9 Penyebab Asam Urat Tinggi

Ada beberapa faktor penyebab asam urat tinggi yang menimbulkan dampak rasa nyeri pada sendi. Tetapi penyebab yang paling utama adalah makanan tinggi purin dan faktor gaya hidup tidak sehat yang dijalani selama bertahun-tahun.

Sejatinya asam urat merupakan limbah yang terbentuk dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Asam urat sebagian besar dibuang melalui ginjal dalam bentuk urine dan sebagian lainnya dibuang melalui saluran pencernaan dalam bentuk tinja.

Nah, jika asam urat dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi oleh tubuh, maka asam urat akan menumpuk dan berbentuk kristal-kristal tajam natrium.

Kristal-kristal ini berukuran mikro bermuasa di dalam ruang persendian dan mengganggu lapisan lunak sendi, sehingga menyebabkan peradangan yang terasa sangat sakit.

Penyebab asam urat

Penyebab asam urat

Gejala asam urat atau gout yang paling umum adalah rasa nyeri yang tidak tertahankan pada sendi, bengkak, dan rasa panas yang muncul di persendian.

Asam urat paling sering menyerang sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki, meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat.

Asam urat bisa menimbulkan kerusakan pada bagian tulang rawan sendi, serta tulang yang ada di sekitarnya bisa tak mendapat penanganan yang secepatnya secara tepat.

Asam urat bisa memicu terjadinya kerusakan sendi secara permanen dan jika hal ini sudah terjadi, maka sendi akan kaku dan terasa kaku.

Ada beberapa faktor penyebab asam urat menjadi tinggi, yang seharusnya bisa kita hindari sejak awal:

  1. Usia

Pria lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan. Terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Sedangkan pada wanita, penyakit ini bisa menyerang setelah wanita memasuki masa menopause.

Namun, banyak juga kasus ditemukan penyakit asam urat menyerang kaum wanita sebelum memasuki masa menopause. Hal ini disebabkan berbagai faktor pemicu.

  1. Jenis Kelamin

Dari hasil studi dan penelitian para ahli kesehatan, disebutkan bahwa penyakit asam urat lebih berisiko diderita kalangan pria dibandingkan wanita.

Ini akibat kadar asam urat dalam tubuh pria, akan meningkat saat pria memasuki usia puber. Sedangkan pada wanita lebih kecil risikonya karena hormon estrogen yang diproduksi bisa melancarkan pembuangan asam urat, terlebih pada organ ginjal

  1. Efek Samping Obat-Obatan Kimia

Dari hasil studi dan penelitian para ahli kesehatan, disebutkan bahwa penyakit asam urat lebih berisiko diderita kalangan pria dibandingkan wanita. Ini akibat kadar asam urat dalam tubuh pria, akan meningkat saat pria memasuki usia puber.

Sedangkan pada wanita lebih kecil risikonya karena hormon estrogen yang diproduksi bisa melancarkan pembuangan asam urat, terlebih pada organ ginjal.

  1. Keturunan

Memiliki gen yang diwariskan dari orang tua penderita asam urat adalah salah satu penyebab asam urat yang sangat umum terjadi.

Bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat menderita asam urat, maka peluang anak menderita asam urat akan lebih besar. Sebab, penyebab penyakit asam urat ini salah satunya adalah faktor genetika.

  1. Alkohol dan Minuman Bersoda

Minum minuman beralkohol dan bersoda, ternyata merupakan salah satu faktor penyebab asam urt tinggi.

Bahkan jenis minuman ini bisa dengan cepat meningkatkan kadar asam urat. Contoh minuman beralhol adalah bir. Konsumsi bir berpotensi tinggi meningkatkan resiko gangguan asam urat.

Sehingga, ada baiknya jenis minuman ini tidak dikonsumsi secara berlebihan atau dihindari. Selain asam urat, minuman alkohol dan bersoda juga bisa memicu timbulnya penyakit lain.

  1. Makanan

Inilah faktor yang paling berpengaruh, terdapat banyak jenis makanan penyebab meningkatnya asam urat. Jenis makanan yang mengandung zat purin tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat.

Contoh makanan yang mengandung zat purin tinggi adalah jenis sea food (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), kacang-kacangan, jeroan binatang, daging merah dan makanan yang bersifat manis. 

  1. Gangguan kesehatan

Orang yang menderita suatu penyakit, ternyata juga bisa memicu meningkatnya asam urat, contohnya obesitas, kolesterol tinggi, penyakit ginjal, osteoarthritis di bagian tangan, lutut, dan kaki, penyakit diabetes tipe 1 dan 2, tekanan darah tinggi, hypothyroidism (gangguan tiroid), psoriasis, anemia hemolitik dan hipertensi.

  1. Paparan timbal

Terpapar timbal dalam kadar yang tinggi juga dipercaya bisa meningkatkan risiko gangguan asam urat. Hindari sebisa mungkin timbal agar anda terhindar dari penyakit berbahaya lainnya.

  1. Mandi malam

Salah satu bahaya mandi malam, ternyata dapat menyebabkan asam urat. Selain itu mandi malam dapat menyebabkan rematik dan berdampak pada berbagai gangguan metabolisme tubuh.

Demikian informasi singkat daftar penyebab asam urat tinggi dan nyeri sendi. Hindari faktor penyebab atau pemicu agar anda terhindar dari rasa sakit yang amat sangat akibat asam urat melonjak.

Dibutuhkan perubahan pola makan jika ingin sembuh dari asam urat. Anda juga bisa menggunakan obat tradisional asam urat atau obat medis untuk mengobati penyakit asam urat yang cukup menyiksa.

Leave a Reply