5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Efektif Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Efektif Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung tentu saja sangat diperlukan karena jantung menjadi pusat dari semua organ tubuh. Jantung adalah organ tubuh vital dan juga merupakan pemegang kendali peredaran darah dalam tubuh.


 

Salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah dengan menjaga kesehatan tubuh. Jika nantinya jantung mengalami masalah atau gangguan, tentu saja kesehatan tubuh akan terganggu dan bahkan banyak orang yang meninggal karena kelainan pada jantung.

Oleh karena itu penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia karena menjadi penyebab kematian nomor satu.

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa manusia, penyakit jantung disebabkan oleh beberapa hal seperti sering merokok, kemudian menjalankan pola hidup yang tidak sehat, stres dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa gejala penyakit jantung yang umum adalah sakit pada dada sebelah kiri, kemudian juga mengalami sesak nafas, kesulitan untuk bernafas dan yang lainnya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Pada dasarnya menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan jika memang mau bersungguh-sungguh menerapkan gaya hidup yang sehat dan mengatur pola makan secara teraturn. Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda perhatikan:

1. Berhenti merokok

Yang pertama adalah dengan menjauhi rokok, mengisap rokok setiap hari akan menimbulkan banyak sekali masalah kesehatan di kemudian hari. Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh rokok, baik dari zat yang terkandung dalam rokok maupun asapnya.

Selain sangat tidak bagus untuk kesehatan dari paru-paru, ginjal dan yang lainnya, rokok juga sangat tidak bagus untuk kesehatan jantung. Zat yang terkandung di dalam rokok memang tidak banyak, namun jika dikonsumsi secara terus menerus tentu saja zat tersebut akan menumpuk di jantung dan paru-paru, bahkan di seluruh tubuh sehingga menimbulkan masalah kesehatan.

Jika memang Anda merokok hanya untuk mengisi waktu luang seperti makan cemilan, maka akan lebih baik jika rokok Anda diganti dengan buah-buahan agar lebih sehat untuk tubuh karena kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Hindari makanan berlemak


 

Kemudian yang kedua adalah usahakan untuk menghindari makanan berlemak, lemak jahat beresiko menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah yang mana menjad akses utama dari darah untuk menuju ke jantung.

Selain itu lemak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol sehingga dapat memicu penyakit jantung pula. Oleh karena itu beberapa makanan yang mengandung lemak berlebihan / lemak jahat seperti berbagai jenis gorengan atau makanan yang mengandung minyak berlebih perlu Anda hindari.

3. Rajin berolahraga

Langkah ketiga menjaga kesehatan jantung adalah dengan rajin berolahraga. Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan, dengan berolahraga secara rutin dan teratur kesehatan jantung akan dapat dijaga dengan baik, selain itu juga akan dapat membakar lemak secara efektif.

Beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan secara rutin sendiri adalah jogging, kemudian juga bersepeda, yoga dan yang lainnya.

4. Minum air putih

Anda bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara rajin minum air putih. Minumlah air putih secara rutin dan teratur minimal 8 gelas setiap hari. Air putih sendiri memang memiliki manfaat tersendiri untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga jantung, karena dapat membantu memenuhi dan mengganti cairan di dalam tubuh serta membantu proses detoksifikasi.

5. Hindari stres

Dan yang tidak kalah penting adalah menghindari stress, usahakan untuk tidak terlalu stress karena stress juga bisa menimbulkan resiko penyakit jantung. Ada baiknya jika Anda tidak terlalu berat dalam memikirkan suatu hal dan perbanyak senyum agar nantinya jantung tetap sehat.

Memperhatikan Konsumsi Makanan

Demikian lima tips bagaimana menjaga kesehatan jantung. Kelima hal tersebut harus anda perhatikan betul jika ingin terbebas dari serangan jantung di kemudian hari.

Sebagai tambahan, anda sangat perlu memperhatikan apa-apa yang anda makan. Makanan terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah sayuran dan buah-buahan, dan meninggalkan berbagai jenis makanan olahan dan terutama makanan hewani.

Makanan dari sumber hewani seperti daging, ikan atau seafood pada dasarnya boleh dikonsumsi karena kandungan proteinnya yang tinggi, namun disarankan untuk menkonsumsinya jangan terlalu banyak karena kandungan lemak yang terdapat pada beberapa bahan makanan tersebut juga cukup tinggi.

Demikian beberapa tips cara menjaga kesehatan jantung yang bisa anda terapkan supaya terbebas dari rasa takut terkena serang jantung.

Tulis Komentar