5 Cara Memutihkan Lutut dan Siku Secara Alami

Saat ini ada banyak produk yang dapat memutihkan lutut dan siku, sayangnya produk-produk tersebut lumayan mahal dan tidak bisa terbeli oleh banyak orang.

Padahal ada banyak bahan alami di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan dan memutihkan kulit lutut dan siku, salah satunya adalah lemon dan baking soda.

Bagi wanita, lutut dan siku yang hitam merupakan hal yang bisa merusak kepercayaan diri. Penampilan yang cantik bisa rusak begitu saja saat kedua bagian ini terekspos.

Alasannya sangat wajar, karena wanita (terutama wanita Indonesia) sangat mendambakan kulit yang putih mulus, sehingga jika ada satu bagian saja yang berwarna gelap, maka dianggap sebagai sebuah kekurangan.

Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara memutihkan lutut dan siku secara alami.

Memutihkan Lutut dan Siku Dengan Mudah

Perlu dipahami bahwa siku dan lutut kita termasuk bagian tubuh yang memiliki banyak lipatan. Selain itu, bagian ini juga jarang mengalami pengelupasan.

Dalam artian lain, lutut dan siku merupakan tempat dimana sel-sel kulit mati banyak menumpuk. Akibatnya, kedua bagian ini akan terlihat lebih gelap dibanding area lainnya.

Selain dikarenakan penumpukan sel-sel kulit mati, lipatan yang banyak pada bagian ini juga akan menjadi tempat bagi kotoran menempel.

Nah, jika bagian lutut dan siku yang berwarna gelap ini membuatmu merasa resah, maka kami memiliki beberapa cara alami yang bisa menjadikannya terlihat lebih cerah.

Berikut ini beberapa cara alami memutihkan lutut dan siku:

  1. Lemon dan Batu Apung
Lemon dan batu apung dapat memutihkan lutut dan siku

Lemon dan batu apung dapat memutihkan lutut dan siku

Kandungan vitamin C dan asam sitrat di dalam buah lemon mampu memutihkan area-area yang gelap pada kulit, misalnya lutut, siku, dan ketiak.

Caranya dengan memotong buah lemon menjadi dua bagian, satu untuk lutut dan bagian lainnya untuk siku. Gosok-gosokkan buah lemon ini pada lutut dan sikumu secara perlahan.

Diamkan sekitar 10 menit agar airnya bisa terserap ke dalam lapisan kulit. Setelah itu, lanjutkan dengan menggosok menggunakan batu apung.

Karena tekstur batu apung ini agak berat, maka lakukan secara hati-hati agar kulitmu tidak terluka. Batu apung dapat mengangkat sel-sel kulit mati sementara air lemon bekerja untuk mencerahkan kulit.

  1. Baking Soda dan Garam
Baking soda dan garam memutihkan siku

Baking soda dan garam memutihkan siku

Jangan langsung merasa aneh mendengar baking soda bisa memutihkan lutut dan siku. Meskipun baking soda lebih sering digunakan sebagai bahan pembuatan kue, namun kamu bisa menggunakannya sebagai scrub untuk memutihkan lutut dan siku.

Campur baking soda, garam dan air secukupnya, kemudian usapkan pada bagian lutut dan siku. Baking soda memiliki tekstur yang kasar dan berpasir sehingga efektif dalam mengangkat sel-sel kulit mati.

  1. Pepaya
Pepaya untuk siku dan lutut putih

Pepaya untuk siku dan lutut putih

Cara memutihkan lutut dan siku selanjutnya adalah dengan menggunakan buah pepaya. Hal ini sangat dimungkinkan karena buah pepaya memiliki kandungan zat-zat yang bisa mencerahkan kulit, seperti enzim papain, vitamin C, dan E yang terbukti baik bagi kesehatan kulit.

Cukup potong buah pepaya menjadi bagian-bagian kecil lalu gosokkan pada area lutut dan siku yang gelap. Selang beberapa menit, cuci dengan air hangat.

  1. Madu dan Lemon
Madu dan lemon memutihkan kulit

Madu dan lemon memutihkan kulit

Kombinasi madu dan lemon terbukti efektif dalam memutihkan lutut dan siku. Madu memiliki sifat anti bakteri sehingga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan kulit gelap.

Selain itu, madu juga bisa menjadi pelembap alami pada bagian lutut dan siku. Sementara lemon lebih berfungsi sebagai agen pencerah berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

Cara membuatnya cukup mudah yakni:

  • Siapkan 1 jeruk lemon, lalu peras airnya
  • Campur bersama 1 sdm madu lalu aduk rata.
  • Aplikasikan ke bagian lutut dan sikumu dan biarkan hingga 20 menit.
  • Terakhir, cuci hingga bersih.

Dengan menggunakan ramuan ini, maka kamu akan mendapatkan lutut dan siku yang cerah dan terjaga kelembapannya.

  1. Gunakan Pelembab

Salah satu alasan mengapa lutut dan siku bisa menjadi gelap karena kondisi kulitnya itu sendiri yang kering. Nah, agar kulitmu terhindar dari kekeringan, maka pastikan untuk menggunakan lotion pelembab.

Sebaiknya gunakan produk lotion yang memiliki kandungan jojoba oil dan vitamin C karena bisa membantu untuk mencerahkan kulit pada lutut dan siku.

Selain dengan menggunakan produk lotion, kamu bisa juga menggunakan minyak zaitun. Apalagai minyak zaitun dapat melembapkan sekaligus menjadikan kulit terlihat lebih cerah dan mulus.

Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah pelembab sehabis mandi atau setelah kamu melakukan scrub. Dan tentu saja lakukan secara rutin setiap hari

Nah, demikian 5 cara memutihkan lutut dan siku yang sangat mudah untuk diterapkan. Lakukanlah metode alami di atas secara rutin agar bagian lutut dan sikumu bisa secerah bagian tubuh lainnya.

Leave a Reply