Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Paru-Paru

Salah satu bahaya merokok adalah dapat mengganggu kesehatan paru-paru. Padahal, paru-paru merupakan bagian penting dalam sistem pernapasan manusia.

Fungsi paru-paru adalah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida. Merokok akan mengganggu proses tersebut, dan pada akhirnya kesehatan paru-paru akan terganggu.




Kandungan Zat Kimia Dalam Rokok

Menurut Professor Kevin Fenton dari Public Health England, bahaya merokok memang tidak terlihat namun dapat dirasakan.

Asap rokok terdiri dari ribuan bahan kimia, termasuk setidaknya 70 zat yang diketahui menyebabkan kanker. Bahan kimia penyebab kanker ini disebut karsinogen.

Beberapa bahan kimia karsinogen yang ditemukan dalam asap tembakau meliputi:

  • Nikotin (obat adiktif yang menghasilkan efek yang dicari orang dan salah satu bahan kimia paling keras dalam asap rokok)
  • Hidrogen sianida
  • Formaldehida
  • Memimpin
  • Arsenik
  • Amonia
  • Unsur radioaktif, seperti uranium (lihat di bawah)
  • Benzene
  • Karbon monoksida
  • Nitrosamin
  • Hidrokarbon aromatik polycyclic (PAHs)

Sebagian besar dari zat-zat kandungan asap rokok menyebabkan kanker. Beberapa diantaranya dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit paru-paru, atau masalah kesehatan serius lainnya.

Sehingga tidak salah jika dikatakan bahaya merokok dapat menyebabkan kanker pada tenggorokan maupun pada paru-paru.




Sirkulasi Zat Berbahaya Dalam Tubuh

Merokok menyebabkan banyak gejala atau gangguan pada paru-paru dan saluran pernafasan. Beberapa gejala tersebut terjadi secara tiba-tiba, berlangsung sebentar, lalu hilang. Pilek dan pneumonia adalah contohnya.

Sementara itu, gejala dan gangguan lain pada paru-paru dapat terjadi secara perlahan dan bertahan lama, seringkali selama sisa hidup Anda. Ini adalah gejala kronis. Emfisema adalah contoh dari penyakit kronis berbahaya akibat merokok.

Saat Anda merokok, racun dari asap rokok masuk ke dalam darah Anda. Racun dalam darah Anda kemudian:

  • Menjadikan darah Anda lebih kental dan meningkatkan risiko pembentukan gumpalan
  • Meningkatkan tekanan darah dan detak jantung Anda, membuat jantung Anda bekerja lebih keras dari biasanya
  • Pembuluh darah arteri Anda akan menyempit sehingga akan mengurangi jumlah darah kaya oksigen yang beredar ke organ tubuh.

Bahaya merokok timbul akibat proses sirkulasi di atas secara bersama-sama akan mengganggu fungsi organ tubuh yang lain, yang pada akhirnya akan menimbulkan penyakit pada organ tersebut, salah satunya adalah menimbulkan gangguan pada paru-paru.

Bahaya Merokok Bagi Paru-Paru

Bahaya merokok merusak paru-paru

Bagaimana rokok merusak paru-paru

Paru-paru Anda bisa sangat terpengaruh oleh asap rokok. Batuk, pilek, mengi dan asma hanyalah permulaan dari gangguan fungsi paru-paru akibat merokok.

Merokok dapat menyebabkan penyakit fatal yang berbahaya seperti pneumonia, emfisema dan kanker paru-paru. Merokok bahkan menyebabkan 84% kematian akibat kanker paru-paru dan 83% kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

PPOK adalah penyakit yang progresif dan melemahkan, yaitu nama untuk kumpulan penyakit paru-paru termasuk bronkitis kronis dan emfisema.

Orang dengan PPOK mengalami kesulitan bernafas, terutama karena penyempitan saluran udara dan kerusakan jaringan paru-paru. Gejala khas PPOK meliputi: sesak napas saat aktif, batuk terus-menerus disertai dahak dan infeksi dada.

Berikut ini beberapa bahaya merokok bagi paru-paru:

  1. Merusak Silia

Sala satu bahaya merokok adalah merusak silia. Silia adalah rambut-rambut kecil pada trakea yang berfungsi untuk membersihkan saluran napas, dengan cara menangkal benda asing yang masuk ke saluran napas, agar tidak masuk ke dalam organ tubuh yang lebih dalam.

Pada perokok, silia akan bekerja keras menyaring zat kimia agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Pada akhirnya fungsi silia akan mengalami penurunan bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Beberapa detik setelah Anda mulai merokok, silia melambat. Merokok satu batang rokok bisa memperlambat aksi silia Anda selama beberapa jam.

Merokok juga mengurangi jumlah silia, jadi seorang perokok hanya memiliki sedikit silia untuk membersihkan paru-parunya.

  1. pembengkakan selaput mucus

Rokok, mengandung partikel berbahaya yang bersifat karsinogen, menyebabkan kelainan dan kerusakan jaringan tubuh secara bertahap.

Jika merokok dilakukan selama bertahun-tahun maka akan mengakibatkan beberapa keluhan kesehatan yang berhubungan dengan paru paru.

Tak cukup sampai di situ, tar, salah satu zat kimia yang terkandung dalam rokok akan menganggu mekanisme alami pembersih paru-paru.

Sehingga, polusi udara tertinggal menempel di paru-paru dan saluran bronchial. Tar menyebabkan system pernapasan terganggu salah satu gejalanya adalah pembengkakan selaput mucus .

  1. Lendir semakin banyak

Sel yang menghasilkan lendir di paru-paru dan saluran udara Anda akan bertambah banyak dan semakin besar. Akibatnya, jumlah lendir akan meningkat dan lebih tebal.

Lendir di saluran pernapasan tidak bisa dibersihkan dengan baik. Jadi lendir tetap berada di saluran napas Anda, menyumbatnya, dan membuat Anda batuk-batuk. Salah satu bahaya merokok adalah lendir yang banyak ini bisa memicu infeksi paru-paru.

  1. Perubahan struktur saluran napas

Akibat kebiasaan merokok yang berbahaya adalah terjadi perubahan struktur dan fungsi saluran napas pada jaringan paru-paru. Apa yang terjadi selanjutnya? Perokok akan lebih mudah batuk-batuk dan produksi dahak menjadi berlebihan.

Peningkatan jumlah lendir pada paru paru, menyebabkan iritasi dan menurunkan fungsi paru paru itu sendiri. Kondisi seperti ini, menyebabkan paru paru mengalami perubahan bentuk.

  1. Memicu perubahan sel menjadi abnormal

Bahaya merokok bagi kesehatan yang paling ditakuti orang adalah kanker. Penyebabnya adalah terjadinya perubahan sel-sel sehat menjadi sel abnormal di dalam DNA.

Hal ini memicu munculnya penyakit paru paru obstruktif kronik, yang menyebabkan perokok dapat terserang kanker paru-paru.

Selain kanker, perokok aktif juga berisiko terkena bronkhitis kronis, infeksi paru-paru, penyempitan saluran napas, hingga terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli.

  1. Mengurangi jumlah jaringan paru

Struktur paru paru yang mengalami peradangan berat, dapat mengurangi jumlah jaringan paru. Padahal, sebenarnya paru-paru berfungsi menyebarkan darah yang berisi oksigen, dari udara ke jaringan darah.

Paru-paru Anda bisa hancur bila jaringan paru hancur, jumlah ruang udara dan pembuluh darah di paru-paru menurun. Akibatnya hanya sedikit oksigen yang dibawa ke organ tubuh yang lain.

  1. Perubahan fungsi paru-paru

Fungsi paru paru yang berubah, menyebabkan penyakit obstruksi paru-paru menahun seperti penyakit asma, bronkitis akut dan peradangan paru-paru berat.

Rokok mampu merusak fungsi enzim utama di dalam paru-paru. Inilah alasan mengapa timbul berbagai macam penyakit, yang bisa diderita seorang perokok.

Bagaimana Rokok Mempengaruhi Perokok Pasif

Bahaya merokok juga bisa dialami oleh orang yang non perokok. Jadi selain menular melalui udara, seseorang juga dapat mengidap penyakit paru-paru akibat berada di sekitar perokok aktif.

Saat orang merokok, udara di sekitar mereka tercemar dengan asap tembakau. Ini disebut asap bekas. Asap bekas berasal dari dua sumber yaitu asap dari pembakaran rokok dan asap yang dikeluarkan oleh perokok aktif.

Saat di dekat seseorang merokok, non-perokok akan menghirup asap bekas. Nama lain untuk orang yang menghirup asap rokok bekas adalah “perokok pasif” atau “merokok tanpa disengaja.”




Menurut penelitian para ahli, perokok pasif memiliki risiko gangguan pada paru-paru dan saluran pernapasan, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Periset telah mempelajari orang dewasa non-perokok yang menghirup asap rokok di tempat kerja mereka. Hasilnya menunjukkan orang dewasa tersebut juga memiliki gangguan paru-paru.

Asap yang dihirup oleh perokok pasif bersifat  karsinogen yaitu zat yang dapat menyebabkan kanker.

Saat Anda menghirup asap bekas, risiko kanker paru meningkat. Di Amerika Serikat setiap tahun, diperkirakan 3.000 orang meninggal karena kanker paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok bekas.

Bagaimana Membersihkan Paru-Paru

Merokok merusak paru-paru

Merokok merusak paru-paru

Seperti dijelaskan di atas, bahaya merokok timbul akibat asap rokok. Oleh karena itu mencegah penyakit paru-paru harus dilakukan sedini mungkin, salah satunya dengan cara berhenti merokok.

Setelah seseorang berhenti merokok, maka paru-parunya bisa sembuh sampai batas tertentu, kata Dr. Norman Edelman, penasihat ilmiah senior untuk American Lung Association dan spesialis pengobatan paru.

Untuk membersihkan paru paru yang tercemar asap rokok, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain :

  • Olahraga teratur, solusi paling mudah untuk mendapatkan kondisi paru-paru tetap sehat. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan mempermudah hati untuk menyaring racun yang disebabkan oleh asap rokok.
  • Minum air putih setidaknya 8 liter perhari. Air putih dapat membersihkan kotoran dan radikal bebas yang ada di dalam paru paru menuju kandung kemih dalam bentuk urin.
  • Minum teh hijau secangkir tiap hari, bisa membantu tubuh mengeluarkan semua racun yang ada dalam tubuh dengan cepat dan tuntas.
  • Konsumsi kedelai, baik untuk kesehatan paru-paru. Kedelai dapat melancarkan pencernaan dan menstabilkan fungsi paru-paru.
  • Minum rebusan air sirsak. Senyawa anopentosis, murikatusin, acetogenins yang terkandung dalam daun sirsak dapat membersihkan paru paru dari serangan asap rokok, sehingga terhindar dari flek dan iritasi. Selain itu, bisa memblokir pergerakan sel kanker.
  • Jus alpukat, akan memasok zat kalium yang sangat tinggi untuk paru-paru. Zat kalium ini bertindak sebagai tonik yang mampu membersihkan paru-paru yang tercemar akibar asap rokok.
  • Jus nanas, kandungan vitamin dan mineralnya berfungsi sebagai zat antioksidan aktif yang melindungi sistem pernapasan akibat serangan nikotin.
  • Jus jeruk, kandungan vitamin C dan anti inflamasinya yang kuat mampu membantu jaringan hati untuk mempercepat proses pembersihan paru paru dari racun akibat rokok.

Demikian informasi singkat bahaya merokok dan bagaimana rokok dapat mengganggu kesehatan paru-paru, serta bagaimana membersihkannya, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar