20 Penyebab Diabetes Melitus yang Jarang Diketahui Orang

Dahulu orang mengetahui penyebab diabetes melitus karena faktor keturunan saja, sekarang orang-orang mulai paham jika penyakit ini juga berhubungan dengan pola hidup dan pola makan tidak sehat yang dijalani selama bertahun-tahun.

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit penyebab kematian nomor 6 di dunia. Sekitar 1,3 juta orang meninggal akibat penyakit ini dan 4 persen di antaranya meninggal sebelum mencapai usia 70 tahun. Ini salah satu bukti, bahwa diabetes tak bisa dianggap remeh. Diabetes merupakan ancaman serius bagi kesehatan.




Melihat betapa serius dan berbahayanya penyakit ini, maka mengetahui penyebab diabetes akan sangat penting dan berharga dibanding mengobatinya. Terlebih bagi seseorang yang memiliki faktor risiko diabetes yang memperbesar peluangnya menderita diabetes.

Diabetes Melitus ada tiga tipe, yaitu tipe pertama, tipe kedua dan gestasional. Dari ketiganya, diabetes tipe 2 adalah yang patut diwaspadai. Sebab, dari semua kasus diabetes di seluruh dunia, sekitar 90% merupakan penderita diabetes melitus tipe 2.

Apa Saja Faktor Penyebab Diabetes Melitus

Sebagaimana dijelaskan di atas, mengetahui apa saja penyebab diabetes tipe 2, akan membantu mencegah dan mengobatinya sejak dini. Menurut para ahli, faktor gaya hidup yang tidak sehat, disinyalir merupakan penyebab terbanyak seseorang menderita diabetes tipe 2.

Berikut ini, ada 20 penyebab penyakit diabetes yang jarang diperhatikan orang-orang, yaitu:

1. Jarang bergerak atau berolahraga




Seseorang yang banyak melakukan gerakan akan membantu tubuhnya lebih sehat. Lemak di dalam tubuh akan terbakar dan tubuhnya akan lebih langsing.

2. Makan makanan pemicu diabetes

Mengkonsumsi makanan penyebab diabetes secara rutin dan terus menerus tanpa disadari, misalnya jus buah kemasan, permen, kue kering, pancake, kismis, minuman soda dan sebagainya.

3. Ngemil

Terlalu sering ngemil merupakan salah satu penyebab diabetes. Biskuit dan kue-kue manis mengandung hidrat arang yang cukup tinggi tanpa dilengkapi dengan kandungan dan pangan yang cukup. Tepung dan gula merupakan bahan baku dapat menaikkan kadar gula dalam darah.

Penyebab diabetes melitus

Penyebab diabetes melitus

4. Teh manis

Segelas teh manis mengandung sekira 300 kalori. Jadi, bisa dibayangkan bila seseorang minum segelas teh manis setiap harinya, berapa jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuhnya. Mengkonsumsi teh manis secara berlebihan setiap hari, bisa menjadi pemicu seseorang terkena diabetes.

5. Merokok

Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes, disamping bisa menyebabkan penyakit-penyakit lainnya.

6. Minuman bersoda

Minum minuman bersoda, selain bisa menyebabkan kegemukan, juga bisa memicu seseorang terkena penyakit diabetes. Minuman soda mengandung banyak sekali pemanis buatan yang dapat merusak hati dan pankreas.

7. Kurang tidur

Kurang tidur menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Kurang tidur 3 hari saja, akan mengakibatkan tubuh kesulitan memproses glukosa, akibatnya risiko terkena diabetes pun meningkat.

8. Faktor keturunan

Seseorang yang memiliki orang tua atau saudara sekandung yang menderita diabetes, memiliki risiko yang lebih besar menderita diabetes, apalagi jika ditambah dengan gaya hidup dan pola makan tidak sehat.

9. Fast food

Banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food juga salah faktor seseorang berisiko terkena diabetes. Semua jenis fast food mengandung karbohidrat berlebih yang memicu meningkatnya gula darah.

10. Kadar kolesterol tinggi

Seseorang yang memiliki riwayat kadar kolestrol tinggi, harus segera berobat. Sebab, kadar kolestrol yang tinggi juga merupakan penyebab diabetes melitus.

11. Obesitas

Kelebihan berat badan merupakan penyebab lain diabetes. Oleh sebab itu, bila seseorang memiliki berat badan yang berlebih, harus berusaha menurunkan berat badannya.

12. Autoimunitas

Merupakan kondisi tubuh yang alergi terhadap salah satu jaringan atau jenis selnya sendiri. Tubuh kehilangan kemampuan menghasilkan insulin karena sistem kekebalan tubuhnya menghancurkan organ penghasil insulin.

13. Virus atau zat kimia

Beberapa jenis virus atau zat kimia dapat menyebabkan kelompok-kelompok sel dalam pankreas tempat insulin diproduksi mengalami kerusakan. Semakin banyak pulau sel yang rusak, semakin besar kemungkinan seseorang menderita diabetes.

14. Usia

Setelah usia 40 tahun, umumnya manusia mengalami perubahan fisiologis yang menurun secara drastis. Terlebih setelah usia 45 tahun dan menderita obesitas, tubuhnya bisa jadi tidak peka lagi terhadap insulin.

15. Stres

Stres yang berkepanjangan bisa memicu adrenalin terus-menerus, sehingga mengakibatkan insulin kewalahan mengatur kadar gula darah yang ideal, dan kadar gula darah jadinya naik secara drastis.

16. Nasi

Mengkonsumsi makanan yang karbohidrat dan kadar gula tinggi juga penyebab diabetes. Di Indonesia, nasi putih merupakan makanan pokok yang mengandung zat karbohidrat dan kadar gula cukup tinggi. Itulah mengapa orang Indonesia dihantui masalah diabetes

17. Kehamilan




Diabetes gestasional, merupakan diabetes yang terjadi hanya pada wanita hamil karena tingkat glukosa dalam darahnya yang sangat tinggi.

18. Menderita PCOS (Polycystic Ovary Syndrome)

Gejala khas PCOS, misalnya siklus menstruasi yang tidak tetap, sulit hamil, dan pertumbuhan rambut yang berlebihan pada wajah.

19. Menderita penyakit kardiovaskular

Bagi penderita penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, risiko menderita diabetes semakin meningkat.

20. Kemiskinan

Hubungannya kemiskinan dan diabetes belum diketahui pasti, tetapi penelitian telah membuktikan hal ini. Ada kemungkinan ini diakibatkan gangguan pankreas akibat kurang gizi.

Diabetes adalah penyakit gaya hidup yang sebetulnya bisa dicegah sejak dini. Mengenali gejala diabetes dan lalu mencar tahu penyebabnya akan membantu penderita terhindar dari penyakit komplikasi diabetes yang lebih berbahaya.

Demikian beberapa penyebab diabetes yang jarang diperhatikan orang, semoga bermanfaat.[]

Tulis Komentar