25 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Bau badan tak sedap, tentu tak bisa diabaikan begitu saja. Tetapi menghilangkan bau badan kadang tak mudah, apalagi jika tubuh sering memproduksi keringat berlebih.

Bau badan adalah bau yang tidak menyenangkan yang dihasilkan oleh bakteri pada kulit yang memecah asam dalam keringat. Istilah medis dari bau badan adalah bromhidrosis.




Siapapun yang telah mencapai masa pubertas dapat menghasilkan bau badan, dimana pria lebih mungkin untuk memiliki bau badan dibandingkan wanita karena mereka cenderung berkeringat lebih banyak.

Adapun hal-hal berikut ini akan membuat bau badan menjadi lebih buruk:

  • Kelebihan berat badan
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang pedas seperti bawang putih, rempah-rempah dan alkohol
  • Sedang mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu seperti obat antidepresan
  • Sedang dalam kondisi medis tertentu, bau buah kadang-kadang bisa menjadi tanda diabetes, sementara bau bahan pemutih seperti dapat mengindikasikan penyakit hati atau ginjal

Dalam pergaulan, bau badan yang tak enak bisa menjadi masalah besar, dan bisa menjadikan seseorang rendah diri dan sulit bergaul dalam lingkungan sosial.

Penderita bau badan bahkan akan dijauhi orang-orang di sekitarnya, karena bau badan yang menyengat mengganggu indera penciuman.

Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Dengan Cepat

Mengatasi bau badan secara alami

Mengatasi bau badan secara alami




Keringat berlebihan dan bau badan merupakan masalah yang tidak menyenangkan yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Masalah bau badan biasanya dapat diatasi dengan cara menyingkirkan bakteri kulit yang bertanggung jawab dan menjaga kulit di area yang terkena (biasanya ketiak) tetap bersih dan kering.

Berikut ini akan dibahas 25 cara untuk menghilangkan bau badan secara alami:

1. Mandi

Mandi teratur akan membantu menghilangkan bau badan yang tak sedap. Gunakan sabun mandi anti bakteri, untuk mengurangi bakteri penyebab bau badan.

2. Pakaian Berbahan Katun

Bahan katun akan menyerap keringat yang berlebih sehingga mencega terjadinya penumpukan keringat. Bahan katun juga membantu kulit bernapas, sehingga tubuh tak mengeluarkan keringat secara berlebih.

3. Alkohol

Basahi kapas dengan sedikit alkohol, lalu gosokkan ke area ketiak. Bisa juga dengan menambahkan alkohol secukupnya ke dalam secangkir air, lalu basuh bagian tubuh yang menjadi sumber bau secara rutin.

4. Selada

Gosokkan selada ke bagian ketiak setelah mandi secara rutin. Selada sangat ampuh dalam mencegah dan menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

5. Daun Kenari

Hancurkan daun kenari lalu campur dengan minyak kayu putih hingga berbentuk pasta, kemudian gosokkan ke area ketiak. Lalukan secara rutin untuk mencegah bau badan kambuh.

Menghilangkan bau badan dengan cepat

Menghilangkan bau badan dengan cepat

6. Minum Air Putih
Minum 8-10 gelas air putih ternyata bisa membuat produksi keringat sehat dan tak berbau.

7. Alat Cukur

Hindari mencukur ketiak, karena bisa menyebabkan bakteri lebih mudah berkembang.

8. Lobak

Blender lobak bersama air, saring dan tambahkan sedikit gliserin. Masukkan ke wadah dan simpan di lemari es. Kocok sebelum menyemprotkan secara rutin ke ketiak.

9. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida sangat ampuh dalam menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Campurkan sesendok teh hidrogen peroksida dengan 1/2 cangkir air, aduk rata lalu gosokkan ke ketiak.

10. Cengkih

Rendam beberapa biji cengkih dengan air hangat. Jika cengkih sudah terlihat mengembang, minumlah air rendaman tersebut. Minum secara rutin dua kali sehari.

11. Daun beluntas

Daun beluntas bisa dimakan sebagai lalapan, atau dengan merebus beberapa helai dengan air, kemudian minum air rebusannya secara rutin.

12. Sayuran

Rutin mengonsumsi sayuran adalah salah satu cara alami untuk menghilangkan bau badan. Zat klorofil yang terkandung dalam sayuran mampu menyerap bau badan tak sedap pada tubuh

13. Tomat

Lumatkan 1-2 buah tomat, lalu oleskan pada area ketiak. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dalam beberapa minggu dan buktikan khasiatnya.

14. Teh Hitam

Rebus 1 kantong teh hitam dengan segelas air. Ambil bola kapas, lalu celup ke larutan tersebut dan oleskan ke area ketiak Anda. Biarkan 15-20 menit, lalu bisa dengan air bersih.

15. Keringkan badan

Setelah mandi, keringkan badan dengan baik. Jika Badan tak betul-betul kering, tubuh menjadi lembab sehingga bakteri penyebab keringat betah bersarang.

16. Ketimun

Potong ketimun, lalu oleskan pada bagian ketiak sehabis mandi. Lakukan secara rutin, agar bau badan segera minggat.

17. Daun sirih

Rebus beberapa lembar daun sirih, lalu air rebusan tersebut digunakan untuk membersihkan ketiak saat mandi.

18. Daun kemangi

Rutin mengonsumsi daun kemangi, merupakan salah satu cara untuk mengusir bau badan yang tak sedap.

19. Berhenti Merokok

Zat-zat beracun yang terkandung dalam rokok yang tak terbuang melalui urine, akan terbuang dan bercampur dengan keringat. Itulah mengapa perokok bau badannya tak sedap.

20. Gaya hidup kurang sehat

Gaya hidup kurang sehat, salah satu faktor yang menyebabkan bau badan tak sedap. berpanas-panasan, memiliki berat badan berlebih kebiasaan yang harus diubah untuk menghilangkan bau badan.

21. Pola Makan

Kurangi makanan dan minuman yang bisa memicu timbulnya bau badan, seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay dan rempah-rempah lainnya. Satu lagi, sebaiknya Anda mengurangi kunsumsi junk food agar bebas bau badan.

22. Baking soda

Buat adonan pasta dari baking soda dan sedikit air. Aplikasikan adonan ini ke area ketiak setelah mandi secara rutin, selama beberapa hari dan rasakan hasilnya.




23. Peterseli

Kunyah beberapa peterseli yang segar, untuk mengatasi bau badan dari dalam secara rutin. Ini cara sederhana untuk mengusir bau badan.

24. Jangan stress

Stres merupakan salah satu penyebab timbulnya bau badan. Maka, kontrol emosi dan stabilkan tingkat stess Anda.

25. Deodoran

Menggunakan deodoran menjadi salah satu pilihan untuk menghilangkan bau badan secara alami. Deodoran bersifat anti bakteri sehingga badan terasa segar dan wangi.

Bau badan atau hiperhidrosis adalah suatu kondisi di mana keringat yang dikeluarkan berlebihan dan lebih dari yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur suhu.

Jika Anda memiliki masalah hiperhidrosis, Anda juga kemungkinan memiliki masalah bau kaki (bromodosis). Bau kaki disebabkan oleh sepatu dan kaus kaki yang mencegah keringat menguap dan menarik bakteri.

Demikian informasi singkat beberapa cara mudah menghilangkan bau badan secara alami, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar