Cara Memutihkan Area Selangkangan Secara Alami

Hampir sebagian besar orang memiliki masalah selangkangan yang gelap atau hitam. Kondisi ini memang sangat memalukan terutama untuk mereka yang sering ke kolam renang atau bertamasya di pantai menggunakan pakaian mini.

Padahal mengikuti alur logika, area selangkangan adalah tempat dimana kulit sangat jarang terpapar sinar matahari langsung maka area tersebut harusnya lebih putih dari area tubuh lainnya.




Tapi kenyataanya tidak demikian, hampir semua orang memiliki selangkangan hitam atau cenderung gelap. Jika ada orang yang memiliki selangkangan berwarna cerah dan putih maka bisa dipastikan orang tersebut melakukan perawatan khusus di area tersebut.

Penyebab Selangkangan Hitam

Di dalam dunia medis, area tubuh yang berubah warna menjadi lebih gelap dari warna kulit alami disebut dengan istilah hiperpigmentasi. Warna gelap tersebut bisa berbentuk seperti flek hitam atau bintik-bintik pada kulit yang muncul pada kaki, tangan dan bahkan wajah.

Hiperpigmentasi pada kulit disebabkan meningkatnya produksi melanin yang merupakan substansi yang bertanggung jawab terhadap warna pada kulit.

Penyebab umum dari meningkatnya melanin adalah paparan sinar matahari dalam waktu yang lama. Lantas mengapa area selangkangan justru berubah warna menjadi gelap padahal jauh dari sinar matahari?

Ada beberapa faktor penyebab selangkangan berwarna hitam atau gelap, yaitu:




  1. Gesekan. Pada kebanyakan orang, kulit gelap di paha dan area sekitar paha disebabkan oleh gesekan kulit. Setiap kali anda berjalan terjadi gesekan antara paha anda yang bila dikombinasikan dengan keringat dapat menyebabkan kulit di selangkangan dan pangkal paha menjadi hitam atau gelap.
  2. Kadar insulin meningkat. Peningkatan kadar insulin menyebabkan warna pada kulit berubah. Kondisi ini sangat terlihat pada mereka yang mengalami obesitas (kegemukan) dan mereka yang menderita diabetes tipe 2.
  3. Obat. Selangkangan hitam bisa juga disebabkan sebagai efek samping dari obat yang dikonsumsi.
  4. Penyakit Addison. Kulit yang berubah warna menjadi hitam dimana saja di area tubuh bias disebabkan oleh sebuah kondisi medis, salah satunya adalah penyakit Addison.
  5. Gangguan hormon. Meskipun jarang, selangkangan hitam bisa juga disebabkan karena gangguan hormonal khususnya kelenjar tiroid.
  6. Jamur. Area selangkangan adalah salah satu bagian tubuh yang lembab. Jika kebersihan kurang dijaga maka jamur bisa tumbuh dengan mudah di area tersebut menyebabkan selangkangan jadi hitam.
  7. Faktor usia. Seiring dengan usia yang semakin bertambah, maka jumlah pigmen yang diproduksi juga akan b erubah termasuk di area selangkangan.
  8. Kehamilan. Hiperpigmentasi sering terjadi pada masa awal kehamilan dan merupakan salah satu ciri kehamilan pada wanita.

Seperti dijelaskan di atas, selangkangan hitam disebabkan karena banyak faktor penyebab. Sehingga untuk mengatasinya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikutnya kita akan membahas bagaimana mengatasi selangkangan hitam agar terlihat lebih cerah dan putih.

Cara memutihkan selangkangan hitam secara alami

Cara memutihkan selangkangan hitam secara alami

Cara Memutihkan Selangkangan

Mengatasi selangkangan hitam dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Jika penyebabnya adalah jamur maka perlu dilakukan perawatan khusus dengan obat jamur untuk menjaga kesehatan area tersebut.

Jika penyebab selangkangan hitam karena gesekan kulit yang sulit dihindari maka perlu menggunakan beberapa bahan pemutih kulit. Selain itu, menurunkan berat badan juga sangat baik dilakukan untuk mencegah gesekan kulit lebih keras.

Bagaimana mengatasi selangkangan hitam di sekitar pangkal paha? 

Untuk memutihkan selangkangan, anda bisa menggunakan scrub, dermabrasi, dan mandi menggunakan sabun khusus. Berikut ini beberapa cara memutihkan selangkangan secara alami:

  • Untuk mencegah selangkangan hitam, anda perlu menjaga berat badan yang ideal sehingga paha Anda tidak mengalami peradangan atau gesekan yang terlalu keras satu sama lain.
  • Untuk memutihkan selangkangan, Anda dapat membuat campuran air jeruk nipis, yogurt dan bubuk kunyit. Obat ini dapat membantu Anda mengatasi selangkangan hitam.
  • Minyak lemon juga sangat baik untuk memutihkan paha bagian dalam gelap dan daerah selangkangan. Cukup pijat minyak ini ke daerah yang terkena dan ulangi sesering diperlukan. Hal ini akan membantu memutihkan warna kulit.
  • Hindari memakai pakaian sintetis yang ketat. Gunakanlah celana atau baju yang dapat menyerap keringat dengan sempurna.
  • Gunakan sabun licorice. Anda dapat menggunakan sabun ini untuk membersihkan bagian antara kaki Anda serta pangkal paha Anda. Cara ini akan membantu melembutkan kulit dan juga memutihkan selangkangan.
Pemutih selangkangan hitam

Pemutih selangkangan hitam

Memutihkan Selangkangan Dengan Obat Tradisional

Selain menjalani tips-tips di atas, anda juga bisa memutihkan selangkangan secara alami menggunakan ramuan dan obat tradisional yang telah terbukti khasiatnya.

  1. Lemon

Jus lemon adalah pemutih kulit alami dan menggunakannya pada kulit akan sangat membantu memutihkan kulit Anda. Lemon adalah buah yang mempunyai kadar antioksidan sangat tinggi, dan karena itu buah ini biasanya digunakan sebagai masker wajah.

Caranya dengan mengoleskan potongan lemon pada kulit selangkangan. Lakukan secara lembut karena kulit selangkangan gampang mengalami iritasi. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air. Lakukan secara rutin.

  1. Menggunakan tawas untuk memutihkan selangkangan

Tawas adalah campuran antara alumina dengan kalium sulfat. Tawas bermanfaat untuk memutihkan selangkangan dan ketiak serta menghilangkan bau yang tidak sedap.

Cara menggunakan tawas cukup mudah, rendam tawas dengan air hangat sampai larut dalam air. Setelah larut, oleskan air tawas tersebut pada area selangkangan yang menghitam. Lakukan pengolesan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Susu asam (buttermilk)

Produk susu jenis ini memiliki kadar asam laktat yang tinggi dan terbukti dapat mencerahkan sekaligus memutihkan kulit termasuk kulit pada selangkangan. Oleskan susu asam atau buttermilk pada area selangkangan Anda secara rutin.

  1. Susu dan bubuk kunyit

Minum setengah cangkir susu dengan setengah sendok teh bubuk kunyit selama dua bulan dapat mengatasi masalah selangkangan hitam sekaligus memutihkannya.

  1. Banyak konsumsi buah-buahan sitrus

Buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis mengandung asam esensial yang merupakan pemutih kulit alami. Oleskan irisan buah tersebut pada pangkal paha yang gelap setiap pagi atau setiap setelah mandi.




  1. Bubuk almond

Buah almond juga sangat baik digunakan untuk memutihkan kulit selangkangan agar tampil cerah dan bersih dari bakteri. Oleskan bubuk almond yang berbentuk bedak pada bagian dalam paha setiap malam sampai warna pangkal paha anda sampai warnanya mirip dengan paha bagian luar Anda.

  1. Sabun licorice

Licorice merupakan bahan yang sangat efektif untuk membantu memutihkan kulit secara alami. Oleskan sabun licorice pada pangkal paha setiap kali anda mandi dapat mengatasi selangkangan gelap.

  1. Eksfoliasi

Lakukan pengangkatan sel kulit mati menggunakan body scrub organik yang tersedia di toko-toko kecantikan.

Metode perawatan dan cara mencegah selangkangan menjadi hitam

Kulit gelap di sekitar pangkal paha dapat diobati secara efektif dengan bantuan pemutih topikal yang diproduksi khusus untuk kulit halus di pangkal paha.

Namun pemutih tersebut masih dapat menyebabkan kerusakan pada daerah kulit yang halus seperti selangkangan, dan jika Anda memiliki kulit sensitif, yang terbaik adalah untuk menghindari pemutih dari bahan kimia.

Perawatan untuk kulit hitam gelap di selangkangan dan pangkal paha,

  • Minum susu hangat 1/2 cangkir dengan 1/2 sendok teh bubuk kunyit setiap pagi selama 2 bulan.
  • Gunakan sabun Azadirachta denga menggosok langsung pada area selangkangan.
  • Melakukan yoga pranayama setiap hari untuk mendapatkan kulit bersinar di seluruh.
  • Oleskan 1 sendok teh bubuk almond di malam hari.

Tips Tambahan Memutihkan Selangkangan

  • Kulit dan rambut terbuat dari protein, dan karena itu, diet yang baik akan sangat membantu keduanya tetap sehat.
  • Makanan terbaik untuk kulit sehat adalah lemon yang tinggi vitamin C. Vitamin C dan asam sitrat dapat mencerahkan kulit. Anda dapat mengonsumsi air jeruk nipis segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda, juga dapat menerapkan beberapa jus lemon langsung pada wajah Anda, yang merupakan bahan pemutih alami.
  • Menurunkan berat badan. Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki selangkangan yang gelap. Untuk mengatasinya berusahalah menurunkan berat badan.
  • Melakukan yoga. Berlatih yoga pranayama setiap hari dapat membuat paha dalam Anda lebih langing dan kulit menjadi bersinar.
  • Obat lain yang bagus untuk kulit gelap adalah ekstrak blueberry. Buah ini mengandung tanin dan antioksidan, yang keduanya bermanfaat bagi kulit. Anda dapat membuat smoothie dengan yogurt dan blueberry untuk mengobati segala jenis pigmentasi wajah.
  • Pepaya kaya akan vitamin A, dan juga banyak digunakan untuk perawatan kulit. Daging buah pepaya beserta ekstrak biji pepaya dapat digunakan untuk memutihkan kulit selangkangan.

Tidak ada hasil yang bisa diperoleh secara instan. Dengan memadukan semua metode di atas selama beberapa minggu maka area selangkangan anda tidak hitam lagi.

Demikian informasi singkat penyebab selangakan hitam dan bagaimana cara memutihkan selangkangan secara alami.

Tulis Komentar