Cara Mencegah Penyakit Diabetes Melitus Secara Alami

Tahap mencegah diabetes melitus sebaiknya dimulai sejak dini, yaitu ketika belum ada gejala gula darah tinggi yang muncul. Hal ini terutama kepada mereka yang memiliki gen diabetes (keturunan) dalam dirinya dan kepada mereka yang selama ini menjalani gaya hidup dan pola makan tidak sehat.

Seseorang didiagnosis mengidap diabetes melitus jika memiliki terlalu banyak glukosa (kadar gula) dalam darahnya. Hal ini terjadi karena pankreas tidak lagi dapat menghasilkan cukup insulin atau bahkan telah rusak sama sekali.




Jika Anda divonis diabetes, itu berarti Anda memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah Anda, dan terlalu banyak glukosa dalam darah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kadar gula darah normal adalah 70-200 mg/dl. Orang yang memiliki kadar gula lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai tersebut disebut menderita diabetes melitus atau penyakit kencing manis.

Penyakit kencing manis tidak dapat disembuhkan, oleh sebab itu setiap orang yang memiliki risiko tinggi perlu mencegah diabetes sejak dini agar dapat terhindar dari berbagai penyakit komplikasi diabetes.

Cara Mencegah Diabetes Tipe 2

Pada dasarnya glukosa sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Namun, bila kadar gula dalam darah meningkat tak terkontrol, justru bisa berakibat buruk pada tubuh.

Dan, seperti kondisi kesehatan lainnya, mengetahui cara mencegah diabetes lebih berharga ketimbang mengobati. Apalagi jika seseorang memiliki faktor risiko diabetes seperti karena keturunan, akan memperbesar peluang menderita penyakit ini.




Ada 3 tipe diabetes melitus, yaitu tipe 1, 2 dan gestasional. Diabetes tipe 1 tidak bisa dicegah karena merupakan kelainan genetik yang sudah ada sejak lahir.

Beda halnya dengan diabetes tipe 2 yang sangat memungkinkan dicegah sejak dini karena umumnya penyakit tipe ini disebabkan pola makan dan pola hidup tidak sehat.

Diabetes, bisa menjadi sangat serius bila tidak dicegah sejak dini. Ada banyak orang yang memiliki pola hidup tak sehat, bahkan tak pernah berolahraga. Ini memperbesar peluang seseorang terkena penyakit diabetes.

Jadi, sebelum hal itu terjadi pada anda dan keluarga, ada baiknya anda mengetahui cara-cara efektif mencegah diabetes.

Cara mengatasi dan mencegah diabetes

Cara mengatasi dan mencegah diabetes

Berikut ini, cara-cara sederhana untuk mencegah diabetes:

1. Rajin berolahraga

Aktif bergerak bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah, sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin. Sebaliknya, jarang melakukan aktivitas fisik, akan memicu meningkatnya kadar gula dalam darah.

Jadi, penting bagi anda untuk membuat tubuh selalu bergerak. Meski itu hanya aktivitas kecil, seperti berjalan kaki. Jangan salah meski hanya berjalan kaki manfaatnya sangat bagus.

Sebuah penelitian menunjukkan seseorang yang berjalan kaki setiap hari akan menurunkan resiko untuk terkena diabetes hingga 30%, jalan kaki setiap hari dapat mencegah diabetes melitus di usia muda.

2. Berhenti Merokok

Perokok aktif memiliki risiko dua kali lebih besar menderita diabetes dibandingkan bukan perokok. Rokok meninggalkan nikotin dalam saluran pernafasan, kemudian akan diambil oleh darah.

Selanjutnya, kandungan nikotin dalam darah akan merusak sistem insulin pada pankreas, yang menyebabkan risiko terkena diabetes akan semakin meningkat.

Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya berhentilah mulai sekarang. Merokok, bukan hanya memicu diabetes, juga akan menimbulkan ratusan penyakit mematikan lainnya.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Kurangi jumlah lemak dalam diet Anda, terutama lemak jenuh dan lemak trans. Anda juga dapat mencegah diabetes tipe 2 dengan makan lebih banyak buah, sayuran dan makanan berserat tinggi serta mengurangi asupan garam.

Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana lebih mudah diubah menjadi glukosa di dalam tubuh kita. Akibatnya, mengkonsumsi jenis-jenis makanan tersebut bisa meningkatkan glukosa dalam darah secara drastis.

Nasi, roti tawar dan kentang merupakan makanan yang kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Namun, jenis makanan tersebut akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Cobalah mengonsumsi gandum dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian anda.

Makanan yang berasal dari gandum utuh seperti oatmeal, sereal, dan roti gandum sangat baik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Alasannya, sebab jenis makanan tersebut mengandung jenis karbohidrat kompleks yang sulit untuk diubah menjadi glukosa.

Selain itu, jenis-jenis makanan tersebut akan mengenyangkan lebih lama. Ini bermanfaat untuk mencegah mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Sedangkan, bila mengkonsumsi biji-bijian, bisa menurunkan risiko terkena penyakit hingga 30%.

Selain itu, sayur dan buah juga termasuk makanan yang aman untuk penderita diabetes melitus. Selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mengkonsumsi sayur dan buah juga akan melancarkan aliran darah, sehingga mencegah kerusakan pembuluh darah. Makanan sehat dapat mencegah diabetes keturunan asalkan dilakukan secara konsisten.

4. Tidur yang Cukup

Salah satu penyebab meningkatnya angka penderita diabetes saat ini adalah gaya hidup yang kurang sehat seperti tidur yang kurang dari lima jam semalam. Tuntutan pekerjaan, gadget, dan kemacetan adalah beberapa penyebab manusia modern kurang tidur.

Padahal, kurang tidur akan membuat kita malas beraktivitas di siang hari, merasa kelelahan, kurang bisa berkonsentrasi, merangsang rasa lapar sehingga menyebabkan kita ingin mengkonsumsi makanan lebih banyak sehingga bisa menyebabkan obesitas.

Kurang tidur akan menyebabkan proses metabolisme tubuh terganggu. Akibatnya, kadar gula darah akan mengalami peningkatan dan peluang terkena diabetes semakin tinggi.

Untuk itu, memenuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat sangat penting. Tidur dengan durasi cukup dan berkualitas salah satu cara untuk mencegah diabetes.

5. Hindari Stres

Tekanan hidup yang semakin tinggi adalah pemicu stres. Sepintas, stres terlihat sederhana, tapi bisa berakibat serius, bahkan dalam kondisi tertentu bisa berujung pada kematian.

Stres juga bisa meningkatkan sejenis hormon di dalam tubuh yang akan menaikkan kadar glukosa darah. Oleh sebab itu upayakan untuk menghindari stres dalam bentuk apapun.

Bila tak bisa menghindarinya, cobalah mengelola stres itu dengan baik, misalnya, dengan refreshing di sela-sela aktivitas.

6. Berhenti Minum Alkohol

Salah satu cara mencegah agar tidak terkena penyakit diabetes akibat gaya hidup adalah dengan berhenti minum alkohol. Selain menyebabkan diabetes, minuman beralkohol juga adalah pemicu penyakit lain seperti stroke, jantung, kanker dan lainnya.

Jantung yang rusak karena alkohol berpotensi mengacaukan kemampuan tubuh menghasilkan insulin. Itulah mengapa, mengkonsumsi alkohol bisa menjadi salah satu penyebab meningkatnya potensi terkena diabetes.

7. Kurangi Berat Badan 

Kelebihan lemak tubuh, terutama lemak yang berada di sekitar perut dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap hormon insulin dimana hal ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian pernah pada 400.000 orang dan diketahui mereka yang memiliki perut buncit memiliki gula darah yang tinggi. Hal ini menyebabkan mereka memiliki risiko yang tinggi mengidap diabetes melitus tipe 2.

8. Batasi Junk Food dan Beralih ke Raw Food

Salah satu cara mencegah diabetes melitus adalah dengan membatasi konsumsi segala jenis junk food. Junk food sama sekali tidak memiliki nilai gizi untuk memenuhi kebutuhan harian anda. Makanan ini pada umumnya mengandung garam, lemak dan kalori yang sangat tinggi.

Yang terbaik adalah memasak sendiri makanan anda atau jika memungkinkan beralihlah ke raw food atau konsumsi makanan segar tanpa dimasak.

9. Hindari Soft Drink dan Segala Jenis Minuman Manis

Jika anda memiliki risiko diabetes maka anda wajib menghindari segala jenis minuman soda. Minuman jenis ini mengandung pemanis buatan yang memiliki kadar glikemik tinggi yang dapat merusak hati.

Anda juga perlu membatasi penggunaan gula dalam minuman harian seperti kopi dan teh. Sebab pemanis buatan meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

10. Batasi Daging Merah dan Hindari Daging Olahan

Batasi konsumsi daging merah dan sebagai gantinya makanlah ikan dan sesekali daging dari unggas. Begitu pula daging olahan sebaiknya dihindari karena sudah tidak segar dan biasanya mengandung bahan kimia pengawet.

Obat Pencegah Diabetes

Cara mencegah diabetes melitus tipe 2

Cara mencegah diabetes melitus tipe 2

Sebuah penelitian menyebut bahwa orang-orang yang memiliki risiko tinggi mengembangkan diabetes tipe 2 dapat mengonsumsi obat untuk mencegah diabates melitus.




Obat yang dimaksud adalah pioglitazone yang mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 72 persen pada pasien prediabetes.

Prediabetes adalah sebuah kondisi dimana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi tapi tidak cukup tinggi untuk disebut memiliki diabetes.

Menurut American Diabetes Association, orang dengan kondisi ini berisiko mengidap diabetes, stroke dan serangan jantung di kemudian hari jika tidak ada tindakan pencegahan dini yang dilakukan.

Seperti sudah dijelaskan di atas, diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak merespon insulin. Padahal insulin diperlukan untuk mengubah gula menjadi energi.

Obat Pioglitazone membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Anda perlu konsultasi ke dokter untuk mendapatkan obat ini atau kemungkinan mendapatkan obat pencegah diabetes lainnya.

Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi beberapa obat alami diabetes melitus seperti daun sirsak, kulit manggis, dan mengkudu untuk mencegah diabetes tipe 2 sejak dini.

Kesimpulan

Diabetes adalah sebuah kondisi yang mempengaruhi banyak orang yang berusia di atas 40 tahun. Selain melakukan tindakan pencegahan diabetes anda perlu juga memeriksakan diri ke dokter secara teratur terutama jika anda memiliki risiko yang tinggi.

Penyakit diabetes bisa diderita oleh siapapun tanpa memandang usia. Melakukan tindakan pencegahan sejak dini adalah metode paling efektif menghindari penyakit ini.

Faktor gaya hidup dan pola makan tidak sehat adalah penyebab utama diabetes. Sehingga cara terbaik untuk mencegah diabetes adalah dengan menjalani gaya hidup sehat, mempertahankan badan tetap langsing dan selalu aktif bergerak.

Tulis Komentar