Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang dan Mudah Patah

Memiliki rambut panjang adalah perjuangan tersendiri bagi wanita sebab rambut panjang berarti wajib menyisihkan lebih banyak waktu untuk merawatnya. Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh wanita dengan rambut panjang adalah rambut bercabang dan kusam.




Banyak wanita yang akhirnya menyerah dan memotong pendek rambutnya. Padahal mengatasi rambut bercabang, rambut rontok, patah ataupun kusam sangat mudah dilakukan asalkan anda tahu penyebabnya.

Penyebab Rambut Bercabang dan Sering Patah

Rambut bercabang dan patah adalah hal yang biasa muncul seiring dengan pertumbuhan rambut dari waktu ke waktu, karena itu merawat rambut adalah hal yang penting agar mahkota tersebut menjadi lebih halus dan lembut.

Minyak pada rambut yang diproduksi oleh kelenjar minyak di bawah kulit kepala kadang tidak sampai ke ujung rambut menyebabkan ujung rambut jadi kering dan rapuh jika dibandingkan dengan bagian akarnya.

Baca juga: Alami Rambut Rontok? 3 Obat Tradisional Ini Dapat Melebatkan Rambut Secara Alami

Berikut ini beberapa penyebab rambut bercabang dan mudah patah:

  1. Menggunakan pewarna rambut
  2. Menggunakan jenis shampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut
  3. Gesekan berlebih sisir terhadap rambut
  4. Terlalu sering menggunakan hair dryer
  5. Asupan nutrisi yang kurang

Sebenarnya ada cara paling praktis untuk mengatasi masalah rambut bercabang dan patah-patah, yaitu dengan memotong rambut jadi pendek.




Tentu saja cara ini tidak bisa dilakukan jika anda ingin memiliki rambut panjang tapi jika anda tidak bisa mengatasi masalah rambut yang bercabang tersebut dengan benar maka cepat atau lambat anda tetap harus memotongnya.

Cara mengatasi rambut bercabang dan patah

Cara mengatasi rambut bercabang dan patah

Cara Mengatasi Rambut Bercabang, Kusam dan Mudah Patah

Pada dasarnya rambut bercabang lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki jenis rambut yang lebat dan tebal. Kedua jenis rambut ini memiliki karakter rambut yang kurang fleksibel dan sulit diatur sehingga strukturnya mudah rusak.

Berikut ini beberapa tips bagaimana mengatasi rambut bercabang:

1. Pilih kondisioner atau krim yang cocok

Cara ini cukup baik untuk mengatasi rambut bercabang akibat penggunaan hair dryer atau karena proses pelurusan atau pengeritingan rambut.

Untuk menghindari bahan kimia dari kondisioner yang dijual bebas di toko-toko, buatlah kondisioner alami dari bahan seperti minyak joboba, minyak jarak, minyak zaitun atau bahkan menggunakan alpukat sebagai masker rambut.

2. Stim rambut

Stim rambut anda setidaknya setiap 8-12 minggu sekali jika rambut anda panjang atau 6 minggu sekali untuk rambut pendek. Ratakan ujung rambut anda untuk menghilangkan rambut bercabang atau patah.

3. Hindari menggunakan pengering rambut terlalu sering

Panas pada hair dryer dapat membuat rambut jadi kusam dan bercabang karena itu kurangi pemakaiannya menjadi sesekali saja.

Begitu pula dengan penggunaan sisir. Gunakanlah sisir rambut yang berkualitas baik dan lembut pada kulit, jangan pernah menggunakan sisir yang telah rusak atau kehilangan beberapa bagiannya.

Gunakan sisir sikat yang memiliki bantalan bola pada bagian ujungnya. Bantal bola ini akan memberikan stimulus untuk menumbuhkan rambut yang sehat. Menyisir tidak hanya menghilangkan debu yang menempel tapi juga membantu menyebarkan kandungan minyak ke seluruh permukaan rambut.

4. Keramas

Sebelum keramas, sisir rambut Anda terlebih dahulu agar mudah diatur dan tidak kusut. Gunakan sisir bergigi lebar saat rambut basah. Sementara jenis rambut yang lembut harus menggunakan sisir sikat yang lebih besar.

Cara Mencegah Rambut Bercabang

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Berikut ini beberapa cara mencegah timbulnya rambut berambang dan patah-patah:

1. Konsumsi makanan dengan protein tinggi

Asupan nutrisi yang cukup akan sangat membantu perawatan dari luar yang sedang anda lakukan. Sebaik apapun atau semahal apapun jenis perawatan yang anda lakukan menjadi tidak berguna jika anda tidak mencukupi kebutuhan nutrisi harian anda.

2. Hindari mengeringkan rambut dengan cara digosok-gosok dengan handuk




Panas yang timbul akibat gesekan tersebut akan merusak rambut. Sebagai gantinya cukup tekan rambut anda dan manfaatkan daya serap handuk yang anda gunakan, karena itu gunakanlah handuk dengan bahan katun.

3. Gunakan kondisioner dari bahan alami

4. Hindari air hangat atau panas saat mandi

Panas akibat sinar matahari atau panas dari air shower sangat mengganggu kualitas rambut. Lindungi rambut anda dengan topi saat berada di bawah sinar matahari atau gunakan topi mandi saat mandi air hangat.

Kondisioner untuk Rambut Bercabang

Ada cara paling mudah untuk mengatasi rambut bercabang, kusam dan mudah patah, yaitu membuat kondisioner dari bahan alami sebagai berikut:

1. Gunakan minyak peach kornel

Kuncir rambut anda lalu oleskan campuran minyak peach kornel dengan minyak vitamin E secara merata pada ujung-ujung rambut. Gunakan kapas agar proses campuran jadi lebih rapi. Biarkan rambut selama 2 hingga 4 jam, lalu bilas sampai bersih

2. Kondisioner plus madu

Gunakan kondisioner dari bahan organik yang dicampur dengan madu dalam takaran yang sama. Kemudian oleskan pada rambut dari ujung kepala sampai ujung-ujung rambut yang bercabang.

Setelah itu tutupi rambut dengan handuk selama satu hingga dua jam setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali dalam sebulan.

Rambut adalah mahkota kecantikan dan karenanya perlu senantiasa dirawat. Tapi hati-hati sebab salah perawatan justru dapat menyebabkan rambut beruban meski usia masih muda dan juga menyebabkan rambut bercabang.

Tulis Komentar

Loading...