Tips Merawat Rambut agar Jadi Lebih Halus dan Lembut

Tips merawat rambut agar halus dan lembut

Tips merawat rambut agar halus dan lembut

Bicara soal rambut, anda tentu sangat menyayangi rambut anda. Pasti, karena rambut adalah mahkota setiap orang untuk memperindah penampilan. Rambut yang tidak sehat akan terlihat kusam dan tidak sedap dipandang, sebaliknya rambut yang rajin dirawat akan terlihat segar dan lembut.


 

Dalam pembahasan kali ini di situs pengensehat.com, kita akan membahas beberapa tips cara merawat rambut secara alami agar rambut jadi lembut dan halus.

Seperti kita tahu cara yang paling menyenangkan dalam merawat rambut adalah dengan mendatangi salon-salon kecantikan. Cara ini selain membuat nyaman juga hasilnya langsung terasa. Sayangnya tidak semua orang memiliki banyak uang untuk sering-sering ke salon.

Karena itu anda butuh cara alternatif dan mumpuni dalam merawat rambut. Jika ada yang gratis kenapa mesti bayar. Berikut ini beberapa langkah merawat rambut secara alami:

1. Rajin membersihkan rambut

Agar rambut senantiasa lembut dan terawat dengan baik maka rambut harus dibersihkan secara rutin. Cara paling umum membersihkan rambut adalah menggunakan shampoo dan kondisioner.

baik shampoo dan kondisioner yang digunakan wajib yang berkualitas karena sangat mempengaruhi kelembutan dan kehalusan rambut anda nantinya. Saya sarankan kalian mencuci rambut dengan air dingin. Kenapa air dingin? Karena kalau kalian pakai air hangat, yang ada rambut kalian malah bisa mengalami kerusakan .

2. Mengeringkan rambut

Setelah membersihkan rambut menggunakan shampoo dan kondisioner maka langkah berikutnya adalah keringkan rambut anda. Rambut yang basah rentan menarik kotoran kembali melekat di rambut dan kulit kepala. Rambut basah juga sangat disukai bakteri dan kuman penyebab kepala gatal.

Dalam proses ini, anda cukup mengeringkan rambut dengan handuk kering yang lembut atau jika anda gunakan alat pengering rambut (hair dryer).

Tapi lebih baik kalau kalian mengeringkannya dengan handuk saja , karena banyak informasi yang menyebutkan penggunaan hair dryer yang terlalu sering dapat menyebabkan rambut pecah-pecah dan rusak.


 

3. Menyuburkan rambut

Setelah melakukan langkah pertama dan kedia di atas, maka selanjutnya untuk mendapatkan rambut yang halus dan indah adalah menyuburkannya. Dalam hal ini kita akan menggunakan bahan-bahan alami dan bukan produk sintetis.

Disini anda bisa memakai minyak almond , minyak zaitun atau bisa juga pakai minyak kelapa. Ketiga minyak ini sangat mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal. Cara menggunakannya pun cukup mudah, anda cukup membalur minyak tadi ke rambut secara merata.

Lalu, lakukan pijatan-pijatan lembut ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, pakailah topi mandi atau pelindung rambut apa saja yang penting bisa melindungi rambut agar proses pemakaian minyak tadi ke rambut tetap terjaga.

Setelah matahari pagi terbit, cucilah rambut anda kembali dengan shampo dan kondisioner. Setelah mencuci rambut, sekarang anda bisa menyikat rambut dengan sikat agar rambut terlihat lebih halus dan hitam.

Demikian beberapa tips dalam merawat rambut agar terlihat lembut dan halus. Berikut ini beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam melakukan perawatan di atas:

  1. Potong rambut. Salah satu cara menjaga pertumbuhan rambut adalah dengan memotongnya secara rutin. Potonglah rambut anda setidaknya sekali dalam sebulan.
  2. Hindari terlalu sering menggunakan alat pengering rambut (hair dryer) karena pengering rambut menghasilkan panas yang dapat merusak rambut.

Rambut yang indah berasal dari perawatan yang benar dan teratur. Untuk mendapatkan rambut yang halus dan lembut anda tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar, cukup lakukan beberapa tips di atas secara disiplin.

Untuk menambah kecantikan, selain merawat rambut anda juga perlu menjaga kesehatan wajah secara rutin sebab baik rambut maupun kulit muka sama-sama adalah bagian tubuh luar yang perlu diperhatikan dengan baik.

Komentar dan Tanggapan

  1. fauziah October 17, 2016

Tulis Komentar