Bahaya Asam Urat dan Cara Mengobatinya

Seringkali asam urat dianggap sebagai penyakit yang ringan saja oleh sebagian orang. Mereka berpikir asam urat adalah penyakit yang mudah disembuhkan. Ini mungkin karena gejala asam urat yang dirasakan bisa hilang sendiri tanpa harus diobati. Padahal, bahaya asam urat semakin besar bila dibiarkan tanpa penanganan medis.

Dokter mewanti-wanti, meski nyeri yang menyerang tak berlangsung lama, itu bukan alasan untuk membiarkannya. Menunggu sakit reda sendiri adalah tindakan yang tidak bijaksana. Asam urat bisa menjadi penyakit berbahaya bila tak segera diberikan perawatan sedini mungkin.




Kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi dan dibiarkan dalam kurun waktu yang cukup lama, akan membentuk kristal yang akan semakin membesar dan menyebabkan masalah sendi yang parah. Kondisi ini akan diikuti oleh bengkak dan kemerahan yang juga semakin parah.

Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Serangan asam urat akut dapat diobati dengan obat anti-inflamasi seperti ibuprofen, atau obat resep yang lebih hebat. Setelah serangan pertama, sekitar 80% kemungkinan serangan lain terjadi dalam dua tahun ke depan. Jika tidak diobati, serangan akan semakin sering dan makin parah.

Berikut ini, beberapa bahaya asam urat bila tak segera diobati :

1. Nyeri dan sakit parah pada persendian

Asam urat yang tak dikeluarkan sempurna dari tubuh, akan mengendap dan membentuk kristal-kristal asam urat yang runcing. Kristal-kristal ini menempel pada bagian persendian, yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri berlebihan ketika menggerakkan bagian tubuh yang ditempeli kristal tersebut.




2. Tophi

Asam urat yang tak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan penumpukan kristal asam urat di bawah kulit, hingga membentuk benjolan kecil berwarna putih atau kuning yang disebut tophi.

Tophi, umumnya muncul pada ibu jari kaki, siku, lengan, telinga, jari tangan, lutut, tumit, atau sepanjang punggung pergelangan kaki.

Meski tophi tak menimbulkan nyeri, namun bila serangan asam urat datang, tophi bisa meradang menjadi bengkak dan terasa sakit. Di samping itu, tophi bisa membuat cairan seperti pasta gigi. Ini menyebabkan penderitanya sulit beraktivitas.

3. Kerusakan sendi

Bahaya asam urat jika tidak segera diobati dapat merusak persendian karena serangan akan terjadi lebih sering dan semakin berkepanjangan. Ini bisa mengakibatkan kemungkinan jaringan sendi rusak permanen.

Asam urat bahkan bisa menyebabkan sendi bengkok dan tak bisa digerakkan. Dalam kondisi serius, sendi yang rusak kemungkin perlu diperbaiki bahkan bisa jadi harus diganti dengan prosedur operasi.
Bahaya asam urat
4. Penyakit ginjal

Gagal ginjal merupakan salah satu bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat. Ginjal bisa rusak atau tak berfungsi lagi, bisa disebabkan karena adanya batu ginjal yang diakibatkan oleh asam urat tinggi.

Bila tak dilakukan pengobatan pada penyakit ini, penyakit batu ginjal bisa berubah menjadi gagal ginjal. Sehingga mengakibatkan penderitanya harus cuci darah seumur hidup, atau melakukan tranplasi ginjal. Tentu saja, tak ada yang menginginkan hal ini terjadi.

5. Pirai

Salah satu bahaya asam urat yang jarang diketahui orang adalah pirai. Pirai adalah, kondisi ketika seseorang merasakan nyeri yang luar biasa mengganggu, pada bagian sendi-sendi kecil, dan bagian telapak kaki. Ini merupakan efek yang umum terjadi ketika seseorang menderita penyakit asam urat.

6. Cacat

Serangan asam urat akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Rasa sakit akibat serangan asam urat ini, bisa membuat penderitanya sulit berjalan, sulit melakukan kegiatan sehari-hari, sulit melakukan pekerjaan rumah dan lain-lain. Tak sampai di situ, serangan asam urat bisa menyebabkan kerusakan sendi yang mengakibatkan cacat permanen.

7. Asidosis metabolik

Salah satu bahaya asam urat adalah mengakibat asidosis metabolik. Yaitu kondisi yang menyebabkan nafas cepat disertai dengan kebingungan, kelesuan serta bisa menyebabkan shock dan kematian.

8. Kurang tidur

Malam hari merupakan waktu serangan asam urat yang paling sering terjadi. Ini tentu saja membuat penderitanya akan kesakitan, hingga bisa menyebabkan istirahatnya terganggu.

Penderita yang sedang tidur nyenyak, dapat tiba-tiba terbangun karena serangan asam urat yang menyakitkan. Nyeri asam urat yang terus-menerus, akan mengakibatkan penderitanya mengalami gangguan tidur.

9. Emosi dan psikologi

Kurang tidur karena serangan asam urat, bisa berakibat ke hal lainnya, misalnya mengganggu pekerjaan sehari-hari. Belum lagi cacat permanen yang diakibatkan penyakit asam urat, stres, kelelahan, perubahan suasana hati hingga depresi.




Ini semua bisa mempengaruhi emosi dan psikologi penderita asam urat. Bila kondisi ini diabaikan, maka tak mustahil penderita asam urat akan mengalami depresi.

Melihat bahaya yang bisa disebabkan oleh asam urat, maka dari itu sebelum penyakit asam urat menjadi lebih parah, segeralah temui dokter untuk mengobati penyakit asam urat yang Anda derita.

Demikian beberapa bahaya asam urat jika tidak segera diobati. Adapun jenis-jenis obat penyakit ini dapat anda beli di apotik atau meminta resep yang lebih berkhasiat dari dokter.

Obat Asam Urat

Beberapa obat telah lama digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat kronis dengan menurunkan kadar asam urat dalam darah, termasuk allopurinol (Aloprim, Lopurin, Zyloprim) dan probenesid (Benemid).

Obat ini harus dikonsumsi seumur hidup sehingga kadar asam urat dalam darah dipertahankan pada tingkat yang normal untuk menghindari bahaya-bahaya asam urat.

Beberapa jenis obat baru sudah tersedia seperti Febuxostat (Ulor) yang juga bekerja dengan mengurangi produksi asam urat dalam darah. Lesinurad (Zurampic) membantu tubuh menyingkirkan asam urat dalam urin.

Obat asam urat Pegloticase (Krystexxa) diberikan secara intravena dan bisa memecah asam urat menjadi zat yang bisa dieliminasi oleh tubuh. Krystexxa hanya digunakan untuk kasus yang sangat parah yang tidak membaik dengan perawatan biasa.

Beberapa jenis terapi baru juga sedang diuji agar bisa diterapkan pada pasien asam urat kronis. Contohnya adalah terapi antibodi monoklonal sedang diuji yang menargetkan langkah-langkah produksi produksi asam urat dalam darah.

Demikian beberapa bahaya asam urat dan cara mengobatinya. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis jika obat-obatan yang dikonsumsi tidak mengurangi gejala yang dirasakan.

Komentar dan Tanggapan

  1. asam urat May 22, 2017

Tulis Komentar