Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Secara Alami

Gigi merupakan salah satu aset penting yang kita miliki. Posisinya di dalam mulut dan menjadi tempat lalu lintas semua makanan dan minuman yang memasuki tubuh membuat gigi cepat rusak jika tidak dirawat.

Begitu pula halnya mulut juga perlu dirawat agar tidak mengeluarkan bau mulut yang dapat mengganggu orang lain di sekitar. Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan menghilangkan bau mulut secara alami.

Salah satu jenis sakit gigi yang paling sering diderita orang adalah gigi berlubang. Menurut catatan WHO pada tahun 2012, gigi berlubang dialami oleh 60-90 persen penduduk negara. Padahal gigi berlubang merupakan investasi bagi berbagai penyakit kronis yang sering muncul di dalam mulut.

Menjaga kesehatan gigi

Menjaga kesehatan gigi

1. Gosok gigi duka kali sehari

Tips menjaga kesehatan gigi yang paling penting diketahui oleh semua orang adalah menggosok gigi dua kali sehari yaitu pada saat sebelum tidur dan setelah sarapan. Menggosok gigi secara teratur berarti tidak membiarkan bakteri perusak gigi dan yang menimbulkan bau mulut tumbuh dan berkembang biak.

Sebaiknya, gunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Selain itu, saat menyikat gigi harus baik dan benar yang artinya menjangkau semua permukaan gigi yang arahnya adalah dari gusi ke gigi.

Jangan asal memilih sikat gigi, tapi pilihlah sikat gigi yang mempunyai bulu yang lembut. Sebaiknya berhati-hati jika menggunakan pemutih gigi. Menggosok gigi juga tidak boleh dilakukan terburu-buru.

2. Berkumur dengan obat kumur

Setiap seminggu sekali, sebaiknya berkumur menggunakan obat kumur untuk mencegah timbulnya plak dan karang gigi. Hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena dapat mematikan bakteri baik dalam mulut.

Advertisement

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Tips untuk menjaga kesehatan gigi yang lain adalah mengkonsumsi buah dan sayur seperti apel, seledri dan wortel karena akan membantu membersihkan gigi. Buah seperti apel dapat memutihkan gigi secara alami dan sangat membantu dalam menghilangkan bau mulut dengan cepat.

4. Hindari makanan yang mengandung gula

Hal yang paling sering dianjurkan kepada anak kecil dan wajib untuk diikuti adalah mengurangi makanan yang mengandung gula entah itu permen maupun makanan bertepung karena sisa makanannya akan melekat pada gigi. Selain itu, batasi pula konsumsi anggur merah, teh dan kopi.

5. Berhenti merokok

Salah satu cara menjaga kesehatan gigi adalah dengan berhenti merokok sebab rokok adalah musuh utama gigi. Usahakanlah untuk berhenti merokok karena kandungan nikotin didalamnya selain berbahaya bagi kesehatan, dapat membuat bibir hitam dan dapat merusak gigi.

6. Rutin periksakan gigi ke dokter gigi

Sebaiknya setiap enam bulan sekali melakukan pemeriksaan kepada dokter gigi. Selain gigi berlubang, sebaiknya atasi pula masalah bau mulut yaitu dengan memperbanyak minum air, minimal 2 liter sehari.

Selain itu, perbanyak pula buah yang mengandung vitamin C untuk membunuh bakteri anaerob penyebab bau mulut. Bisa juga dengan mengunyah permen karet rendah gula karena akan menghasilkan air liur yang akan menghilangkan bakteri.

Demikian beberapa tips bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut secara alami yang cukup mudah untuk diterapkan.

Tulis Komentar