Tips Mencegah Penyakit Jantung

Sakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian mendadak pada penderitanya. Ada beberapa metode yang sering dilakukan dokter pada pasien penyakit jantung, salah satunya adalah tindakan operasi.

Meski tindakan medis bisa mencegah kematian jika cepat ditangani, langkah terbaik yang bisa dilakukan semua orang adalah mencegah penyakit jantung koroner terjadi, caranya adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat sejak usia muda.



Beberapa penderita penyakit jantung sama sekali tidak pernah merasakan gejala dan kemudian langsung jatuh sakit. Karena itulah menjaga kesehatan jantung menjadi salah satu langkah yang sangat penting untuk kita semua.

Berikut ini beberapa tips cara mencegah penyakit jantung, dimulai dari mengenali tingkat risiko, mengubah kebiasaan hidup, rajin berolahraga dan menghindari stres. Mari kita bahas satu per satu.

Baca juga: Tips Aman Menjaga Kesehatan Jantung.

Apakah Anda Memiliki Resiko?

Langkah pertama yang kita lakukan sebagai usaha mencegah penyakit jantung adalah dengan mengukur diri kita, apakah kita masuk dala risiko orang-orang yang mungkin dapat terkena penyakit jantung atau tidak.

Perlu dipahami bahwa penyakit ini tidak muncul begitu saja, melainkan akumulasi dari gaya hidup tidak sehat yang selama ini dijalani. Penyakit ini juga tidak menular tapi bisa diturunkan dari orang tua yang mengidap jantung ke anaknya.


 

Beberapa orang yang memiliki resiko tinggi adalah penderita diabetes, begitu pula dengan orang yang pernah terkena gejala stroke dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Langkah pertama untuk menurunkan resiko serangan penyakit jantung adalah dengan mengetahui bahwa Anda masuk dalam risiko dan kemudian melakukan berbagai upaya pencegahan.

Cara mencegah penyakit jantung

Cara mencegah penyakit jantung

Berapa Usia Anda?

Penyakit ini memang lebih banyak menyerang orang tua atau lansia tapi meski demikian bukan berarti orang muda bebas dari serangan jantung. Semakin bertambah usia organ vital termasuk jantung juga akan semakin lemah, jika saat muda menjalani gaya hidup yang tidak sehat maka di usia tua risiko menderita penyakit jantung sangat besar. Risiko semakin bertambah jika memiliki riwayat keluarga dengan kelainan jantung.

Mencegah penyakit jantung koroner di usia muda dilakukan dengan cara menjalani gaya hidup sehat yang sehat, rajin berolahraga dan menghindari stres. Orang yang tidak pernah memperhatikan jumlah makanan dan jenis makanan yang dikonsumsi sangat berisiko terkena sakit jantung.

Hindari Rokok

Rokok telah menjadi salah satu sumber penyebab semua jenis gangguan pada jantung. Banyak orang yang mulai merokok sejak kecil dan menemukan bahwa rokok telah memberikan efek yang buruk saat usia sudah tua.

Rokok akan meninggalkan nikotin dalam tubuh. Tumpukan nikotin dalam tubuh setelah sekian lama merokok sama sekali tidak bisa keluar dan akhirnya mengganggu sirkulasi darah di dalam pembuluh. Akibatnya jantung harus memompa lebih keras agar darah bisa mengalir, semakin sering seperti ini semakin besar kemungkinan terjadinya serangan jantung.

Anda bisa mencegah penyakit jantung dengan berhenti merokok sekarang juga.

Perhatikan Tekanan Darah Anda

Tekanan darah menjadi salah satu masalah yang paling sering terjadi pada penderita jantung. Salah satu kelainan yang paling mudah ditemukan adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini bisa menjadi sangat fatal karena menyerang dengan diam-diam tanpa menyebabkan gejala. Tekanan darah tinggi yang tidak mendapatkan perawatan juga bisa menyebabkan penyakit stroke.

Jika kondisi ini terus berlanjut maka tubuh memiliki resiko yang sangat besar terkena serangan jantung. Untuk itu orang yang sudah memiliki kelainan darah tinggi bisa melakukan pemeriksaan secara teratur.


 

Hindari Sumber Kolesterol

Kolesterol menjadi salah satu zat yang sangat berbahaya untuk tubuh. Kolesterol yang termasuk dalam LDL adalah jenis kolesterol yang sangat jahat untuk tubuh. Kasus yang paling sering terjadi adalah tingginya tingkat kolesterol pada orang usia lanjut.

Pada dasarnya kolesterol didapatkan dari makanan atau minuman tertentu yang dikonsumsi secara rutin. Kemudian kolesterol akan diserap dalam usus. Selanjutnya kolesterol akan berada di dalam darah dan apabila tidak digunakan oleh tubuh maka darah banyak mengandung kolesterol.

Kemudian kolesterol akan menyebabkan masalah pada arteri seperti penumpukan plak dan penyumbatan. Jadi lindungi tubuh dari kolesterol jahat untuk mencegah terjadinya serangan jantung.

Perhatikan Asupan Makanan

Makanan adalah sumber kalori bagi tubuh. Kalori untuk tubuh didapatkan dari tiga jenis sumber makanan seperti lemak, karbohidrat dan protein. Ketika tubuh menerima banyak kalori maka tubuh akan menjadi lebih gemuk. Tubuh yang memiliki berat badan berlebih akan memiliki resiko yang tinggi terkena penyakit jantung.

Karena itu jika Anda ingin mencegah penyakit jantung maka perhatikan beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Bila Anda merasa memiliki berat badan yang berlebihan maka cobalah untuk melakukan diet.

Mencegah Penyakit Jantung dengan Aktif Berolahraga

Olahraga menjadi salah satu langkah yang sangat penting untuk mencegah risiko penyakit yang menyerang jantung. Anda bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dengan olahraga. Beberapa jenis olahraga yang sangat disarankan adalah seperti renang, lari, jalan kaki dan berbagai jenis olahraga ringan lain.

Jika anda merasa bahwa olahraga memberikan efek yang sangat baik untuk tubuh maka Anda bisa bergabung dengan klub. Olahraga tidak hanya baik untuk tubuh tapi juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jiwa dan mental.

Selain berbagai cara diatas, anda juga perlu mengendalikan stress dan mengolah batin agar tidak mudah tertekan. Stres adalah penyebab semua jenis penyakit dalam tubuh. Cemas dan tekanan mental akan membuat tubuh tidak sehat. Kondisi ini akan berpengaruh untuk semua organ dalam tubuh Anda. Jadi hindari stres dan nikmati hidup dengan baik.

Demikian beberapa tips mencegah penyakit jantung, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. Vicky Laurentina August 27, 2017

Tulis Komentar