Cara Menghilangkan Luka Bakar Secara Alami

Bekas luka bakar tidak boleh dibiarkan begitu saja sebab dapat mengganggu penampilan. Tetapi menghilangkan bekas luka bakar akibat benda panas sangatlah sulit dan biasanya butuh perawatan yang lama dan mahal.

Luka bakar umumnya terjadi akibat kecelakaan yang menyebabkan beberapa bagian tubuh terbakar baik oleh api secara langsung maupun melalui benda yang terbakar seperti kain, kayu atau logam panas, kesemuanya bisa meninggalkan bekas luka terbakar pada kulit.




Meski luka bakar sudah dinyatakan sembuh oleh dokter, terkadang luka tersebut meninggalkan bekas pada kulit seperti kulit terlihat gosong atau warnanya berbeda dengan kulit di sekitarnya.

Tentu ini akan mengganggu penampilan, apalagi jika bekas luka terbakar tersebut terdapat di wajah atau di bagian tubuh lain yang mudah terlihat orang. Akibatnya adalah muncul rasa tidak percaya diri dalam bergaul..

Jika luka bakar terdapat pada area kulit yang tertutup, maka hal tersebut mungkin tidak akan terlalu bermasalah dan tidak akan memberi dampak langsung pada penampilan.

Kita bisa menutupi bagian tubuh yang terdapat bekas luka bakar dengan baju tapi meski demikian tetap ada kendala yang akan dihadapi, misalnya saat berenang yang mengharuskan kita menggunakan pakaian terbuka.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Apakah ada cara menghilangkan bekas luka bakar yang aman dan efektif?




Gunakan madu untuk menghilangkan bekas luka

Pengobatan alami untuk menghilangkan dan mengatasi bekas luka bakar pada kulit

Tentu saja ada. Melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa cara yang mudah dan efektif menghilangkan bekas luka bakar. Cara-cara ini dijamin aman untuk dipraktekan karena menggunakan bahan alami.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami

Kulit terbakar sering meninggalkan bekas luka yang sulit memudar dan menjadi pengingat dari memori yang menyakitkan.

Berikut ini beberapa pengobatan alami tradisional dari India untuk menghilangkan bekas luka bakar oleh Dr Uma Singh, direktur medis dari Nomarks (Ayurvedics Ozon).

1. Madu

Gunakan madu untuk menghilangkan bekas luka

Gunakan madu untuk menghilangkan bekas luka

Selain memiliki rasa yang manis, madu juga bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat madu yang efektif adalah untuk mengobati luka bakar dan menghilangkan bekasnya.

Hal ini dikarenakan madu mengandung antiseptik yang tentunya akan berperan dalam kesehatan kulit. Madu yang digunakan dalam pengobatan ini adalah madu murni, bisa didapatkan di pasaran dengan mudah.

Cukup oleskan madu murni tersebut pada luka bakar. Jangan dulu dibasuh, melainkan tunggu dulu selama beberapa menit supaya menyerap.

Baca juga: Cara Merawat Muka Menggunakan Madu

2. Kulit Pisang

Kulit pisang menghilangkan bekas luka terbakar

Kulit pisang menghilangkan bekas luka terbakar

Kulit pisang seringkali dianggap sebagai sesuatu yang tidak berguna dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Ya, kebanyakan orang akan membuang kulit pisang setelah memakan pisangnya.

Namun ternyata terdapat fakta menarik yaitu kulit pisang dapat menyembuhkan luka bakar. Kulit pisang tentu bisa anda dapatkan dengan harga ekonomis atau bahkan gratis. Oleskan kulit pisang pada area luka bakar, lakukan cara ini secara perlahan.

3. Lemon dan jus tomat

Jus tomat dan lemon membersihkan bekas luka bakar

Jus tomat dan lemon membersihkan bekas luka bakar

Perpaduan lemon dan tomat sangat baik dalam menghilangkan kulit mati dan membantu meremajakan kulit.

Lemon memiliki sifat asam alami yang dapat mengatasi bekas luka. Sementara jus tomat segar adalah agen pemutih alami dan dapat menyembuhkan tanda bekas terbakar pada kulit.

Berikut ini cara mengolahnya:

  • Bersihkan bekas luka bakar dengan air dingin pada suhu ruang
  • Anda butuh dua buah lap bersih untuk lemon segar dan jus tomat segar
  • Sekarang, kompres bekas luka bakar dengan kain lap selama beberapa jam.
  • Sementara itu, persiapkan jus lemon
  • Tuang jus lemon ke lap dan oleskan ke kulit bekas luka bakar
  • Setelah kering, ulangi proses dengan lap yang bersih dengan jus tomat pada bekas luka terbakar
  • Karena efek pemutihan alami yang kuat, Anda dapat menghilangkan bekas luka bakar dalam beberapa hari
  • Ulangi prosedur ini sekitar dua kali sehari secara teratur untuk menyingkirkan bekas luka bakar

Demikian cara menghilangkan bekas luka bakar pada kulit menggunakan perpaduan lemon dengan tomat.




4. Minyak Almond

Minyak almond untuk menghilangkan bekas luka bakar

Minyak almond untuk menghilangkan bekas luka bakar

Cara lain untuk menghilangkan bekas luka adalah menggunakan minyak almond.

  • Oleskan minyak almond pada kulit yang terbakar secara merata dan beri pijatan lembut
  • Lakukan dua kali sehari secara kontinyu

5. Minyak Lavender

Minyak esensial lavender merupakan antiseptik yang sangat efektif yang mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, lavender juga memiliki manfaat untuk menghilangkan jaringan parut pada kulit.

Jika minyak lavender diterapkan pada luka bakar dengan cepat, maka luka bakar tersebut dapat sembuh tanpa meninggalkan jaringan parut sama sekali.

Untuk luka bakar yang lebih besar, tuangkan minyak lavender ke kasa atau kain dan terapkan pada luka bakar setiap beberapa jam.

Bagaimana, mudah bukan? untuk menghilangkan bekas luka bakar tidaklah harus selalu menggunakan produk-produk mahal, karena bahan alami yang bersifat ekonomis pun bisa dimanfaatkan jika anda menerapkannya secara rutin dan teratur.

Metode pengobatan alami di atas telah dibuktikan banyak orang dan direkomendasikan oleh para ahli kulit. Semoga ulasan tentang cara menghilangkan luka bakar di atas bisa anda pahami dengan mudah supaya bisa segera menerapkannya secara mandiri.

Tulis Komentar