Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Dan Bersisik

Kulit wajah merupakan bagian kulit yang memiliki tingkat sensivitas yang cukup tinggi. Misalnya, ada kulit yang mudah terserang kotoran, baik debu maupun bakteri lainnya. Ada kulit yang memang kekurangan nutrisi kemudian memiliki racun yang tidak dikeluarkan dengan segera. Padahal setiap orang dituntut untuk memiliki penampilan terbaik melalui wajahnya.

Macam kulit dapat dibagi ke dalam 3 bagian, antara lain kulit normal, kulit berminyak, dan kulit kering. Untuk kulit kering, biasanya juga disertai munculnya sisik yaitu noda-noda kasar yang terlihat mengganggu jika dipandang oleh orang. Biasanya kulit kering lebih mengganggu daripada seseorang yang memiliki kulit berminyak. Hal tersebut dikarenakan penampilan yang terlihat kusam dan tampak pucat pada orang yang memiliki kulit kering.

Penyebab utamanya muncul dari lingkungan sekitar. Misalnya orang yang menggunakan AC dalam jangka waktu yang cukup lama dan rutin hampir setiap hari. Selain itu juga kondisi kulit yang sangat sering dibersihkan, menyebabkan minyak baik pada wajah sedikit demi sedikit terkikis habis. Faktor lainnya adalah bekerja berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama tidak disertai dengan olahraga yang teratur.

Bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan seperti di atas, artikel ini akan memberikan solusi yang efektif tetapi efisien. Tujuannya tidak lain adalah agar menghemat pengeluaran dan merasakan sendiri manfaatnya. Berharap juga agar Anda dapat menghargai usaha sendiri sehingga meningkatkan keinginan untuk menjaga kulit wajah. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa tips di bawah ini.

Scrubbing

Kegiatan ini akan memberikan efek untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Biasanya proses scrubbing cukup memakan biaya yang mahal dan perlu rutin untuk kontrol hasil dan efek yang dirasakan. Akan tetapi, Anda bisa mencobanya dengan harga yang lebih murah, karena dapat mengambil dari bahan -bahan alami dan lebih awet dibandingkan dengan bahan yang telah dicampur oleh zat-zat kimia.

Anda bisa menggunakan bawang, tomat, atau sayuran dan bumbu masak lainnya untuk meningkatkan kelembaban kulit. Caranya adalah menumbuk dahulu bahan tersebut hingga halus, kemudian oleskan pada wajah Anda, termasuk bagian yang terlihat bersisik. Lakukan hal tersebut secara rutin, minimal setiap malam selama 2-3 minggu dengan durasi sekitar 20 menit.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Dan Bersisik

Banyak minum air mineral

Sejumlah riset menunjukkan minum air mineral secara teratur dapat menjaga metabolisme dalam tubuh dan memenuhi kekurangan air yang disalurkan ke seluruh tubuh. Pada kasus ini, wajah juga termasuk bagian yang sering dialiri air sehingga sangat berpengaruh terhadap jumlah air yang dikonsumsi dalam tubuh. Kurang minum air akan membuat kulit menjadi kering dan terlihat kusam.

Untuk mengatasinya, Anda wajib menyediakan setidaknya 8 gelas besar air mineral atau sekitar 2 liter dalam satu hari. Caranya dapat diminum 2 gelas sebanyak 4 kali maupun dengan cara lainnya yang menjawab kebutuhan dan kemampuan Anda. Hal ini juga sangat penting bila Anda merupakan orang yang bekerja di ruangan ber-AC atau memiliki kamar tidur AC. Setidaknya, Anda memerlukan konsumsi air mineral dalam jumlah yang lebih banyak.

Menggunakan masker wajah

Masker wajah adalah obat alami untuk mengatasi segala keluhan pada wajah. Pasalnya, selain menghilangkan jewarat, masker wajah juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit wajah. Sebab, masker wajah membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dari luar. Pakailah masker secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker wajah bisa dari sayuran atau buah-buahan. Contohnya adalah tomat dan jeruk nipis. Yang diperlukan di sini hanya air perasan saja. Caranya adalah mengoleskan air tersebut pada wajah Anda. Tunggu hingga 20 menit selama beberapa hari rutin. Setelah terasa cukup lengket dan kencang pada wajah, segeralah ambil air panas, dan bilas dengan handuk.

Menggunakan krim pagi dan juga krim malam

Krim pagi dan malam memiliki fungsi yang berbeda, jadi keduanya wajib digunakan untuk perawatan kulit yang kering. Keguanaan krim pagi adalah untuk membantu kulit tetap lembab dan terlindungi dari sinar matahari. Sedangkan krim malam membantu proses regenerasi kulit dan mengembalikan kecerahan kulit wajah.

Gunakan keduanya secara teratur, baik ketika pengobatan, maupun setelah kulit kembali normal. Hal ini disebabkan faktor dari luar yang terkadang bisa berubah secara mendadak bisa mengakibatkan kulit berpotensi menjadi kering kembali. Bila harga sebuah krim terbilang cukup mahal. Anda bisa menggantinya dengan body lotion.

Menggunakan minyak zaitun

Minyak yang satu ini memang memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Harga minyak zaitu juga tergolong murah dan mudah dicari di area pertokoan. Anda bisa menggunakannya secara langsung atau mencampurkan dengan bahan lainnya untuk menjaga kesegaran ketika menggunakan. Soal baunya jangan takut, minyak zaitun memiliki aroma yang sedap bahkan wangi sehingga tidak mengganggu penciuman Anda.

Bagi yang ingin menggunakan secara langsung, Anda dapat mengoleskan minyak zaitun layaknya masker. Lakukan hal tersebut di malam hari dan tidak berbahaya jika ditinggal tidur. Namun, bagi yang dingin membuatnya menjadi campuran, cukup memberikan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam campuran untuk masker, misalnya masker alpukat atau bengkoang.

Hindari pemakaian sabun yang memiliki kandungan parfum

Kandungan sabun yang memiliki parfum di dalamnya ternyata juga menjadi faktor yang kuat untuk membuat kulit menjadi kering. Penggunaan sabun dalam waktu lama akan memberikan efek iritasi pada kulit. Untuk mengatasinya, sangat dianjurkan mengganti sabun tersebut dengan sabun lainnya yang lebih sehat dan aman bagi kulit.

sumber

www.ciricantik.com/cara-merawat-kulit-kering-dan-bersisik-secara-alami/

Leave a Reply