Tips Memilih Pelembab Untuk Kulit Wajah Kering

Memilih pelembab seperti memilih jodoh, harus mencari kecocokan untuk jenis kulit Anda. Salah pilih bisa berakibat terjadi iritasi, atau bahkan memperburuk kondisi kulit dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, sebelum menentukan jodoh bagi kulit Anda, cobalah untuk melihat bibit, bebet, dan bobot dari merek si pelembab. Mahal sedikit lebih baik asalkan memiliki kualitas yang terjamin.


 

Berbicara tentang pasangan hidup, seringkali Anda memilih pasangan mana yang cocok dengan cara mencoba hubungan pacaran atau sekedar PDKT. Bila ternyata tidak sesuai dengan kriteria, Anda bisa meninggalkannya baik-baik.

Hal tersebut juga berlaku bagi Anda yang ingin memilih pelembab. Mencoba beberapa pelembab terlebih dahulu tidak disalahkan, hingga menemukan pelembab mana yang seusai dengan kriteria kulit yang dimiliki.

Tips Memilih Pelembab Untuk Kulit Wajah Kering

Tips Memilih Pelembab Untuk Kulit Wajah Kering

Salah satu jenis kulit yang umum dialami orang di kawasan tropis adalah kulit wajah kering sehingga sering tampak kusam dan gatal-gatal. Untuk mengatasi masalah kulit kering, Anda tidak boleh menggunakan jenis pelembab yang sama dengan kulit normal ataupun berminyak.

Bahkan jika anda memiliki kulit kering sebaiknya jangan menggunakan pelembab ketika masih bingung untuk memilih pelembab mana yang tepat.

Namun, bagi Anda yang menggunakan pelembab sebagai tuntutan di kehidupan kerja atau aspek lainnya, penting untuk mempelajari ulasan yang terdapat dalam artikel pengensehat.com ini.

Cara Memilih Pelembab yang Baik untuk Jenis Kulit Kering dan Kusam

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan sehingga bisa memilih pelembab yang tepat untuk jenis kulit kering. Selain itu, artikel ini juga akan membahas beberapa bahan alami yang biasa dan bisa digunakan sebagai pelembab alami.

  1. Pilih pelembab yang memiliki kandungan minyak yang tinggi.

Kulit wajah yang kering disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain udara yang rendah, ruangan ber AC, kebiasaaan merokok, dan mandi air panas.

Faktor-faktor tersebut berpotensi membawa pengikisan minyak yang dibutuhkan untuk melindungi wajah. Akibatnya, kulit terlihat kering dan banyak bakteri yang masuk menjadi penyebab kulit terlihat kasar dan bersisik.

Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih pelembab yang mengandung minyak tinggi. Hal ini berfungsi untuk mengembalikan kondisi kulit wajah sehingga bisa tampak cerah dan terlihat lebih sehat.


 

Namun hal tersebut hanya berlaku untuk kulit yang memiliki tingkat kekeringan wajah yang cukup parah. Jika tergolong ringan, Anda bisa menggantinya dengan pelembab yang mengandung sedikit minyak, tetapi banyak kandungan air.

  1. Tentukan apakah kekeringan terjadi pada seluruh kulit wajah atau hanya di beberapa area wajah saja.

Kondisi dan tekstur kulit setiap orang berbeda-beda, bahkan beberapa orang ada yang memiliki gabungan dari beberapa jenis kulit pada wajah mereka.

Misalnya, ada orang yang mengalami kulit berminyak pada hidung, daerah dekat mata atau sekitar dagu. Namun, area sekitar pipi tampak kering bahkan memiliki banyak sisik.

Keadaan seperti ini jarang dijumpai tetapi kemungkinan kecil masih dijumpai pada beberapa orang.

Bila ada kerabat atau bahkan Anda sendiri mengalami hal yang serupa, maka ini tidak bisa diatasi dengan satu pelembab saja.

Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan 2 macam pelembab. Pertama, pelembab yang cocok untuk kulit berminyak dan kedua pelembab untuk kulit kering.

Cara penggunaannya adalah mengoleskan pelembab sesuai dengan keadaan kulit wajah yang diderita, tidak sembarangan.

  1. Gunakan pelembab yang dapat menjaga kelenturan kulit.

Kekeringan pada kulit juga bisa dikarenakan kulit yang lentur dan kendur baik akibat penuaan, pasca-melahirkan, atau pasca diet.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki pelembab yang tidak hanya menjaga minyak pada wajah, tetapi juga berperan aktif dalam menjaga kelenturan kulit. Hal ini juga akan membantu Anda yang tidak memiliki waktu untuk sekedar melakukan aktivitas olahraga.

Pilih pelembab yang mengandung bahan gliserin, dimethicone, hyaluronic acid, dan urea 20%. Selain dapat menjaga kelenturan pada wajah, bahan-bahan tersebut juga menjaga kulit tetap terhidrasi, memiliki kandungan air dan mineral yang cukup.

Hal ini bisa diterapkan kepada orang dengan masalah kulit kering ringan hingga kulit kering yang tergolong parah.

  1. Beli pelembab yang hipoalergenik.

Maksudnya adalah bahan pelembab yang menjaga wajah dari berbagai jenis alergi.

Hal ini penting karena mengingat bahan kimia yang digunakan tidak semua cocok dengan keadaan kulit meskipun efek yang dihasilkan sama. Alergi yang cukup parah bisa menyebabkan kulit memiliki lebih banyak sisik.

  1. Pertimbangkan untuk menggunakan pelembab alami.

Selain pelembab yang sudah dijual di supermarket, Anda bisa memanfaatkan pelembab alami yang dibuat dari bahan-bahan dasar tanpa pengawet atau zat kimia apapun.

Selain harganya lebih terjangkau, pelembab alami menunjukkan perubahan wajah kering secara perlahan tetapi permanen dan tidak menimbulkan ketergantungan obat.

Pori-pori wajah juga tidak akan tersumbat selama Anda menggunakan pelembab berbahan dasar alami. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa Anda gunakan :

1. Yoghurt dan susu

Kedua bahan ini mengandung zat pemutih dan membantu mengembalikan minyak secara normal. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini secara merata, kemudian simpan dahulu di dalam kulkas.

Jaga suhu agar tetap dingin atau minimal berada di suhu ruangan. Bila akan menggunakan, oleskan campuran tersebut secukupnya pada bagian yang akan diobati. Tunggu selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih.

2. Alpukat

Sama seperti susu dan yoghurt, alpukat juga dapat digunakan sebagai obat luar untuk meremajakan kulit Anda. Caranya adalah memotong alpukat menjadi 2 bagian, kemudian mencampurkannya ke dalam blender dan haluskan.

Anda juga bisa menambahkan susu atau yoghurt untuk menambah khasiat dari krim alpukat. Oleskan pada weajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air yang bersih.

Demikian informasi singkat bagaimana memilih pelembab kulit wajah yang benar, semoga bermanfaat.

Komentar dan Tanggapan

  1. wiyana November 6, 2016

Tulis Komentar