7 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

Jantung adalah organ dalam tubuh manusia yang sangat berperan dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Jika kesehatan jantung terganggu maka dapat dipastikan kesehatan organ tubuh lainnya akan terganggu juga.

Terkadang kita sering mengabaikan kesehatan jantung kita dengan menjalani gaya hidup yang tidak sehat dan kerap melalaikan hak tubuh untuk beristirahat. Padahal jika kita mau, menjaga kesehatan jantung adalah hal yang mudah dan murah.

Penyakit jantung adalah penyakit gaya hidup. Penyakit ini terjadi sebagai akibat dari akumulasi gaya hidup dan pola makan tidak sehat yang dilakukan selama bertahun-tahun. Karena itu penyakit ini bisa dicegah dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat sejak usia masih muda.

Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung

Bagaimana Menjaga Kesehatan Jantung

Berikut ini beberapa tips cara menjaga kesehatan jantung yang bisa segera anda terapkan saat ini juga:

1. Berjemur di pagi hari

Cara yang pertama dan mudah dalam menjaga agar jantung tetap sehat adalah berjemur di pagi hari. Hal ini dikarenakan sinar matahari mengandung vitamin D yang bermanfaat untuk meminimalisir pembentukan plak pada pembuluh darah. Setidaknya, berjemurlah selama 20-30 menit setiap hari sebelum jam 10.00.

2. Perbanyak konsumsi makanan laut

Ikan laut terutama yang berasal dari laut yang lebih dalam memiliki asam lemak omega 3 yang jauh lebih tinggi ketimbang ikan air tawar seperti ikan mas dan ikan mujair.

Contoh ikan laut adalah ikan salmon, kandungan Omega 3 dalam ikan salmon sangat baik dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat, resiko aritimia maupun tekanan darah tinggi.

Advertisement

3. Konsumsi cokelat

Tips ketiga menjaga kesehatan jantung mungkin yang paling disenangi banyak orang yakni mengonsumsi cokelat. Cokelat yang dimaksud adalah dark chocolate karena mengandung flavonoid dan juga magnesium yang akan menurunkan kadar kolesterol jahat. Ada juga asam stearat dan antioksidan untuk menangkal radikal bebas pada dinding arteri.

4. Rajin berolahraga

Tips kesehatan jantung yang keempat adalah rajin berolahraga. Hal ini dikarenakan jantung merupakan otot yang harus terus dilatih agar kondisinya tetap prima. Olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan joging, jalan cepat, bersepeda maupun renang.

Bahkan menurut hasil penelitian New England Journal of Medicine, jika kita melakukan jalan ringan 2,5 jam selama seminggu, maka akan meminimalisir resiko serangan jantung dan stroke hingga sepertiga.

5. Tidur yang cukup

Semua orang yang sering begadang memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang cukup tinggi, ini dikarenakan jantung dipaksa terus bekerja semalaman, apalagi jika ditambah dengan minuman dan kafein untuk merangsang jantung tetap fit.

Kurang tidur akan menyebabkan penumpukan kalsium dalam pembuluh darah jantung. Jika dibiarkan, akan menyebabkan pembuluh tersebut pecah sehingga timbul serangan jantung dan stroke. Tidur yang cukup kira-kira 6-7 jam sehari.

6. Berhenti merokok

Di dalam sebatang rokok terkandung 600 atau lebih zat kimia yang akan merusak sel dalam arteri sehingga akan memicu terjadinya peradangan dan meningkatnya kolesterol dalam jantung.

Berhentilah merokok selagi anda masih muda sebab tumpukan zat kimia dalam tubuh selama bertahun-tahun tidak hanya dapat menyebabkan penyakit jantung tapi juga penyakit berbahaya lainnya seperti kanker dan stroke.

7. Banyak tertawa

Hidup bahagia dan banyak tertawa akan menurunkan hormon stress dalam tubuh, seperti kita tahu hormon stres dapat merusak lapisan pelindung pembuluh darah dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan penyakit jantung ataupun stroke.

Demikian tujuh tips bagaimana menjaga kesehatan jantung secara mudah dan juga murah. Anda bisa menjaga kesehatan jantung anda dengan cara menerapkan gaya hidup sehat hari ini juga. Hidup sehat mulai dari sekarang agar jantung kita juga ikut sehat.

Tulis Komentar