Cara Menghitamkan Rambut dengan Minyak Kelapa

Rambut yang hitam berkilau merupakan impian banyak orang. Selain terlihat sehat, rambut hitam membuat penampilan lebih segar. Itu sebabnya, beberapa orang memilih jalan menghitamkan rambut untuk bisa tampil lebih menawan.




Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut hitam yang indah. Mulai dari menggunakan sampo khusus hingga memilih mengecat rambut dengan warna hitam.

Selain itu, ada juga yang memilih bahan alami untuk memperhitam rambut, contohnya adalah menghitamkan rambut dengan minyak kelapa.

Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstraksi dari inti kelapa dengan konsentrasi tinggi asam lemak jenuh, asam laurat, asam kaprat dan vitamin E dan K.

Dengan kandungan yang sangat berkhasiat itu, minyak kelapa banyak digunakan orang untuk menghitamkan rambut secara alami.

Rambut yang Warnanya Memudar

Rambut memiliki pigmen melanin yang berfungsi sebagai menjaga warna hitam rambut. Nah, jika produksi melanin berkurang, warna hitam rambut akan memudar, dan disebut uban.

Adapun alasan paling umum dari memudarnya warna hitam rambut adalah karena faktor alami dan akibat penggunaan bahan kimia.




Faktor alami misalnya adalah larena usia, genetis, atau sering terpapar matahari. Sementara penggunaan bahan kimia misalnya mengecat rambut dengan pewarna, meluruskan, atau melembutkan rambut.

Banyak orang telah mengalami rambut uban meski usia masih muda, dalam hal ini kemungkinan faktor penyebabnya adalah faktor genetik atau karena bahan kimia.

Jadi, jika Anda ingin menjaga kehitaman rambut, mulailah dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Misalnya, mengonsumsi makanan sehat, vitamin, dan melakukan perawatan intensif untuk menjaga kesehatan rambut. Selain itu, berusahalah untuk tidak stres.

Cara Alami Mendapatkan Rambut Hitam dengan Minyak Kelapa

Cara menghitamkan rambut dengan minyak kelapa

Cara menghitamkan rambut dengan minyak kelapa

Rambut yang kemerahan atau beruban adalah hal yang menakutkan bagi beberapa orang. Penggunaan semir atau cat rambut merupakan cara cepat dan instan yang dilakukan orang untuk mendapatkan rambut hitam dalam waktu singkat.

Akan tetapi, bahan kimia yang terdapat pada semir dan cat dapat menyebabkan rambut semakin rusak dan bercabang. Oleh karena itu, beberapa orang memilih untuk menjaga kehitaman rambut dengan cara yang alami, contohnya menggunakan minyak kelapa.

Kelapa merupakan bahan alami yang banyak dipakai orang untuk menghitamkan rambut. Minyak kelapa mengandung sitokinin sebagai hormon pertumbuhan rambut dan membuat rambut berwarna hitam.

Dalam keadaan alami yang belum diolah, minyak kelapa memiliki kapasitas untuk menahan kelembaban yang tinggi dan tidak rusak atau menguap dengan mudah saat dioleskan ke rambut dan dapat menembus batang rambut.

Konsentrasi asam lemak minyak kelapa juga memberi nutrisi pada rambut dengan protein yang menghasilkan rambut yang kuat dan panjang, lembut dan berkilau.

Vitamin E pada minyak kelapa berfungsi untuk menutrisi dan mempertahankan warna rambut agar tetap hitam dan kuat.

Selain itu, vitamin E juga mencegah oksidasi pada pewarna rambut sehingga tidak mudah memudar. Oleh karena itu, dengan minyak kelapa, warna hitam pada rambut Anda akan selalu terjaga.

Selain dapat menghitamkan rambut, minyak kelapa juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan rambut seperti dapat melembabkan dan melembutkan rambut.

Dengan minyak kelapa, rambut Anda yang kusut akan terurai dengan lembut. Minyak kelapa juga dapat mencegah keriting pada rambut lurus Anda. Biasanya rambut yang makin panjang akan bergelombang.

Pada kondisi kering rambut menjadi mudah keriting. Nah, minyak kelapa bisa membantu melembapkan rambut sehingga tidak bergelombang.

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Menghitamkan Rambut

Lalu, bagaimanakah cara menggunakan minyak kelapa untuk menghitamkan rambut? Simak cara membuat minyak kelapa terlebih dahulu, dan berikut ini ringkasannya:

  1. Metode Penghancuran

Anda dapat membelah kelapa dengan pisau yang tajam. Pisahkan daging kelapa dari tempurungnya dengan cara mengeruknya. Potong kecil-kecil daging kelapa tersebut. Lumatkan daging kelapa yang telah dipotong kecil-kecil menggunakan blender.

Peraslah daging kelapa yang telah hancur tersebut menggunakan saringan sehingga yang tersisa adalah santannya saja. Diamkan santan dalam toples selama satu hari sampai terpisah antara santan dan minyak. Buanglah santan yang mengendap menggunakan sendok.

  1. Metode Pendinginan

Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk menghitamkan rambut dengan metode pendinginan.

Anda harus menggunakan kelapa kering untuk menerapkan metode ini. Potong kecil-kecil kelapa kering tersebut dan masukkan ke dalam juicer.

Selanjutnya, sama dengan metode penghancuran yaitu haluskan kelapa yang telah lumat sampai keluar minyaknya. Masukkan minyak kelapa ke dalam toples agar terpisah antara kelapa dan minyak selama satu hari.




  1. Metode Perebusan

Dengan metode ini Anda harus memarut kelapa. Lalu blender kelapa yang telah diparut dengan air panas yang dituangkan sedikit demi sedikit.

Setelah di-blender, saringlah kelapa tersebut sehingga terbentuk santan kental. Selanjutnya, rebus santan kelapa sampai mengeluarkan minyak. Proses merebus sekitar satu jam dengan diaduk-aduk perlahan.

Untuk mendapatkan minyak yang baik, jangan memilih kelapa yang masih muda dan hijau. Sebaiknya, pilih kelapa yang sudah tua dan cokelat agar santan yang didapatkan lebih banyak.

Setelah minyak kelapa jadi, lalu gunakan sebagai minyak untuk melembapkan rambut. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Untuk menghitamkan rambut, oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian rambut secara merata agar hasil yang didapatkan maksimal. Gunakan jari-jari tangan atau sisir untuk meratakan minyak.
  2. Pijat-pijatlah kepala Anda saat mengoleskan minyak tersebut agar peredaran darah di kepala lancar.
  3. Tutuplah dengan penutup rambut untuk hasil maksimal. Tunggulah selama 2 jam atau semalaman agar zat-zat yang terkandung dalam minyak kelapa terserap oleh rambut Anda.
  4. Bilaslah rambut menggunakan air hangat-hangat kuku. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan air bersuhu terlalu tinggi karena dapat merusak kandungan baik dalam minyak kelapa. Selain itu, air terlalu panas menyebabkan rambut kering.
  5. Pakailah sampo agar sisa minyak hilang. Gunakan sampo saat proses pembilasan agar sisa-sisa minyak kelapa bersih dari rambut Anda. Minyak yang tersisa akan menyebabkan ketombe.

Penggunaan minyak kelapa sebagai penghitam rambut sebaiknya dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Misalnya, seminggu sekali pemakaian.

Lalu, jangan menunggu rambut beruban dan kemerahan untuk memakainya. Sebab pada dasarnya, minyak kelapa berfungsi mempertahankankan warna rambut. Jadi, pakailah selagi rambut masih hitam.

Jika rambut Anda telah beruban, gunakanlah minyak kelapa sebagai ramuan untuk menghilangkan uban. Cara menggunakan minyak kelapa sebagai penghilang uban adalah mencampurnya dengan lemon.

Lemon mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah rambut beruban. Caranya, campurkan minyak kelapa dengan perasan lemon segar.

Selanjutnya, oleskan pada rambut Anda, diamkan selama satu jam, dan bilas dengan sampo seperti pada penggunaan biasa yang telah disebutkan di atas.

Selain lemon, Anda juga dapat mencampurkan jeruk nipis untuk menghilangkan uban. Cara pemakaiannya sama dengan campuran lemon.

Minyak kelapa memang sudah terbukti dapat menghitamkan rambut secara alami. Zaman dahulu, orang-orang tua menggunakannya sebagai campuran sebelum keramas. Selain itu, mereka juga mengoleskan sedikit minyak kelapa pada rambut untuk sehari-hari agar rambut lembab. Selamat mencoba.

Tulis Komentar

Loading...