Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Jerawat sudah tentu menjadi permasalahan yang dialami oleh hampir semua orang. Selain menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, jerawat juga bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang. Namun, ternyata jerawat tidak hanya muncul di bagian wajah saja, bisa juga muncul di bagian tubuh lainnya seperti di punggung dan dada.

Secara umum, tekstur kulit punggung dan dada cenderung lebih tebal dan berpori-pori besar. Hal tersebut dapat mengakibatkan jerawat yang muncul di area tersebut dapat lebih parah daripada di wajah.




Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung

Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung sampai tuntas. Tapi sebelum itu kita perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab munculnya jerawat di punggung.

Memiliki jerawat di punggung dan dada adalah pertanda masalah jerawat yang anda alami cenderung parah. Punggung, seperti halnya wajah juga memiliki banyak kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum, zat berminyak.

Sebum, bersama sel kulit mati dan bakteri, dapat membangun folikel rambut di punggung dan menyumbatnya. Sebuah folikel yang tersumbat pada akhirnya rusak dan membentuk jerawat.

Cara menghilangkan jerawat di punggung

Cara menghilangkan jerawat di punggung

6 faktor utama penyebab munculnya jerawat di punggung antara lain: 




  1. Genetik. Entah bagaimana jerawat di punggung yang anda alami kemungkinan besar disebabkan faktor gen.
  2. Hormon. Perubahan hormonal di masa remaja seringkali menjadi penyebab jerawat. Tapi bagi wanita yang berada pada masa pubertas, wajah berjerawat bisa dikaitkan dengan perubahan hormonal yang selalu terjadi saat haid dan kehamilan.
  3. Keringat. Saat Anda berkeringat setelah melakukan berbagai aktivitas, bulir-bulir keringat akan bercampur dengan minyak dan racun yang bersarang di permukaan kulit. Jika terlalu lama dibiarkan, pori-pori kulit punggung akan tersumbat sehingga menimbulkan jerawat.
  4. Pakaian. Baju yang terlalu ketat  atau terbuat dari bahan yang tidak mampu menyerap keringat dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat di punggung. Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk memakai baju longgar atau berbahan ringan seperti katun untuk membantu mencegah jerawat di area punggung dan dada.
  5. Iritasi. Reaksi kulit berlebihan yang dipicu adanya gesekan dapat menimbulkan iritasi. Kondisi tersebut akan semakin parah jika area punggung kita lembap karena keringat atau air yang merembes melalui pakaian setelah mandi.
  6. Diet. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang Anda makan berkaitan dengan munculnya jerawat di punggung.

Meskipun jerawat di punggung tersembunyi dari penglihatan orang-orang, anda sebaiknya berusaha menghilangkannya secara maksimal. Jika tidak dihilangkan, jerawat di punggung bisa melebar kemana-mana termasuk ke wajah.

Bagaimana Mencegah Jerawat Muncul di Punggung

Meskipun tidak ada cara yang sangat mudah untuk mencegah jerawat muncul di punggung, ada beberapa cara sederhana dan efektif untuk menghambat pertumbuhan jerawat tersebut.

Berikut ini beberapa langkah ringan untuk mencegah jangan sampai jerawat muncul di punggung:

  • Pilihlah pakaian berbahan cotton agar pakaian tidak lembab sehingga ditumbuhi bakteri.
  • Segera mandi setelah berkeringat untuk menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran sebelum kotoran tersebut menyumbat pori-pori. Jika Anda tidak terbiasa mandi setelah berolahraga, bawalah lap pembersih untuk mengeringkan area di punggung yang basah.
  • Hindari penggunaan steroid topikal berlebihan, kecuali yang ditentukan oleh dokter kulit. Kortikosteroid diketahui menyebabkan jerawat dan perubahan kulit lainnya dan tidak boleh digunakan secara berlebihan.
  • Hindari produk perawatan kulit berbasis minyak yang mendukung penggunaan pembersih tubuh dan lotion yang diformulasikan untuk kulit berjerawat. Semua produk yang Anda gunakan pada kulit Anda haruslah memiliki label ‘non-comedogenic’, yang berarti produk tersebut tidak menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat.
  • Gunakan Benzoyl Peroxide untuk membersihkan kulit punggung anda. Ini membantu mencegah peradangan dan mengurangi pertumbuhan bakteri di punggung.

Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan area tubuh dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun yang mengandung bahan-bahan yang ramah kulit. Jika jerawat di punggung sudah terlalu parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terdekat.

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat di Punggung

Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bintik merah atau jerawat di punggung, di antaranya:

1. Membersihkan bagian punggung dengan sabun khusus

Meskipun bagian punggung termasuk area tubuh yang sulit dijangkau saat mandi, sebisa mungkin area tersebut harus tersentuh oleh sabun.

Jika Anda memiliki jerawat di punggung, produk sabun antiseptik yang mengandung zat sulfur dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa gatal dan ruam akibat jerawat di punggung.

2. Gunakan produk perawatan anti jerawat

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi jerawat di punggung adalah dengan menggunakan produk perawatan anti jerawat. Khusus untuk jerawat di punggung, Anda dapat menggunakan produk yang mengandung salycilic yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Langkah selanjutnya, gunakan gel dengan kandungan AHA dan BHA untuk mengangkat sel kulit mati. Untuk memaksimalkan perawatan kulit setelah pengobatan jerawat punggung, gunakan gel obat jerawat yang memiliki kandungan asam glikolat.




3. Pakai sabun setelah keramas

Tahukan Anda? Sampo ternyata dapat pula menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat di punggung. Itulah sebabnya, ada baiknya jika Anda keramas, gunakan sampo terlebih dahulu baru setelah itu menyabun seluruh tubuh.

Anda pun dapat menahan rambut yang basah saat sedang menyabun area tubuh agar sabun dan sampo tidak tercampur. Zat kimia yang terkandung dalam dua produk tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

4. Gunakan sabun pembersih dengan bahan alami

Ada kalanya jerawat di punggung muncul akibat reaksi alergi tubuh terhadap bahan-bahan kimia dalam sabun. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengganti sabun mandi dengan sabun bayi atau cairan pembersih tubuh lainnya yang mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak pepaya.

Sabun yang mengandung ekstrak buah-buahan juga dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati untuk membantu pemulihan ruam pada kulit akibat jerawat.

Mengobati Jerawat di Punggung

Selain muncul di punggung belakang, jerawat juga kadang tanpa disangka muncul di dada dan bahkan di leher. Jika Anda terlanjur memiliki jerawat di punggung, Anda dapat menghilangkannya dengan cara:

  1. Penggunaan obat-obatan jerawat yang dijual di apotik. Produk jenis ini dapat digunakan untuk mengendalikan jerawat di punggung yang ringan, dan biasanya mencakup bahan-bahan seperti benzoil peroksida, resorsinol, asam salisilat, dan belerang.
  2. Merawat kulit terutama area punggung dengan baik. Bila Anda memiliki jerawat di punggung, maka anda perlu memprioritaskan perawatan di area tersebut secara khusus. Ini termasuk mencuci kulit Anda secara teratur dengan pembersih lembut, mandi setelah berolahraga, menjaga agar rambut Anda tetap bersih (pastikan Anda benar-benar membilas conditioner rambut di kamar mandi), tidak meremas atau memetik kembali lesi jerawat, dan menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan.
  3. Anda bisa menggunakan obat alami untuk menghilangkan jerawat di punggung anda seperti cuka apel ataupun dengan bahan tradisional lainnya.

Jika tindakan ini tidak bisa menyembuhkan jerawat di punggung, periksakan diri anda ke dokter kulit. Dokter spesialis kulit dapat mengevaluasi jerawat punggung Anda dan meresepkan obat untuk menghilangkannya.

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di punggung pun tidak boleh sering ditekan. Hal tersebut justru dapat memancing reaksi peradangan dan meninggalkan belang pada punggung.

Tulis Komentar