4 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital karena mengatur fungsi pernafasan. Paru-paru yang sehat akan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dengan lancar sementara paru-paru yang tidak normal akan menyiksa pemiliknya.

Pernafasan atau respirasi adalah salah satu sistem yang bekerja di dalam tubuh yang dimulai dari masuknya udara (O2) ke dalam tubuh, terjadinya proses oksidasi sampai pengeluaran sisa pernafasan.




Karena pentingnya organ ini, maka setiap orang wajib menjaga kesehatan paru-parunya. Caranya dengan hanya menghirup udara segar dan menghindari sebisa mungkin zat-zat berbahaya seperti asap rokok dan polusi udara lainnya.

Oksigen yang ditarik saat bernafas berpengaruh terhadap kondisi organ di dalam tubuh. Jika ada salah satu organ yang kekurangan oksigen maka bisa dipastikan akan terjadi mal function pada organ tersebut, contohnya kadar oksigen dalam darah akan berkurang drastis dan menyebabkan terjadinya anemia.

Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru:

1. Berhenti merokok

Asap rokok mengandung banyak sekali zat berbahaya yang dapat mengganggu kualitas udara yang kita hirup. Beberapa zat di dalamnya juga dapat mengganggu kerja paru-paru.




Nikotin yang terkandung pada rokok merupakan salah satu penyebab hadirnya berbagai macam penyakit pada tubuh. Salah satu penyakit yang akan mengganggu fungsi paru-paru adalah kanker paru-paru. Semakin segera anda berhenti merokok, maka sama halnya dengan anda menjaga kesehatan paru-paru anda sesegera mungkin.

2. Menjaga kebersihan

Tips lainnya untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Lingkungan yang bersih, tentu akan menghasilkan jiwa dan tubuh yang sehat. Udara yang selalu terjaga dari debu ataupun kotoran, tentu akan meminimalisir penyakit paru-paru.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan udara di sekitar rumah jadi kotor seperti tinggal di pinggir jalan atau dekat pabrik. Udara kotor menyebabkan paru-paru akan bekerja lebih keras dalam menyaring udara yang masuk, dan jika kondisi ini berlangsung terus selama bertahun-tahun maka dapat menyebabkan sakit.

Gunakan masker saat sedang mengendarai motor untuk mengurangi efek polusi udara yang mungkin terhirup dan masuk ke paru-paru. Racun di udara akibat buangan gas kendaraan motor sangat mematikan apalagi jika dihidup setiap hari.

Rajinlah menjaga kebersihan lingkungan anak dengan rajin menyapu dan menghilangkan debu yang kemungkinan bertebaran di dalam rumah. Debu dapat menyebabkan sesak nafas dan gangguan pada paru-paru.




Tips menjaga kesehatan paru-paru

Tips menjaga kesehatan paru-paru

3. Jaga asupan gizi

Asupan gizi yang cukup dan lengkap akan meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat sel-sel tubuh akan beregenerasi dengan cepat. Manfaatnya adalah tubuh jadi sehat dan tidak mudah sakit.

Mengkonsumsi sayur-saturan dan buah-buahan akan membantu anda untuk tetap sehat. Kandungan dalam makanan sehat seperti buah dan sayur tersebut mampu membantu tubuh menjaga keseimbangan metabolisme, menahan radikal bebas penyebab kanker serta melindungi tubuh dari penyakit diabetes.

Menjaga kesehatan paru-paru sama artinya dengan anda menjaga semua organ tubuh anda agar tetap hidup sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Karena itu anda wajib memperlakukan paru-paru anda dengan baik, menjaganya tetap sehat dan menjauhkannya dari hal-hal yang dapat merusaknya.

4. Check up

Setiap tahun lakukan pemeriksaan reguler untuk mengetahui kondisi paru-paru anda. Pemeriksaan secara teratur akan membantu dokter mendiagnosa lebih awal terhadap kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan pada paru-paru.

Setelah check up dokter akan merekomendasikan beberapa hal kepada anda atau bisa juga meresepkan obat jika ditemukan ada gangguan kecil di paru-paru anda.

Demikian beberapa tips menjaga kesehatan paru-paru, lakukan tips-tips di atas secara teratur dan disiplin agar paru-paru anda tetap sehat.

Tulis Komentar