6 Cara Mudah Mencegah Jerawat Tumbuh Lagi di Wajah

Jerawat adalah gangguan kulit yang meski tidak berbahaya sangat tidak disukai semua orang. Berbagai macam cara dilakukan untuk mencegah jerawat tumbuh di wajah dan aneka rupa obat kulit mungkin sudah diuji coba di wajah demi mendapakan wajah yang bebas dari jerawat.




Saat jerawat hilang hati jadi senang dan bahagia. Waktu dan uang yang dihabiskan untuk melakukan perawatan wajah dirasa sudah terbayar lunas. Kepercayaan diri pun meningkat otomatis.

Tapi setelah beberapa hari atau minggu, jerawat itu datang lagi. Hati kembali gundah dan muncul kekecewaan terhadap obat jerawat yang digunakan. Anda pun berpikir menggunakan produk lain.

Bagi sebagian orang jerawat yang muncul kembali setelah diobati dapat menimbulkan rasa galau dan malu. Untuk itu melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara mencegah jerawat tumbuh kembali.

Bagaimana Mencegah Jerawat Tumbuh Kembali

Anda bisa menggunakan obat jerawat alami untuk menyembuhkan jerawat membandel di wajah. Tapi untuk mencegah jerawat muncul kembali setelah diobati adalah hal yang berbeda.

Anda perlu melakukan perawatan rutin untuk membersihkan wajah dari kotoran yang dapat menyumbat di pori-pori, sekaligus menghindari makanan tertentu yang dapat merangsang pembentukan jerawat di wajah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa tips cara mencegah jerawat tumbuh kembali di wajah:




1. Menjaga Kebersihan Wajah

Terlepas dari apakah kamu memiliki wajah yang berjerawat atau tidak, menjaga kebersihan wajah sudah menjadi sebuah keharusan.

Mungkin karena kamu merasa bahwa wajahmu sudah terbebas dari jerawat, maka kebiasaan ini sudah tidak terlalu diperhatikan lagi.

Cucilah wajah sebanyak 2 kali sehari agar kandungan minyak dan sel-sel kulit mati yang ada pada wajah bisa terangkat. Terutama untuk wanita yang sering menggunakan make up wajib membersihkan wajah setiap malam.

Untuk lebih maksimal, kamu bisa menggunakan sabun pembersih khusus untuk wajah dan juga air hangat. Penggunaan air hangat ini bisa membantu untuk membuka pori-pori pada wajah sehingga kotoran yang terperangkap di dalamnya bisa dikeluarkan.

Selain itu, jangan menggosok wajahmu dengan kain yang kasar, cukup dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk yang lembut.

Cara mudah mencegah jerawat tumbuh

Cara mudah mencegah jerawat tumbuh

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit wajah yang kering merupakan tempat yang sangat baik bagi pertumbuhan jerawat. Apalagi banyak produk-produk kecantikan yang bisa membuat kulit wajah kita lebih cepat kering. Untuk itu, gunakanlah pelembab wajah agar kulit kamu bisa terhindar dari kondisi kering.

Sebaiknya perhatikan label dari produk yang kamu gunakan, dan usahakan agar produk tersebut bersifat noncomedogenic. Pastikan pula untuk menyesuaikan produk pelembap tersebut dengan kondisi wajahmu, apakah kering, berminyak, atau berjenis kombinasi.

3. Batasi Penggunaan Make-Up

Jika memang tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya batasilah penggunaan make up. Hal ini dikarenakan polesan make up yang terlalu tebal akan menyumbat pori-pori sehingga bisa memicu munculnya jerawat ini kembali.

Setelah menyelesaikan aktivitas, segera bersihkan make up tersebut dan jangan membiarkannya dalam waktu lama, apalagi sampai membawanya tidur semalaman.

Bagaimanapun juga, kulit wajah kita membutuhkan waktu untuk bernapas agar bisa melakukan proses regenerasi.

4. Menjaga Kebersihan Rambut

Cara mencegah jerawat tumbuh lagi selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan rambut. Mengapa demikian? Karena rambut merupakan bagian yang sangat dekat dengan wajah, sehingga berpotensi untuk memindahkan kotoran ke wajah yang kemudian akan memicu pertumbuhan jerawat.

Selain itu, hindari penggunaan minyak, gel, ataupun pewangi rambut. Produk seperti ini memiliki kandungan bahan-bahan kimia yang apa bila terjatuh pada wajah, berpotensi menyumbat pori-pori bahkan menyebabkan irirtasi kulit.




Untuk menjaga kebersihan rambut, pastikan agar kamu menggunakan shampo dan kondisioner yang sesuai dengan kondisi rambutmu.

Bagi kamu yang memiliki rambut berminyak, maka lebih seringlah mencuci rambut karena kandungan minyak pada rambut sangat mudah dipindahkan ke wajah. Sementara untuk kamu yang memiliki rambut panjang, ikatlah secara rapi ke belakang.

5. Menjaga Asupan Makanan

Meskipun wajahmu sudah bersih dari jerawat, namun potensi dari kemunculan jerawat itu kembali sangatlah besar jika pola makanmu tidak dijaga. Sebaiknya hindarilah makanan penyebab jerawat seperti kacang, cokelat, makanan pedas, minuman bersoda, dan gorengan.

Kamu bisa menggantinya dengan makanan yang sehat seperti sayur dan buah. Mungkin kamu akan merasa kesulitan dalam mengubah pola makan ini, namun untuk wajah yang terbebas dari jerawat, sepertinya bukanlah hal yang berat.

6. Produk Perawatan Wajah

Perhatikan produk perawatan wajah yang kamu gunakan seperti sabun pembersih, bedak, pelembap, dan sejenisnya karena bisa jadi inilah penyebab sehingga jerawat kamu tumbuh kembali.

Usahakan agar kamu menggunakan produk yang memang ditujukan untuk wajah yang sensitif atau berjerawat, serta pastikan untuk tidak terlalu sering bergonta-ganti produk.

Kunci utama supaya wajah kita tidak kembali ditumbuhi oleh jerawat adalah dengan memperbaiki pola hidup serta cara kita dalam memperlakukan wajah itu sendiri. Jika pola hidup tidak terjaga, maka perawatan apapun yang dilakukan tidak akan pernah bisa mengatasi masalah jerawat tersebut.

Anda bisa menyembuhkan jerawat membandel menggunakan vitamin A. Tapi untuk mencegah komedo tumbuh kembali setelah diobati, anda perlu melakukan beberapa hal sepert dijelaskan d atas.

Demikian beberapa cara mencegah jerawat tumbuh lagi yang sekiranya bisa menjaga wajah kamu agar senantiasa bersih dan terbebas dari makhluk kecil dan menjengkelkan ini. Selamat mencoba.

Leave a Reply