adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat sebab sebagian besar kerusakan mata terjadi karena kebiasaan yang tidak baik. Berikut ini beberapa tips kesehatan mata untuk mencegah gangguan mata:

Tips mencegah gangguan mata

Tips mencegah gangguan mata

1. Konsumsi nutrisi yang banyak

Tips yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan mata anda. Perbanyak saja makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan karena dapat mencegah atau memperlambat pertumbuhan katarak dan degenerasi makular.

2. Jaga jarak mata saat sedang membaca buku

Saat membaca buku, perhatikan jaraknya jangan terlalu dekat. Jarak yang ideal dari buku ke mata adalah 30 cm agar kita tidak terkena miopi atau rabun dekat. Selain itu, usahakan belajar dan membaca buku pada pencahayaan yang cukup.

3. Pencahayaan yang cukup

Pencahayaan yang redup dapat mengganggu kesehatan mata. Jangan pula membaca sambil tiduran karena menyebabkan miopi juga. Tips kesehatan mata yang tidak boleh diabaikan adalah jangan lupa untuk mengistirahatkan mata.

Advertisement

Jika mata kita terlalu lama didepan laptop atau komputer maka akan mengganggu kesehatan mata anda. Selain itu, usahakan jangan mengucek mata karena ada kemungkinan tangan kita kotor karena habis memegang benda. Jika mata kotor, maka dapat menyebabkan infeksi pada organ mata yang tentunya berdampak buruk bagi mata.

Selain itu, jika kita sedang fokus menatap laptop atau komputer, perbanyak intensitas kedipan mata agar mata tidak mudah lelah. Jika sedang musim panas, sebaiknya menggunakan kacamata yang bisa memantulkan sedikitnya 98% sinar UV untuk melindungi mata kita dari sinar UV.

4. Pilih kontak lensa yang aman

Jika anda menggunakan lensa kontak, maka pilih lensa yang baik serta aman bagi mata anda serta harus merawat lensa kontak anda dengan baik. jangan sampai lupa untuk membersihkan dan mengganti cairannya. Terakhir, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan mata anda kepada dokter secara rutin, setidaknya 12 bulan sekali.

Demikian beberapa tips untuk mencegah gangguan mata yang tentunya tidak ada salahnya untuk diterapkan demi menjaga kesehatan mata anda.

Tulis Komentar