10 Cara Mencegah Penyakit Paru-Paru

Mencegah penyakit paru-paru sejak dini adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan semua orang. Sakit paru-paru merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Setidaknya, setiap tahun, ada sekitar 1,6 juta orang yang kehilangan nyawa akibat penyakit ini.

Ada berbagai faktor yang membuat seseorang bisa terserang penyakit paru-paru. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mencegah penyakit paru-paru akut dan kronis sedari dini.




Orang yang banyak merokok memiliki risiko tinggi terkena penyakit paru-paru. Namun, tidak hanya perokok aktif, perokok pasif atau mereka yang ikut menghirup asap rokok pun berisiko mengidap penyakit mematikan ini.

Setiap tahunnya, setidaknya terdapat 3000 laki-laki dewasa meninggal dunia karena penyakit paru-paru walaupun mereka bukan seorang perokok aktif.

Penyebab lain penyakit paru-paru adalah kualitas udara yang buruk, terjangkit virus, faktor genetika, dan racun. Apapun penyebabnya, terdapat beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit ini.

Tips Mencegah Penyakit Paru-Paru Akut dan Kronis

Jaga kesehatan paru-paru Anda, dan organ tersebut akan tetap sehat seumur hidup anda. Perlakukan paru-paru Anda dengan buruk dan Anda berisiko terkena penyakit paru-paru satu saat dalam kehidupan anda.

Menurut Daily Mail, “Ada lebih dari tiga puluh jenis penyakit paru-paru mulai dari tuberkulosis, asma, fibrosis kistik dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) hingga kanker paru-paru dan pneumonia.”




Berikut beberapa cara untuk mencegah penyakit paru-paru agar tidak menjangkiti Anda, keluarga, dan orang-orang di sekitar:

  1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Jika Anda bukan perokok, maka jangan pernah memulainya. Sebab sekali anda mencoba maka sangat sulit untuk berhenti. Anda juga perlu menghindar dari asap rokok yang kemungkinan anda hirup di rumah atau di kantor.

Bagi pecandu rokok, berusahalah untuk berhenti sekarang juga, karena zat yang terkandung pada rokok mampu meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru.

Berhenti merokok adalah perlindungan terbaik yang bisa Anda berikan pada paru-paru Anda, sekaligus mencegah munculnya penyakit paru-paru di kemudian hari.

Tidak hanya berdampak buruk bagi Anda, Asap rokok yang Anda embuskan juga bisa mempengaruhi orang-orang di sekitar sehingga mereka pun berisiko terkena penyakit di organ pernafasan ini.

  1. Menjaga kebersihan tangan

Benda-benda di sekitar —yang terpapar virus saat penderita bersin atau batuk—juga bisa menjadi perantara yang menyebabkan penyakit paru-paru. Terlebih di tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi banyak orang, seperti pasar atau rumah sakit.

Misalnya, ketika seseorang yang menderita penyakit paru-paru bersin atau batuk dan menutupnya dengan tangan, virus yang ikut tersembur ke luar tentunya akan ikut menempel di tangannya.

Jika tanpa mengelap atau mencuci tangan, lalu orang tersebut memegang objek di tempat umum dan Anda tanpa sengaja ikut memegang atau menyentuh objek tersebut, maka bakteri atau kuman bisa jadi akan ikut terbawa atau menempel di tubuh anda.

Tangan menjadi perantara paling efektif untuk menularkan kuman dari benda ke tubuh. Kuman yang masuk dapat menginfeksi tubuh, terutama menginfeksi paru-paru.

Untuk itu, salah satu cara mencegah penyakit paru-paru adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun untuk menghindari perpindahan kuman.

  1. Menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin

Jika Anda terkena pneunomia, sebaiknya tutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin. Cara ini cukup efektif untuk mencegah penyakit paru-paru yang diidap menular ke orang lain.

Gunakan tisu untuk menampung kuman tersebut agar tidak langsung terkena tangan dan segeralah membuang tisu tersebut ke tempat sampah. Jika tidak ada tisu jangan gunakan kedua tangan saat bersin, alih-alih gunakanlah lengan anda untuk menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.

Dengan cara ini, Anda telah turut melindungi orang lain di sekitar anda agar terhindar dari penyakit paru-paru.

Cara mencegah penyakit paru-paru

Cara mencegah penyakit paru-paru

  1. Menjaga kondisi udara di lingkungan

Polusi udara juga menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya penyakit paru-paru. Untuk itu, ciptakan lingkungan yang bersih dengan mengontrol udara agar selalu bersih.

Salah satu cara sederhana adalah dengan menghindari membakar sampah atau menghindari kemacetan yang penuh dengan polusi dan gas sisa bahan bakar.

Sebaliknya, hiruplah udara segar di pagi hari untuk meningkatkan kesehatan dan memberi paru-paru oksigen yang masih bersih dan bebas dari polusi. Cara ini sangat ampuh dalam mencegah penyakit paru-paru tiba-tiba muncul suatu hari nanti.

  1. Kurangi paparan zat klorin

Mengurangi paparan zat klorin dapat membantu mencegah penyakit paru-paru seperti kanker paru di kemudian hari.

Klorin adalah zat disinfektan dan pemutih yang sangat kuat. Zat ini sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernafasan dan menyebabkan timbulnya penyakit Asma.

Selain masuk melalui pernafasan, klorin juga bisa masuk ke tubuh melalui penyerapan kulit saat sedang mandi uap atau mandi air hangat di shower.

Seperti kita tahu klorin banyak terdapat dalam air yang kita gunakan sehari-hari, bisa terdapat pada makanan, udara yang dihirup, kolam renang, dan air keran. Pada air keran, sebaiknya Anda menggunakan filter untuk menghindari zat tersebut.

  1. Menjaga pola makan

Salah satu cara mencegah penyakit paru-paru adalah dengan menjaga pola makan. Kurangi makan makanan yang menimbulkan lendir seperti cokelat atau berbagai macam olahan yang mengandung gula dan bahan-bahan kimia.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman dingin juga bisa menjadi salah satu penyebab gangguan pada paru-paru. Hindari juga berbagai makanan yang mengandung lemak jahat.

Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung mineral, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan berbagai jenis antioksidan.

Kandungan-kandungan nutrisi tersebut sangat efektif menangkal masuknya berbagai jenis penyakit—termasuk yang menyebabkan penyakit paru-paru. Vitamin C menjadi zat yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Kurangi stres

Hindari stres dan berbagai pikiran buruk lainnya untuk mencegah penyakit paru-paru dan penyakit lainnya. Berpikir positif dan hiduplah dengan bahagia karena kondisi tersebut bisa memicu produksi hormon endorphin dalam tubuh.

Hormone endorphin mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit akibat bakteri dan kuman.

Salah satu kiat mengurangi stres yang direkomendasikan banyak ahli adalah dengan latihan meditasi. Cara ini dianggap mampu membuat tubuh lebih rileks dan sehat.




  1. Lakukan olahraga

Salah satu cara mencegah penyakit paru-paru yang paling mudah adalah rajin berolahraga. Selain mudah dan murah, rajin olahraga dapat menyehatkan tubuh. Dengan berolahraga, sistem kekebalan tubuh Anda bisa semakin meningkat sehingga mampu menghindarkan tubuh dari berbagai infeksi kuman.

Beberapa jenis olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru seperti joging, aerobik dan berenang. Hasil yang maksimal akan lebih terasa jika olahraga dilakukan pada pagi hari saat udara masih segar-segarnya.

  1. Berhenti mengonsumsi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol terbukti membawa banyak keburukan bagi tubuh. Selain merusak berbagai organ, melemahkan daya tahan tubuh, minuman beralkohol juga membuat paru-paru lebih rentan terkena infeksi bakteri dan virus.

  1. Lakukan tes radon di rumah

Secara alami, alam mengeluarkan radiasi yang telah terbentuk sejak dulu kala, salah satunya adalah gas radon. Kadar radiasi radon kadang muncul secara berlebihan dalam sebuah lingkungan atau rumah.

Mintalah departemen kesehatan atau pihak yang menangani untuk melakukan tes radon di rumah. Gas ini bersifat karsinogen dan dapat menimbulkan penyakit kanker paru-paru.

Baca juga: 4 Makanan Ini Bersihkan Paru-Paru Dalam 72 Jam, Perokok Wajib Baca!

Mencegah tentu lebih baik dari mengobati. Sebelum Anda terkena penyakit paru-paru, sebaiknya lindungi diri Anda dan keluarga sedini mungkin. Dengan mencegah sakit paru-paru, kualitas hidup Anda dan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar akan semakin baik.

Jika saat ini anda terlanjur sakit paru-paru, anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan rajin minum obat. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi ramuan kunyit dan madu untuk mempercepat kesembuhan.

Lebih baik mencegah penyakit paru-paru dari sekarang dari pada mengobatinya. Anda bisa menyebarkan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda agar mereka juga terhindar dari penyakit mematikan ini. Saatnya hidup sehat mulai dari sekarang.

Tulis Komentar