10 Cara Alami Mengatasi Insomnia Atau Susah Tidur

Insomnia adalah sebuah kondisi dimana seseorang sulit tidur atau mempertahankan tidur yang nyenyak, yang terjadi secara berulang dan dalam waktu yang lama. Ada banyak cara mengobati insomnia tapi melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan mengulas 10 cara alami mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Insomnia biasanya disebabkan oleh adanya penyakit yang diderita atau sebagai akibat sebuah kondisi psikis. Di Indonesia diperkirakan ada 28 juta orang yang mengalami gangguan tidur ini berdasarkan data yang dirilis oleh US Census Bureau, International Data Base pada tahun 2004.




DR. dr. Nurmiati Amir, SpKJ(K) menyebut ada sekitar 10 persen penduduk Indonesia mengalami insomnia. Menurut Dr. Nurmiati, kebutuhan tidur orang dewasa setiap hari adalah 6-7 jam. Seorang penderita insomnia biasanya hanya tidur 3-4 jam saja.

“Insomnia disebabkan oleh berbagai kondisi kompleks yang meliputi kondisi fisik dan psikis,” jelas Nurmiati. Jika Anda mengalami kesulitan tidur yang terus-menerus, sebaiknya kunjungi dokter untuk konsultasi. Dokter mengetahui bagaimana cara menyembuhkan insomnia dengan benar.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

“Insomnia adalah kondisi yang sangat kompleks yang sering kali disebabkan oleh sejumlah faktor,” ujar Qanta Ahmed, MD, seorang spesialis tidur dari Universitas Winthrop, New York.

Apapun penyebabnya, insomnia harus diobati sampai penderita sembuh. Berikut ini 10 cara alami mengatasi insomnia:

1. Memijat tubuh dengan minyak hangat




Menurut praktisi naturopati, memijat tubuh sebelum tidur dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih lelap. Anda bisa menggunakan minyak kelapa hangat atau minyak mustard untuk memijat tubuh anda. Manfaatnya adalah sirkulasi darah meningkat dan saraf jadi kendur sehingga sangat membantu Anda tidur nyenyak.

  • Ambil sedikit minyak kelapa hangat atau minyak mustard.
  • Gosokkan minyak tersebut pada leher, bahu, punggung dan bagian bawah kaki Anda.
  • Pijat tubuh dalam gerakan melingkar selama 5 sampai 10 menit.
  • Lakukan terapi ini setiap hari sebelum tidur.

2. Berendam dengan air garam

Praktisi naturopati merekomendasikan mandi air garam satu sampai dua jam sebelum tidur untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Garam yang direkomendasikan adalah garam epsom atau garam inggris.

Magnesium sulfat dalam garam epsom dapat mengatasi insomnia dengan cara membuat otot jadi rileks dan menenangkan saraf, dan pada akhirnya membuat anda tidur nyenyak.

  • Tambahkan satu setengah cangkir garam Epsom ke dalam air hangat
  • Aduk selama beberapa menit sehingga garam larut dengan baik di dalam air
  • Mulailah berendam selama sekitar 20 menit.
  • Ikuti terapi ini beberapa kali dalam seminggu selama satu jam sebelum tidur

3. Minum teh Chamomile

Chamomile adalah salah satu tanaman alami yang dapat mengatasi insomnia, Chamomile bekerja sebagai obat penenang ringan atau obat tidur yang dapat menjadikan anda nyenyak di malam hari. Minumlah secangkir teh hangat chamomile satu jam sebelum tidur untuk merilekskan saraf dan otot.

  • Campur 2-3 sendok teh chamomile kering dalam secangkir air panas
  • Diamkan selama tiga sampai lima menit
  • Saring dan tambahkan satu sendok teh madu. Anda juga dapat menambahkan sejumput bubuk kayu manis
  • Minumlah selagi hangat satu jam sebelum tidur
  • Lakukan terapi ini setiap hari menjelang tidur
Cara alami mengatasi insomnia susah tidur

Cara alami mengatasi insomnia susah tidur

4. Susu Hangat

Minum segelas susu hangat sebelum tidur sangat membantu Anda yang sulit tidur atau mengalami insomnia. Susu memiliki efek relaksasi yang dapat menjadikan tidur anda lebih nyenyak sehingga ketika anda bangun di pagi hari perasaan jadi lebih enang dan berenergi.

Susu adalah sumber kalsium yang baik, minum segelas susu hangat akan meningkatkan produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengontrol tidur. Kalsium dalam susu juga dapat membantu meredakan stres dan membuat tubuh lebih rileks.

  • Campurkan seperempat sendok teh bubuk kayu manis dan sedikit madu ke dalam segelas susu hangat.
  • Minum setidaknya satu jam sebelum tidur.

5. Minyak Lavender

Salah satu obat alami mengatasi insomnia adalah aroma minyak lavender. Aromatik minyak lavender memiliki efek menenangkan tubuh dan membantu Anda mendapatkan tidur yang lelap.

Beberapa penelitian terdahulu menyebutkan minyak lavender dapat menambah waktu tidur dan membuat badan jadi lebih segar saat bangun di pagi hari.

  • Oleskan satu atau dua tetes minyak esensial lavender pada selembar saputangan lalu letakkan di dekat bantal saat Anda tidur.
  • Atau, tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke bak mandi yang berisi air hangat. Kemudian berendamlah dalam air tersebut selama 20 menit. Lakukan setidaknya satu jam sebelum tidur.
  • Anda juga dapat mencampur beberapa tetes minyak lavender ke dalam satu sendok makan minyak zaitun dan mengoleskannya pada bagian bawah kaki anda sebelum tidur.

6. Valerian

Valerian adalah salah satu obat penenang non adiktif yang banyak digunakan untuk mengatasi insomnia. Hasil penelitian menunjukkan secangkir teh valerian yang diminum sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

  • Campurkan satu sendok teh kering akar valerian ke dalam secangkir air panas. Tutup dan diamkan selama 15 menit. Saring lalu tambahkan madu. Minumlah selagi hangat. Minumlah teh ini setiap hari setidaknya satu jam sebelum tidur untuk menikmati tidur malam yang damai.
  • Atau, ambil 400-900 miligram ekstrak valerian beberapa jam sebelum tidur.

Catatan: Jangan gunakan ramuan ini secara teratur selama lebih dari beberapa minggu.

7. Tart Cherry

Cherry tart mengandung melatonin yang jauh lebih banyak daripada cherry manis. Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun. Kekurangan melatonin membuat otak kurang istirahat dan membuat tidur jadi tidak nyenyak.

Sejumlah peneliti dari Universitas Louisiana menemukan bahwa minum jus tart ceri dapat meningkatkan jumlah tidur dan menyembuhkan insomnia.

  • Minum secangkir jus ceri tart dua kali sehari.
  • Jika Anda tidak menyukai jus, cobalah makan segenggam ceri tart beberapa jam sebelum tidur.

8. Pisang

Manfaat pisang sangat baik bagi kesehatan. Buah ini bahkan dapat digunakan untuk mengatasi insomnia dan gangguan tidur lainnya. Kandungan pisang yaitu tryptophan disebut-sebut dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang berfungsi salah satunya untuk mengatur pola tidur.

Selain itu, pisang juga mengandung zat relaksan alami yaitu magnesium dan potasium. Kedua zat ini membantu tubuh lebih rileks dan mudah tidur. Karbohidrat dalam pisang juga dapat membuat orang mengantuk.




  • Makanlah satu atau dua pisang satu jam sebelum tidur setiap malam.
  • Jika ingin sedikit repot, anda bisa mencampur pisang dengan susu smoothie dan minumlah setidaknya satu jam sebelum tidur.

9. Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman yang bentuknya mirip daun mint tapi memiliki aroma khas lemon. Lemon balm diketahui bermanfaat untuk menenangkan saraf dan mengurangi ketegangan, dan karena itu sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan menyembuhkan insomnia.

  • Campurkan satu sendok teh lemon balm kering ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama 5-10 menit kemudian saring. Minum teh ini beberapa kali sehari selama beberapa minggu untuk melihat perbaikan dalam pola tidur Anda.
  • Mereka yang sering mengalami kecemasan juga dapat mengonsumsi ekstrak lemon balm, dosis yang dianjurkan adalah 300 mg sebanyak dua kali sehari selama beberapa minggu.

Catatan: Lemon balm meskipun dapat mengatasi insomnia juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika terlalu banyak digunakan.

10. Almond

Almond mengandung zat magnesium yang banyak, bermanfaat meningkatkan kualitas tidur dan mengatasi insomnia. Almond juga mengandung tryptophan yang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin, yang pada gilirannya sangat baik dalam mengatur pola tidur.

  • Makanlah segenggam almond kering satu jam sebelum tidur
  • Atau, Anda dapat mengonsumsinya dengan menggunakan almond mentega yang dioles pada pada sepotong roti panggang dan dimakan bersama dengan segelas susu hangat sebelum tidur.

Semua orang mengalami kesulitan tidur pada satu waktu dalam hidup mereka. Hal ini dapat karena pikiran stres, perubahan lokasi tidur, efek obat yang dikonsumsi, sedang sakit atau nyeri, atau faktor lainnya.

Sulit tidur menjadi masalah jika telah menjadi kebiasaan sehari-hari. Dalam beberapa kasus, insomnia bisa sangat menyiksa penderitanya.

Kurang tidur dapat menimbulkan masalah kesehatan dan mengurangi produktifitas. Untuk mengatasi insomnia anda perlu menerapkan salah satu atau beberapa cara alami di atas secara teratur.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, mohon Beri Like dan bantu Sebarkan ke teman yang lain.

Tags:

Komentar dan Tanggapan

  1. mugiwaraari January 18, 2016
  2. Ambar August 11, 2017

Tulis Komentar