Cara Mengatasi Jerawat di Leher

Tidak berbeda dengan jerawat yang ada pada wajah, jerawat di leher juga bisa menimbulkan rasa jengkel, tidak menyenangkan dan bahkan dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Cara mengatasi jerawat di leher pada dasarnya sama saja dengan penyembuhan jerawat di dada atau bagian tubuh yang lain seperti di wajah dan punggung.




Yang membedakan adalah penyebabnya. Jerawat di leher umumnya disebabkan karena keringat berlebih yang menyumbat pori-pori akhirnya timbullah kerawat. Terkadang dengan menghindari faktor-faktor penyebab, jerawat di leher bisa disembuhkan dengan mudah.

Jika jerawat yang tumbuh di dahi atau pipi masih bisa kita tutupi oleh rambut, tidak demikian dengan jerawat yang muncul di leher.

Meskipun beberapa orang dapat mengatasinya dengan menggunakan baju yang berleher tinggi, namun hal ini justru membuat kita merasa gerah dan bisa memperparah pertumbuhan jerawat itu sendiri karena pertambahan sebum.

Jadi mengatasi jerawat di leher sedikit lebih rumit tapi bukan berarti tidak bisa dihilangkan.

Sebelum membahas cara mengatasi jerawat di leher, kita perlu memahami dengan baik mengapa jerawat bisa tumbuh subur di leher.




Penyebab Jerawat di Leher

Berdasarkan penelitian para ahli, terdapat beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya:

  • Keringat atau kotoran yang menempel pada leher dan tidak langsung dibersihkan. Kotoran adalah penyebab jerawat tumbuh di leher dan akan bertambah banyak jika kotoran tersebut menghambat pori-pori.
  • Mengenakan baju yang memiliki kerah ketat sehingga keringat dan kotoran mudah bertumpuk pada area sekitar leher. Jika dibiarkan dalam waktu lama, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang kemudian menimbulkan jerawat.
  • Saat mencukur bulu di dagu dan leher, ada beberapa bagian rambut yang mungkin terjebak di dalam pori-pori leher dan kemudian tumbuh ke dalam.
  • Penggunaan pisau cukur yang tidak higienis juga bisa menyebabkan jerawat. Apalagi jika teknik mencukur ini menimbulkan luka.
  • Beberapa makanan dapat menyebabkan jerawat tumbuh subur di leher dan bagian tubuh lainnya seperti gula, susu, kafein, alkohol dan segala jenis gorengan.
  • Kontak dengan bahan-bahan kimia seperti PCB dan klorin saat berenang di kolam. Umumnya, kolam renang menggunakan kedua bahan kimia ini untuk mensterilkan air. Namun jika digunakan secara berlebihan, maka bisa menimbulkan masalah chloracne dan sangat sering terjadi pada bagian leher.
  • Pertumbuhan bakteri di bagian leher yang kemudian menimbulkan jerawat.

Cara paling ampuh mengatasi jerawat di leher tentunya adalah dengan menghilangkan sebisa mungkin segala faktor penyebabnya. Jika penyebab telah diatasi maka lambat laun jerawat semakin sulit tumbuh dan hasilnya leher akan bebas dari gangguan tersebut.

Bagaimana jika kebersihan telah dijaga dan anda telah meminimalisir segala faktor penyebab tapi jerawat di leher tidak kunjung hilang. Jika ini yang terjadi maka anda mungkin sudah saatnya mengonsumsi obat jerawat alami, atau obat homeopati.




Cara Mengatasi Jerawat di Leher

Cara mengatasi jerawat di leher

Cara mengatasi jerawat di leher

Ada banyak jenis jerawat dan teknik untuk mengatasinya berbeda-beda, tergantung penyebab dan faktor risikonya. Jerawat yang tumbuh pada bagian leher ataupun di punggung merupakan pertanda bahwa tubuh sedang mengalami ketidakseimbangan hormon. Jadi, masalah ini tidak semata-mata karena pori-pori kulit yang tersumbat, namun juga dari dalam tubuh.

Selain itu, tingkat stres yang tinggi juga bisa menjadi penyebab dari pembentukan jerawat ini. Kondisi stres maupun kelelahan akan mempengaruhi hormon internal tubuh dan meresponnya dalam bentuk jerawat.

Jadi, untuk menghilangkan jerawat di leher ini, ada baiknya anda lebih cenderung pada pengobatan yang holisitik seperti:

  1. Mengubah pola diet dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, tanaman hijau, organik dan makanan yang mengandung lemak esensial.
  2. Hentikan mengonsumsi gula halus serta tingkatkan aktivitas olahraga. Selain dapat membuat tubuh jadi bugar, hal ini juga bertujuan untuk memperbaiki warna kulit dan memberikan sedikit timbunan lemak.
  3. Jaga pola tidur, setidaknya 8-9 jam setiap hari.
  4. Pastikan agar tubuh mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap harinya. Menghangatkan tubuh dengan sinar matahari pagi akan membantu pemenuhan asupan vitamin D serta terhindar dari kanker kulit. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan level nitrat oksida dan melatonin di dalam tubuh yang kemudian bisa menurunkan tekanan darah.
  5. Hindari penggunaan obat dermatologis, krim topikal, dan antibiotik karena obat jerawat apotik ini hanya bersifat sementara dan bisa menimbulkan efek samping.

Pada dasarnya cara terbaik menghilangkan jerawat di leher adalah dengan melakukan langkah-langkah untuk mencegah jerawat timbul seperti rajin membersihkan wajah dan leher, mencuci rambut, asupan gizi yang seimbang dan tentunya rajin berolahraga.

Tapi jika meskipun usaha pencegahan telah dilakukan tapi jerawat tetap saja muncul di wajah atau di leher maka cara mengatasi jerawat di leher yang paling efektif adalah dengan melakukan metode alami dan holistik.

Mengatasi jerawat di leher

Mengatasi jerawat di leher

Berikut ini beberapa langkah dalam mengatasi jerawat di leher:

  • Bersihkan wajah hingga leher menggunakan sabun pembersih khusus (cleanser). Sangat baik jika anda menggunakan bahan alami seperti mentimun atau jeruk nipis karena kandungannya dapat mengeringkan jerawat dengan cepat.
  • Setelah itu gunakan sabun facial untuk jerawat yang dapat mengurangi minyak berlebih dan mencegah bakteri berkembang biak di leher.
  • Untuk mencegah jerawat muncul di leher gunakan masker jerawat seminggu sekali.
  • Bilas masker jerawat dengan air dingin kemudian lanjutkan dengan mengoles toner ke leher. Toner berfungsi untuk mengangkat sisa masker yang mungkin masih tersisa di pori-pori sekitar leher.
  • Kemudian pada jerawat yang telah tumbuh di leher, anda bisa menggunakan obat yang mengandung salicylic acid yang dapat mencegah infeksi akibat bakteri.

Jadi jika anda ingin terbebas dari masalah jerawat di leher, maka pertama-tama mulailah dengan menjaga kebersihan wajah dan leher, kemudian mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat dan menghindari faktor-faktor pemicu timbulnya jerawat di leher

Komentar dan Tanggapan

  1. Dell September 9, 2017

Tulis Komentar