12 Cara Mencegah Penyakit Asma Kambuh

Mencegah Asma kambuh berarti melakukan tindakan untuk mencegah munculnya kembali gejala-gejala tidak mengenakkan di kemudian hari. Salah satu caranya adalah dengan menghindari faktor-faktor pemicu sekaligus mengonsumsi obat yang diresepkan dokter.




Asma adalah adalah gangguan pernafasan yang diakibatkan menyempitnya saluran udara dalam tenggorokan, sehingga mengakibatkan pembengkakan dan menghasilkan lendir tambahan. Kondisi ini menyebabkan penderitanya sulit bernapas, memicu batuk, mengi dan sesak napas.

Penyakit asma bisa menyerang semua umur, namun yang terbanyak adalah anak-anak dan orang dewasa muda. Langkah pencegahan asma pada anak perlu lebih diwaspadai dengan memperhatikan lebih seksama apa-apa saja faktor pemicunya.

Pemicu penyakit asma bisa ditimbulkan oleh alergi, yang berawal dari udara yang tidak bersih, debu rumah, sari bunga atau bulu binatang. Asma juga dapat timbulkan karena faktor keturunan—faktor yang sangat dominan. Mencegah asma dilakukan dengan menghindari pemicu tersebut.

Sebagian orang beranggapan, asma hanyalah gangguan kesehatan sepele saja, namun bagi sebagian lainnya menganggap bahwa hal tersebut merupakan masalah besar, yang bisa menghambat aktivitas keseharian, bahkan bisa mengancam jiwa.

Berdasarkan klasifikasinya, penyakit asma terbagi empat kategori, yakni: intermiten, persisten ringan, sedang dan juga persisten berat. Penderita asma persisten ringan, sedang maupun berat umumnya akan membutuhkan bantuan medis.

Penanganan medis, yang diberikan dokter adalah berupa pengobatan dalam jangka waktu yang panjang, namun pengobatan tidak ditujukan untuk menyembuhkan atau menghilangkan penyakit asma yang diderita oleh pasien.




Penyakit asma tidak bisa disembuhkan, yang bisa dilakukan oleh obat-obatan tersebut adalah mencegah gejala asma kambuh, atau mengurangi dampak dari gejala tersebut.

Seorang pakar kesehatan mengatakan, peradangan merupakan penyebab dari segala sesuatu yang kita lihat pada penyakit asma. Dengan mengontrol akar peradangan, maka dampak dari gejala asma yang dirasakan oleh si penderita akan dapat dikendalikan.

Oleh sebab itu, penting untuk diperhatikan, menangani dan mencegah asma bukan hanya dianjurkan untuk para penderita yang telah menderita asma akut, juga untuk penderita gejala asma ringan.

Baca juga: 14 Obat Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Paru-Paru Secara Alami

Cara Mencegah Asma Agar Tak Kambuh

Penyakit asma tidak dapat dicegah, yang bisa dilakukan penderita adalah aktif mengontrol dan mencegah gejalanya timbul. Berikut ini beberapa cara mencegah agar asma tidak kambuh lagi.

  1. Dimulai sejak bangun di pagi hari

Bersihkan tempat tidur Anda dan peralatan yang Anda pergunakan seperti selimut, bantal, kasur dan lain sebagainya. Terutama sprei yang umumnya seringkali dijadikan media tempat bersarangnya tungau, penyebab asma kambuh.

Ada baiknya penderita asma menggunakan bantal, guling dan perlengkapan tidur anti alergi. Rutinkan pula mengganti dan mencuci perlengkapan tidur, minimal sekali seminggu. Ini dimaksudkan untuk  mengurangi kelembapan dan risiko jamur berkembang biak.

  1. Ganti produk pembersih yang mengandung bahan kimia

Gas yang berasal dari pembersih rumah tangga seperti pembersih kaca yang disemprotkan dapat memicu timbulnya asma. Oleh sebab itu, para penderita asma harus berusaha menghindari menghirup gas sejenis itu, untuk mencegah asma yang diderita kambuh lagi. Gunakan produk pembersih bebas bahan kimia dan ramah lingkungan.

  1. Bersihkan rumah secara rutin

Membersihkan rumah secara rutin agar bebas debu dan kotoran adalah salah satu kiat agar asma tak kambuh. Gunakan pengisap debu yang memiliki penyaring untuk partikel-partikel kecil. Jangan melakukan pekerjaan yang justru akan menambah penumpukan debu di rumah—seperti menggergaji perabotan kayu.

Cara mencegah asma kambuh

Cara mencegah asma kambuh

  1. Stop rokok!

Berhenti merokok dan hindari asap rokok jika Anda ingin mencegah asma kambuh lagi di kemudian hari. Asap rokok adalah musuh bagi para penderita asma yang wajib dihindari. Memang sulit menghindari paparan asap rokok, apalagi saat ini begitu banyak perokok di mana-mana.

Jadikan lingkungan Anda bebas rokok, dan sebaiknya hindari para perokok dan beri mereka pengertian dan meminta toleransi, bila ada yang merokok di dekat Anda.

Bahkan penderita wajib menghindari paparan asap rokok yang ada di pakaian, furnitur atau tirai karena tetap dapat memicu serangan asma.

  1. Gunakan penyejuk udara (AC)

Hindarilah berada dalam ruangan lembab atau ruangan yang sangat panar, Gunakan AC dalam kamar anda, AC bisa membantu mengurangi partikel debu dan serbuk sari yang terbawa udara dari pohon, rumput, dan rumput liar yang masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, ruangan ber-AC dapat mengurangi kelembaban sehingga paparan dust mite dapat diminimalisir. Bagi penderita asma yang tak memiliki AC, sebaiknya memasang filter debu pada jendela atau buka jendela seperlunya saja.

  1. Olahraga teratur

Dulu, penderita asma mungkin akan dilarang berolahraga oleh dokter, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan asmanya kambuh. Namun, kini kebanyakan dokter berpendapat sebaliknya. Justru, dengan berolahraga yang teratur dan direncanakan dengan baik, sangat bermanfaat mencegah kambuhnya asma.

Terutama untuk penyakit asma ringan/sedang. Tetapi,  olahraga berat, seperti lari marathon, balap sepeda dan triatlon tidak disarankan untuk penderita asma, karena berisiko memicu kambuhnya asma.

Lakukan olahraga dalam ruangan untuk menghindari pemicu asma yang mungkin saja muncul saat berolahraga di luar. Jangan berolahraga saat cuaca dingin ataupun saat panas.

  1. Kurangi stres

Salah satu cara mencegah asma kambuh adalah dengan menjaga tingkat stres. Stres dan kecemasan akan memperburuk gejala asma yang sedang dialami. Karena itu ambillah langkah-langkah untuk menghilangkan stres dalam hidup Anda. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai dan melakukan relaksasi.

  1. Selalu Siaga

Gejala asma bisa kambuh kapan saja dan dimana saja. Untuk itulah, siapkan selalu obat-obatan pereda asma dalam tas dan bawa ke manapun Anda pergi. Ini untuk mengantisipasi jika serangan asma kambuh mendadak.




Pastikan orang di sekitar Anda tahu Anda menderita asma. Jadi sangat penting bagi anggota keluarga, teman, rekan kerja, guru, dan orang dekat mengetahui gejala serangan asma – dan tentu saja tahu apa yang harus dilakukan jika serangan asma muncul.

  1. Tetap konsumsi obat yang diresepkan dokter

Obat yang diresepkan dokter pada dasarnya bertujuan untuk mencegah asma dan gejalanya kambuh lagi. Beberapa pasien berhenti minum obat karena merasa asma yang dideritanya telah membaik. Jangan lakukan itu sebelum Anda konsultasi dengan dokter.

Saat konsultasi bawalah semua obat Anda, jadi dokter dapat memeriksa apakah Anda telah menggunakan obat tersebut dengan benar, atau kemungkinan meresepkan obat yang lain.

  1. Pantau pernapasan Anda

Setelah mengalami asma beberapa kali, Anda mungkin sudah mengenali tanda-tanda sebelum serangan datang kembali seperti batuk ringan, mengi atau sesak napas. Pelajari dan catat tanda-tanda tersebut agar Anda bisa bersiap lebih awal saat tahu asma akan kambuh.

  1. Hindari segala pemicu pilek untuk mencegah Asma

Tetap pertahankan kondisi tubuh agar tetap sehat dan hindari berdekatan dengan orang yang sedang menderita flu dan pilek. Karena flu memicu asma kambuh kembali. Cuci tangan Anda sampai bersih setelah menyentuh barang yang mungkin pernah disentuh oleh orang lain yang mengalami infeksi pernapasan.

  1. Lakukan vaksinasi influenza dan pneumonia

Flu dan pneumonia (paru basah) dapat memicu asma kambuh, karena itu dapatkan vaksinasi untuk mencegahnya. Vaksinasi flu akan membantu penderita mencegah asma kambuh, terutama jika sedang berada di daerah yang rawan dengan penyakit tersebut.

Singkatnya adalah, jika Anda menderita penyakit asma, maka Anda perlu melakukan langkah-langkah untuk menghindari sebisa mungkin apa-apa saja yang dapat memicu asma Anda kambuh.

Terkadang terdapat beberapa pemicu asma yang tidak Anda sadari, karena itu buatlah buku harian kesehatan untuk mencatat secara rinci apa-apa saja yang Anda lakukan sebelum serangan asma kambuh. Buku harian ini sangat baik untuk membantu Anda mengidentifikasi penyebab Asma yang belum jelas.

Untuk mengurangi gejala tidak mengenakkan jika asma kambuh, Anda bisa menggunakan obat tradisional asma seperti madu, lemon, dan kunyit. Tentu saja obat dari dokter tetap harus Anda konsumsi secara rutin.

Demikian informasi singkat beberapa cara mencegah asma kambuh lagi, semoga bermanfaat.

* Sumber: http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/asthma/basics/prevention/con-20026992 

Leave a Reply