9 Cara Cepat Menghilangkan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Kulit belang adalah salah satu gangguan yang umum terjadi, tidak berbahaya tapi kadang menimbulkan perasaan risih karena mengganggu kecantikan kulit. Dalam artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips cara menghilangkan kulit belang karena sinar matahari.

Bagi sebagian sebagian orang, memiliki kulit belang adalah persoalan serius. Sebab selain menghilangkan belang pada kulit butuh waktu yang lama, juga karena sulitnya menemukan obat atau cream yang cocok yang dapat mengatasi kulit belang dengan cepat.




Salah satu faktor paling umum penyebab kulit jadi belang adalah paparan sinar matahari. Bagi pekerja lapangan memiliki kulit belang adalah sebuah keniscayaan. Pilihannya cuma dua, berusaha menghilangkannya atau menerima saja.

Sinar UV yang dimiliki oleh matahari secara tidak langsung akan merusak sel-sel kulit, menyebabkan warna pigmen berubah menjadi kemerah-merahan, kemudian menjadi lebih gelap dibanding sebelumnya setelah dibiarkan dalam waktu yang lama. Biasanya orang baru tersadar setelah masuk ke dalam ruangan atau beristirahat untuk beberapa waktu.

Pada dasarnya ada beberapa cara untuk mencegah kulit jadi belang seperti itu. Misalnya, menggunakan pelindung dalam bentuk jaket, sarung tangan, atau masker.

Usahakan untuk menggunakan baju lengan panjang supaya tidak terlihat begitu belang ketika berada di bawah sinar matahari. Cara lainnya adalah menggunakan sun block sehingga dapat melindungi kulit agar tidak langsung terkena sinar UV.

Namun, pencegahan hanya untuk orang-orang yang belum mendapatkan masalah kulit belang. Sedangkan bagi Anda yang pernah atau sedang mengalaminya, pengobatan merupakan langkah yang paling baik.




Artikel ini akan mengulas beberapa tips cara mengatasi kulit belang dengan cepat. Mari simak ulasan sebagai berikut.

Cara menghilangkan kulit belang akibat matahari

Cara menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari

Menghilangkan Kulit Belang Akibat Matahari Menggunakan Produk Kosmetik

Seperti dijelaskan di atas, ada beberapa metode yang bisa anda pilih untuk menghilangkan kulit belang anda, salah satunya adalah menggunakan kosmetik atau produk tertentu, berikut ini penjelasannya:

1. Gunakan lotion tabir surya

Saat sedang berada di bawah terik matahari gunakanlah lotion khusus untuk melindungi kulit anda dari paparan sinar matahari. Lotion tabir surya akan menghindarkan kulit anda menjadi belang dan tidak terbakar akibat matahari.

2. Gunakan tanner

Jika anda terlanjur memiliki kulit belang, maka untuk menghilangkannya gunakanlah tanner. Fungsi tanner adalah meratakan warna kulit dan menghilangkan belang pada kulit dengan cepat.

3. Melakukan Pengelupasan Kulit

Pada dasarnya kulit akan mengelupas secara otomatis tapi anda bisa mempercepat proses tersebut dengan melakukan perawatan dengan metode pengelupaskan kulit (peeling/exfoliate) seminggu sekali.

4. Gunakan krim pelembab

Pelembab yang banyak dijual saat ini sangat baik dalam menyingkirkan garis-garis gelap pada kulit (belang). Seperti kita tahu kulit kering akan semakin memperjelas warna kulit dan dengan melembabkannya maka penampilan akan terlihat lebih baik.

5. Perawatan dari dalam

Anda bisa mempercepat proses pergantian kulit dengan melakukan perawatan dari dalam, caranya dengan mengonsumsi vitamin yang baik untuk kulit. Cara ini sangat ampuh dalam menghilangkan kulit belang.

Mengatasi Kulit Belang Dengan Cepat Secara Alami

Selain menggunakan kosmetik yang umumnya mahal, anda pun bisa mengatasi kulit belang menggunakan bahan-bahan alami, berikut ini caranya:

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat baik digunakan untuk menghilangkan belang pada kulit yang mengganggu. Cara menggunakannya cukup mudah, cukup oleskan beberapa tetes minyak zaitun pada permukaan kulit yang belang dan biarkan sampai minyak meresap ke dalam kulit melalui pori-pori.

  1. Yoghurt

Minuman ini dibuat dari bahan dasar susu, maka wajar bila memiliki manfaat yang hampir sama dengan susu, yaitu memutihkan kulit. Selain berbahan dasar susu, fermentasi yoghurt juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menyegarkan dan mencerahkan kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama siapkan yoghurt dan kunyit secukupnya. Campurkan satu sendok teh yoghurt bersama dengan kunyit lalu haluskan.

Oleskan pasta tersebut langsung pada bagian yang menurut Anda belang. Biarkan kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Hasilnya akan menjadi seperti kulit Anda yang semula.

  1. Tomat

Tomat mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi di mana berfungsi untuk mematikan sel-sel radikal dan memberikan nutrisi pada jaringan kulit.

Oleh karena itu, tomat tidak hanya baik digunakan sebagai masker wajah, tetapi juga baik untuk dimanfaatkan sebagai pasta pengobatan kulit yang belang. Selain itu, tomat juga bisa menjadi alternatif yang baik karena penyembuhannya secara perlahan tetapi permanen.

Untuk membuatnya, cukup potong tomat menjadi 2 bagian, kemudian oleskan potongan tersebut ke bagian kulit yang belang. Tunggu beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

Lakukan hal tersebut beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Biasanya bekerja efektif 3-4 hari untuk belang yang cukup lama, tetapi sebentar saja, untuk belang yang baru saja dialami.

  1. Madu

Madu adalah minuman kesehatan yang dapat memberi efek sangat positif bagi kulit. Madu dapat digunakan sebagai obat dalam dengan diminum dan dapat juga dijadikan obat oles pada kulit yang belang.

Cukup oleskan madu pada bagian kulit belang dan biarkan sampai kering. Lalu dibilas. Lakukan secara teratur hingga nampak hasilnya.

  1. Kacang almond

Kacang memiliki mineral yang dibutuhkan oleh kulit, oleh karena itu, pengobatan dengan kacang dapat membantu kulit mendapatkan mineralnya kembali setelah diserang oleh sinar UV matahari.

Salah satu kacang yang berfungsi demikian adalah kacang almond. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan susu sebagai campurannya.

Pertama Anda perlu merendam kacang almond satu malam dengan sejumlah susu. Keesokan harinya, hancurkan almond tersebut dan tambahkan kembali susu. Oleskan hasilnya pada bagian yang mengalami belang.

Tunggu sekitar 30 menit, kemudian bersihkan dengan air. Susu menjadi campuran kacang almond karena susu terbukti mampu mencerahkan warna kulit kembali dan membuatnya semakin halus.

  1. Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik baik kesehatan kulit. Cara menggunakan lemon untuk mengatasi kulit belang yaitu sebagai berikut:

  • Belah buah lemon menjadi dua bagian
  • Oleskan lemon pada kulit yang belang (sebaiknya dilakukan sebelum mandi).
  1. Pepaya

Buah yang satu ini memiliki fungsi untuk mencerahkan warna kulit, baik yang terjadi karena belang maupun kusam dan tampak kering.




Saat ini ada banyak produk pemutih kulit dari bahan pepaya yang bisa anda gunakan tapi meski demikian anda pun bisa mengolah sendiri bahan penghilang belang pada kulit, yaitu sebagai berikut:

  • Sediakan beberapa potong pepaya.
  • Haluskan potongan tersebut dan aduk hingga merata.
  • Segera oleskan pepaya yang telah dihaluskan tadi pada bagian yang terlihat belang.
  • Tunggu selama 15-20 menit untuk mendapat hasil yang maksimal.
  • Terakhir, bilas dengan air dan keringkan menggunakan handuk yang ada.
  1. Kunyit

Kunyit banyak digunakan sebagai bahan perawatan alami untuk kecantikan kulit. Salah satu fungsinya adalah untuk menghilangkan kulit yang belang.

Namun, biasanya kunyit tidak bekerja sendirian, dia membutuhkan beberapa bahan untuk dijadikan campuran, seperti yoghurt dan kunyit. Selain itu ada ramuan lain yang juga menggunakan kunyit beserta campuran susu dan jus lemon.

Cara mengolahnya:

  • Sediakan kunyit secukupnya, parut dan kemudian masukkan ke dalam campuran susu dan jus lemon di satu wadah.
  • Setelah itu, cukup oleskan ke bagian yang mengalami belang dan tunggu hingga 20 menit.
  • Jika sudah selesai Anda cukup membilas dengan air dan melihat hasilnya.

Kunyit juga terbukti mampu menghilangkan belang pada kulit yang parah. Hanya saja, Anda perlu waktu beberapa lama tergantung besar dan gelapnya warna tersebut.

  1. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Lidah buaya juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan belang pada kulit Anda. Untuk menggunakannya cukup oleskan gel lidah buaya ke bagian kulit yang mengalami keadaan tersebut. Setelah itu tunggu hingga 20 menit dan akhirnya bilas dengan air.

Cara ini memang tidak serta merta menghilangkan belang, tetapi bila digunakan secara teratur, dapat mengatasi kerusakan kulit yang paling parah.

Cara Mencegah Kulit Belang

Pada dasarnya kulit yang belang bukanlah masalah selama kita tidak risih memilikinya. Selain menggunakan cara alami seperti dijelaskan di atas, anda pun bisa melakukan langkah-langkah untuk mencegah kulit menjadi belang, yaitu sebagai berikut:

  • Hindari beraktifitas di luar ruangan di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama
  • Jika memang harus berada di luar ruangan, gunakan pakaian lengan panjang, celana panjang dan topi
  • Saat berkendara sepeda motor, gunakan sarung tangan dan penutup wajah
  • Gunakan kacamata anti sinar ultraviolet

Demikian informasi singkat bagaimana menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari secara alami. Semoga bermanfaat dan memberikan hasil yang positif bagi Anda.

Tulis Komentar