9 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat Secara Alami

Memiliki wajah yang putih dan bersih adalah impian semua orang terutama kaum wanita. Wajah yang putih identik dengan kecantikan dan kebersihan dan karena itu banyak orang yang mencoba memutihkan wajah baik itu secara alami maupun menggunakan kosmetik.

Ada banyak cara untuk memutihkan wajah dengan cepat dan membuatnya tampil lebih indah. Diantaranya adalah menggunakan obat kecantikan, obat tradisional hingga operasi plastik atau operasi memutihkan wajah.




Tentunya dalam hal ini memutihkan wajah perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk para pekerja seni atau untuk menunjang karir mereka tentu rela merogoh kocek cukup dalam untuk memutihkan wajah mereka. Namun jika untuk kebutuhan sosial sehari-hari, menggunakan cream pemutih wajah atau menggunakan bahan tradisional sudah cukup.

Mengapa Kulit Wajah Berwarna Gelap

Kulit gelap disebabkan oleh banyak faktor tapi yang paling dominan adalah karena gen dan ras. Dalam hal ini memutihkan wajah membutuhkan usaha dan biaya yang lebih besar karena umumnya melibatkan tindakan medis seperti operasi plastik.

Memutihkan wajah dengan cepat

Memutihkan wajah dengan cepat

Sementara kulit kusam disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal yang sebagian besar bisa dikendalikan seperti gaya hidup tidak sehat, kurang minum air putih atau faktor polusi udara.

Berikut ini beberapa faktor penyebab kulit gelap dan kusam, diantaranya:




  • Gen
  • Ras (geografi)
  • Terlalu sering terkena sinar matahari
  • Polusi lingkungan
  • Mengalami kondisi medis tertentu
  • Kulit kering
  • Stres
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Penggunaan kosmetik berbasis kimia yang berkepanjangan

Banyak orang berusaha keras untuk memutihkan wajah mereka karena itu pasar dibanjiri berbagai krim pemutih wajah dan lotion. Namun sebagian besar produk tersebut memiliki bahan kimia berbahaya yang pada akhirnya dapat merusak kulit Anda. Seringkali produk-produk tersebut juga dijual dengan harga mahal.

Apapun rekomendasi yang diberikan dokter atau meski produk tersebut memiliki nomor BPOM, selama masih mengandung senyawa kimia sintetis maka cepat lambat akan mengganggu ekosistem tubuh.

9 Resep Tradisional untuk Memutihkan Wajah Secara Alami

Pada dasarnya alam telah memberikan alternatif untuk mengobati, menyehatkan dan meningkatkan kecantikan dengan bahan alami.

Simpan uang anda dan mulai sekarang gunakanlah obat alami untuk memutihkan wajah Anda dengan cepat. Berikut ini berbagai ramuan tradisional pemutih wajah alami yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

  1. Jeruk nipis

Oleskan perasan jeruk nipis untuk memutihkan wajah secara alami

Oleskan perasan jeruk nipis untuk memutihkan wajah secara alami

Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini. Selain bisa digunakan sebagai bumbu masakan, Anda juga bisa merawat dan memutihkan wajah dengan jeruk nipis.

Buah yang satu ini dikenal memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini bisa membantu kulit mendapatkan kulit cerah dan terlihat lebih putih. Bahkan saat ini dikenal pula perawatan kulit dengan suntik vitamin C yang berasal dari buah ini.

Namun jika anda ingin mendapatkan khasiatnya tanpa harus melakukan suntik Vitamin C, cobalah untuk mengkonsumsinya secara langsung.

Jika dilakukan dalam jangka panjang, maka akan membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, mencegah jerawat, mengurangi minyak dan lainnya.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan wajah secara alami yaitu:

  • Oleskan perasan jeruk nipis pada seluruh bagian wajah. Selanjutnya pijit selama 10 detik dan bilas dengan air dingin 30 menit kemudian.
  • Atau, Anda juga mencamput sejumput kunyit bubuk dengan dua sendok makan jeruk nipis. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher sebelum tidur. Cuci setelah 20 sampai 30 menit. Lakukan ini setiap hari. Anda juga dapat menerapkan ramuan ini pada tangan dan kaki.
  • Resep lain yatu, giling kulit jeruk kering menjadi bubuk. Campurkan satu sendok makan bubuk kulit tersebut dengan satu sendok makan yogurt polos, aduk sampai menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada kulit Anda dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bilas dengan air. Hal ini akan membantu meringankan bintik-bintik dan tanda lain di wajah Anda. Lakukan ini seminggu sekali atau dua kali, tapi tidak lebih dari itu.

Baca juga:

Perlu diketahui pada awal atau pertama kali penggunaan wajah anda akan terasa perih dan muncul kemerahan. Jika mengalami iritasi segera hubungi dokter.

  1. Buah alpukat

Buah ini mengandung glutamin dan lemak baik yang sangat baik untuk menghindari kulit kering dan kusam. Seperti yang diketahui glutamin pada alpukat mampu membantu melembabkan kulit wajah anda.

Selain itu kandungan vitamin A pada alpukat mampu mencerahkan kulit dari dalam serta mengangkat sel kulit mati.

Untuk menggunakan alpukat sebagai bahan alami memutihkan wajah, anda perlu menjadikannya pasta. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pisahkan daging alpukat dengan kulit dan bijinya
  • Jadikan daging alpukat sebagai masker pada wajah
  • Diamkan selama 25 menit lalu bilas dengan air dingin

Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Buah Tomat

Selain mengandung vitamin A, tomat juga dikenal memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk memicu produksi kolagen kulit, mengangkat sel kulit mati hingga meremajakan kulit.

Selain memutihkan wajah, tomat juga bisa membantu mengatasi jerawat di leher dan wajah jika digunakan sebagai masker secara teratur.

Berikut ini cara mengolah tomat menjadi obat pemutih wajah alami:

  • Belah tomat menjadi dua bagian
  • Olehskan potongan tomat bagian dalam pada seluruh permukaan kulit wajah.
  • Tunggu hingga 30 menit dan anda akan merasakan kesegarannya setelah dibilas dengan air bersih.

Lakukan perawatan di atas secara rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu. Wajah akan terlihat bersih, tidak kusam dan tampak lebih putih.

  1. Putih telur

Masker putih telur adalah ramuan pemutih wajah

Masker putih telur adalah ramuan pemutih wajah

Putih telur mengandung protein yang sangat tinggi sehingga dapat menjadi pelembab alami bagi kulit wajah. Selain dikonsumsi, putih telur juga bisa dijadikan masker wajah untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit baru. Cara ini banyak dilakukan oleh wanita di Korea dan Jepang.

Masker putih telur bermafaat meningkatkan sirkulasi darah pada wajah, merangsang otot-otot wajah, mengencangkan pori-pori wajah, meningkatkan kejelasan, tekstur, dan memutihkan kulit wajah secara alami .

Berikut ini beberapa teknik menggunakan putih telur untuk memutihkan wajah:

  • Gunakan telur bebek atau ayam kampung. Pisahkan antara putih dan kuning telurnya, lalu kocok putih telur hingga berbusa. Bisa ditambahkan dengan madu untuk memaksimalkan khasiatnya. Kemudian oleskan pada wajah seusai mandi setiap harinya, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.
  • Atau, bisa juga menggunakan tambahan minyak zaitun dan lemon. Siapkan 2 putih telur mentah, campur secara merata dengan 2 sdt jus lemon dan 2 sdm minyak zaitun. Simpan dalam lemari es selama sekitar 30 menit. Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh dengan bola kapas yang dibasahi campuran tadi. Biarkan sampai masker telur telah kering sepenuhnya lalu bilas dengan air dingin.

Jika anda bisa melakukannya dengan rutin maka wajah akan terlihat lebih putih alami dan terlihat cerah.

  1. Air beras

    Air beras untuk memutihkan kulit wajah

    Air beras untuk memutihkan kulit wajah

Percayakah anda bahwa air cucian beras yang sering kita buang mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Kandungan vitamin ini bisa membantu meremajakan kulit dan membuatnya tampak lebih halus dan bersinar.

Cara menggunakan air beras untuk memutihkan wajah yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan mangkuk dan isi dengan beras. Bilas beras lalu buang airnya untuk menghilangkan semua kotoran dan bahan kimia pada beras.
  • Tambahkan air beras selama 30 menit agar nutrisi dalam beras larut dalam air.
  • Ambil air beras dan gosokkan pada wajah Anda. Pijat lembut dengan jari-jari Anda dan lakukan selama sekitar 6 menit.
  • Cuci wajah Anda dengan air bersih. Ambil handuk lembut dan tepuk-tepuk pada kulit. Ini akan membuat kulit Anda segar dan bersih.
  1. Bengkoang

Bengkoang identik dengan warna putih dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuat krim pemutih wajah. Namun jika anda tidak ingin menggunakannya dalam bentuk krim atau produk jadi, anda bisa mengolahnya sendiri menjadi pemutih alami bagi wajah.

Cara memutihkan wajah dengan bengkoang cukup mudah yaitu dengan memarut buah ini lalu disaring dan diendapkan selama semalam. Pada pagi harinya, anda bisa mengambil endapan ini dan mengoleskan pada wajah. Setelah 30 menit bilas dengan air dingin dan rasakan kesegarannya.

  1. Pisang dan madu

Pisang juga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi dan bisa membantu memutihkan wajah secara alami. Penggunaan pisang sebagai masker wajah biasanya ditambahkan dengan madu sebagai pengangkat sel kulit mati.

Untuk menggunakannya anda bisa menjadikan pisang sebagai pasta lalu tambahkan madu dan aduk hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah dan tunggu hingga 30 menit, wajah anda akan terasa lebih keset dan bersih.

  1. Yoghurt

Masker wajah dari yogurt untuk memutihkan wajah

Masker wajah dari yogurt untuk memutihkan wajah

Pernahkan anda merasakan sel kulit mati lama mengelupas di wajah, sehingga kulit wajah terasa kusam, bernoda dan berwarna lebih gelap. Hal ini terjadi karena proses pengelupasan kulit mati berlangsung terlalu lama, cara mengatasinya yaitu menggunakan yogurt.

Yoghurt adalah salah satu jenis produk olahan susu dan memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Yogurt juga mengandung asam laktat yang memiliki sifat memutihkan wajah dan kulit.

Berikut ini cara mengolah yogurt menjadi obat pemutih wajah alami:

  1. Gosoklah dengan lembut yogurt ke wajah anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas wajah dengan air hangat. Lakukan sekali sehari selama beberapa minggu untuk melihat perubahan yang signifikan pada wajah anda.
  2. Atau, campurkan satu sendok makan yogurt segar dengan satu setengah sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian cuci dengan air. Lakukan setiap hari untuk memutihkan wajah secara alami.
  3. Anda juga dapat menambahkan sedikit lemon dan beberapa oatmeal pada yoghurt untuk membuat pasta dan menggunakannya sebagai masker wajah.

Tips Agar Wajah Tetap Putih dan Tidak Mudah Hitam (Kusam)

Meski dilahirkan berkulit putih, wajah bisa menjadi kusam dan terlihat gelap seiring dengan usia yang semakin bertambah. Penyebabnya adalah karena faktor lingkungan dan gaya hidup.

Ikuti beberapa tips di bawah ini agar wajah tetap cerah dan putih:

1. Banyak minum air putih 

Seperti yang kita selalu tahu, tapi selupa dilupakan, ada banyak manfaat kesehatan dari minum 1 liter air setiap hari diantaranya menyehatkan kulit, mengeluarkan kotoran dan membantu memutihkan wajah.




Air membersihkan tubuh dan menghilangkan racun dan limbah berbahaya akibat polusi. Air juga akan menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari wajah Anda.

2. Hindari sinar matahari langsung

Sinar matahari yang baik mengandung vitamin D hanya didapatkan pada pukul 07:00-09:00 pagi. Setelah waktu itu pemaparan matahari tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kulit akan terlihat kusam.

Paparan berlebih dari sinar matahari bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Selalu gunakan pakaian yang mencakup semua kulit Anda atau gunakan pelembab anti ultra violet.

3. Rajin membersihkan wajah

Jika ingin kulit putih maka terapkan salah satu obat tradisional di atas untuk membersihkan wajah secara teratur. Memutihkan wajah tidaklah sulit asalkan kita mau disiplin merawat wajah.

Baca juga:

Berbagai cara untuk memutihkan wajah dengan cepat seperti dituliskan di atas tentunya sangat membantu anda mendapatkan wajah putih bersih dan sehat tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Namun ingat, selain menggunakan masker dari bahan alami di atas, anda juga wajib menerapkan pola hidup sehat seperti memenuhi kebutuhan air, mencuci muka secara teratur, olah raga secara rutin dan mengkonsumsi makanan sehat.

Komentar dan Tanggapan

  1. syarifah April 25, 2016

Tulis Komentar