Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami

Sakit gigi adalah rasa sakit yang timbul di gigi atau area di sekitar gigi. Sebelum anda ke dokter gigi untuk menyembuhkannya, anda perlu mengetahui cara mengatasi sakit gigi secara alami untuk meredakan sakitnya.




Rasa sakit pada gigi bisa muncul dalam banyak cara dan kedatangannya kadang konstan atau menetap cukup lama dan kadang juga rasa sakitnya muncul dan menghilang begitu saja.

Makan atau minuman tertentu dapat merangsang rasa sakit menjadi lebih buruk terutama makanan atau minuman panas atau dingin.

Rasa sakit kadang ringan atau berat dan bisa muncul secara “tajam” dan tiba-tiba. Rasa sakit lebih buruk di malam hari, terutama ketika Anda sedang berbaring.

Terkadang penderita sulit menentukan apakah rasa sakit itu berada di gigi atas atau bawah. Ketika geraham bawah yang terkena, nyeri sering dirasakan muncul dari telinga.

Gigi Organ Pencernaan

Gigi merupakan organ tubuh manusia yang termasuk ke dalam bagian sistem pencernaan. Sebelum makanan masuk melalui kerongkongan, kemudian ke lambung, dan seterusnya, makanan terlebih dahulu masuk kedalam mulut dan dihancurkan oleh gigi-gigi kita.




Menjaga kesehatan gigi adalah tindakan awal yang perlu diperhatikan jika anda ingin mengatasi sakit gigi yang berkepanjangan. Hal ini penting karena setiap hari berbagai jenis makanan masuk kedalam mulut baik itu dengan tekstur keras, lunak, asam, manis, asin, panas ataupun dingin.

Mengatasi sakit gigi dengan bawang putih

Mengatasi sakit gigi dengan bawang putih

Penyebab Sakit Gigi

Sisa makanan yang tertinggal di gigi terkadang menimbulkan berbagai masalah pada gigi seperti gigi berlubang, karang gigi, dan yang lainnya. Ketika gigi kita terasa sakit, maka aktivitas harian kita pun akan terganggu.

Penyebab sakit gigi adalah jika lapisan terdalam gigi (pulpa gigi) meradang. Pulpa gigi terdiri atas sistem saraf yang sensitif dan pembuluh darah.

Penyebab pulpa gigi meradang adalah:




  • Kerusakan gigi – biasanya terjadi pada lubang yang terbentuk di permukaan gigi
  • Gigi retak-retak – ukurannya sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat dengan mata telanjang
  • Tambalan longgar atau rusak
  • Gusi menyusut
  • Periapikal abses – yaitu penumpukan nanah akibat infeksi bakteri

Salah satu penyebab gigi terasa sakit adalah karena gigi yang berlubang. Lubang pada gigi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adalah:

  1. Sisa makanan yang masih menempel pada gigi. Setiap kali kita mengonsumsi makanan, pasti akan terdapat sisa-sisa makanan yang tidak ditelan dan menempel pada sela-sela gigi. Jika dibiarkan, maka lama kelamaan sisa makanan tersebut akan membusuk dan membuat gigi menjadi berlubang.
  2. Jarang menggosok gigi. Kita pasti sering melihat iklan baik itu di media cetak maupun media elektronik bahwa kita harus rajin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, terutama menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur. Terkadang kita sering lupa untuk menggosok gigi sebelum kita tidur. Padahal kuman dan sisa-sisa makanan yang kita makan masih menempel pada sela-sela gigi. Inilah yang menyebabkan gigi menjadi berlubang.
  3. Makanan manis atau asam. Makanan yang manis atau asam akan menyebabkan gigi mudah berlubang.
  4. Cara menggosok gigi yang kurang tepat. Walaupun kita rutin menggosok gigi setiap hari, tapi apabila cara menggosoknya yang masih salah dan tidak mengenai semua bagian gigi, maka tetap saja gigi dapat berlubang.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Benar dan Lengkap

Jika gigi sudah berlubang, maka gigi akan mudah sakit. Apabila gigi sudah sakit, tentunya kita menjadi tidak nyaman dan aktivitas menjadi terganggu. Lalu bagaimana cara mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang?

Berikut ini beberapa tips mengatasi gigi berlubang:

  • Pertama, pastikan sikat gigi yang anda gunakan adalah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang bagus dan belum bengkok. Bulu sikat yang sudah mulai rusak wajib diganti karena kurang efektif dalam membersihkan noda di gigi.
  • Selanjutnya, perhatikan cara menggosok gigi. Gosoklah gigi anda dengan mengikuti garis dalam gigi yaitu vertikal. Jika menggosok bagian samping, gosoklah dengan cara memutar membentuk lingkaran. Pastikan juga gigi geraham paling belakang telah digosok karena bagian ini adalah bagian yang paling sulit dijangkau.
  • Selain dengan menggunakan cara diatas, anda juga dapat mengatasi sakit gigi berlubang dengan menggunakan bahan-bahan alami, diantaranya adalah jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat digunakan untuk menyembuhkan gigi yang sakit. Caranya tergolong cukup mudah yakni dengan meneteskan air perasan jeruk nipis ke bagian gigi yang terasa sakit. Cara ini cukup efektif dalam meredakan sakit gigi.
  • Anda juga dapat menggunakan garam untuk menghilangkan rasa sakit akibat gigi yang berlubang. Garam yang mengandung yodium ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi. Cara penggunaannya yakni dengan melarutkan garam dapur dalam segelas air hangat, kemudian gunakan air larutan garam tersebut untuk kumur-kumur.

Gunakan Bawang Putih Untuk Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami

Cara terbaik mengatasi sakit gigi adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Dokter akan membantu memeriksa dan mengatasi rasa sakit tersebut.

Jika penyebabnya karena lubang pada gigi, dokter biasanya akan menambal atau jika lubang sudah sangat parah dan tidak memungkinkan ditambal, dokter akan merekomendasikan untuk cabut gigi.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bawang putih sebagai campuran untuk menyembuhkan sakit gigi anda. Bawang putih adalah obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi secara alami.

Caranya yaitu dengan mencampurkan bawang putih dan garam, kemudian tumbuk sampai halus dan oleskan pada gigi yang sakit.

Untuk bahan yang dioleskan pada gigi yang sakit, anda dapat menggunakan belimbing wuluh, bawang merah, daun jambu biji, lada, dan minyak cengkeh.

Bagaimana Mencegah sakit gigi

Cara terbaik untuk menghindari sakit gigi dan masalah gigi lainnya adalah dengan menjaga gigi dan gusi sesehat mungkin. Untuk melakukan ini, Anda harus:

  • Membatasi asupan makanan dan minuman manis
  • Menyikat gigi dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, menggunakan sikat yang lembut
  • Membersihkan ruang antara gigi dengan benang gigi dan, jika perlu, menggunakan obat kumur
  • Tidak merokok karena dapat menyebabkan beberapa masalah gigi menjadi lebih buruk

Demikian beberapa tips yang dapat anda praktekkan untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang. Ada baiknya agar anda melakukan penambalan pada gigi yang berlubang atau cabut gigi ke dokter gigi sehingga anda tidak mengalami sakit gigi kembali.

Tulis Komentar

Loading...