Cara Menyembuhkan Pilek dan Hidung Tersumbat

Pilek merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh salah satu dari 200-an jenis virus.  Jenis virus penyebab virus penyebab pilek menjadi sangat banyak dan berbeda, karena virus tersebut terus-menerus berevolusi.

Pilek atau disebut juga selesma adalah penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang paling sering terjadi di seluruh dunia dan sebenarnya bisa sembuh sendiri (self-limiting).




Pilek biasanya ditandai dengan gejala ringan yang berlangsung sekitar 5 hingga 10 hari. Gejala-gejala umum yang terjadi adalah bersin, ingusan, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sakit kepala dan batuk. Banyak pula yang merasa lesu dan lemah.

Pilek atau common cold merupakan penyakit yang sering terjadi dan akan terus berulang. Ini disebabkan karena virus pilek terus berkembang, sementara tubuh manusia tidak dapat membangun perlawanan (anti body).

Anak-anak TK dan SD, bisa memiliki 3 hingga 12 kasus selesma pertahun. Sedangkan, remaja dan dewasa 2 atau 4 kasus selesma setahunnya. Penyakit ini merupakan penyakit yang paling sering terjadi dan merupakan penyebab utama orang berkunjung ke dokter, absen dari sekolah dan tempat kerja.

Bagaimana Pilek Menular

Cara Menyembuhkan Pilek dan Hidung Tersumbat

Cara Menyembuhkan Pilek dan Hidung Tersumbat

Pilek biasa pada umumnya ditularkan melalui sentuhan langsung (hand-to-hand) dengan cairan atau permukaan benda yang telah terinfeksi.




Sebagai contoh, jika seseorang dengan tubuh telah terinfeksi selesma menyentuh hidung mereka dan kemudian menyentuh orang lain, orang kedua tersebut kemungkinan besar akan terinfeksi dengan virus yang sama.

Selain itu, virus pilek dapat hidup pada benda lain di sekitar kita seperti pena, buku, telepon, keyboard komputer, atau cangkir kopi selama beberapa jam dan dengan demikian seseorang dapat terjangkit dengan bersentuhan dengan benda-benda tersebut.

Cuaca yang ekstrim, misalnya terlampau panas atau saat musim hujan membuat virus flu akan semakin mudah menyebar. Terlebih jika imunitas atau daya tahan tubuh sedang tidak bagus.

Bagaimana Mengobati Pilek

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengobati pilek dan hidung tersumbat?

Pada prinsipnya cara mengatasi pilek untuk orang dewasa dan anak-anak sama saja, yang membedakannya hanya dosisnya saja.

Berikut ini beberapa cara alami mengatasi dan menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat:

1. Jeruk Nipis dan Madu

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dan madu cukup tinggi sehingga sangat baik dalam mengatasi penyakit pilek. Caranya pun cukup mudah:

  • Ambil 1 buah jeruk nipis yang sudah tua
  • Peras airnya kemudian tambahkan air hangat dan madu
  • Aduk rata lalu minum selagi hangat.

Ramuan ini cukup efektif untuk menyembuhkan pilek dan sakit tenggorokan, yang merupakan salah satu tanda awal sakit flu dan selesma.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih kurang lebih 1,5 liter atau 8 gelas perhari akan membantu menjaga daya tahun tubuh saat terserang selesma. Air putih, bisa mengeluarkan sisa-sisa metabolisme yang berupa racun.

3. Jahe Merah

Jahe merah sangat ampuh menyembuhkan flu dan hidung tersumbat secara alami. Bersihkan jahe secukupnya, lalu tumbuk hingga halus.  Tambahkan sedikit merica bubuk, dan madu. Selanjutnya seduh dengan segelas air hangat, dan minum selagi masih hangat.

4. Makan Makanan Pedas

Cabai mengandung senyawa capsaicin yang sangat baik untuk membersihkan rongga hidung. Sehingga makanan pedas, cocok dikonsumsi saat menderita pilek.

Selain itu, Anda juga disarankan mengonsumsi sup hangat yang ditaburi cabai atau lada. Tujuannya untuk mengatasi hidung meler, sehingga hidung bisa lebih lega.

5. Mandi Air Hangat

Ketika flu menyerang, mandilah dengan air hangat. Ini bisa membantu mengurangi derita akibat serangan flu. Mandi dengan air dingin bisa membuat tubuh menggigil kedinginan.

Tetapi perlu diperhatikan mandi air hangat akan membuka pori-pori tubuh sehingga dapat memperparah sakit flu yang menyerang.

6. Inhalasi Sederhana

Inhalasi sederhana bisa dibuat dengan menggunakan air panas. Caranya juga sangat mudah, yaitu:

  • Letakkan air panas dalam sebuah wadah
  • Lalu tambahkan minyak kayu putih atau teh chamomile.
  • Hirup uap yang keluar dari air hangat tersebut.
  • Jangan lupa mengantungkan handuk di atas kepala Anda agar uap yang ditangkap lebih banyak.

7. Larutan Garam Pelega Hidung Tersumbat

Anda bisa membuat larutan sederhana untuk melegakan hidung saat pilek. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan 1 cangkir air hangatL
  • Lalu tambahkan 1 sdt garam
  • Aduk hingga garamnya larut
  • Ambil pipet dan masukkan larutan air garam tersebut
  • Kemudian masukkan ke salah satu lubang hidung Anda sambil memiringkan kepala sedikit ke belakang.
  • Biarkan air garam tersebut, selama kurang lebih 10 detik.
  • Setelah itu, keluarkan air garam dan lendir dari lubang hidup dengan lembut.
  • Ulangi pada lubang hidung yang lainnya dengan cara yang sama.

8. Kompres Air Hangat

Kompres hangat di dahi akan membantu mengatasi masalah hidung tersumbat akibat pilek dengan membuka saluran pernafasan dari luar. Untuk membuat kompres hangat,

  • Rendam handuk dalam air hangat
  • Peras air dari handuk, kemudian melipatnya dan letakkan di hidung dan dahi

Kehangatan dapat memberikan rasa nyaman anak yang sedang selesma dan membantu meringankan peradangan pada lubang hidung. Ulangi kompres air hagat ini sesering mungkin.

9. Banyak Istirahat

Ketika flu melanda sebaiknya anda mengistirahatkan tubuh anda dan menghindari melakukan pekerjaan yang mengeluarkan energi besar. Cara ini sangat membantu tubuh mengatur ulang sistem dan menguatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus flu.

Bagaimana Dengan Obat Pilek

Banyak orang yang terburu-buru mengonsumsi obat flu yang banyak dijual secara bebas di apotik ketika mengalami pilek dan hidung tersumbat.

Pada dasarnya tidak ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Meski demikian beberapa jenis obat dapat meringankan gejala yang dialami penderita. Para ahli juga setuju penggunaan obat flu pada anak di bawah 5 tahun tidak disarankan.

Beberapa jenis obat Over The Counter seperti dekongestan, antihistamin dan obat penghilang rasa sakit mungkin membantu menghilangkan gejala tidak menyenangkan saat selesma, tapi obat-obatan tersebut tidak dapat mencegah dan tidak juga dapat memperpendek durasinya, dan bahkan sebagian besar obat-obatan tersebut memiliki efek samping.




Anda juga tidak perlu meminta obat anti biotik ke dokter ketika sakit selesma dan hidung tersumbat. Obat anti biotik dapat membunuh bakteri tapi tidak mampu melawan virus pilek.

Anda tidak akan sembuh lebih cepat dan penggunaan obat anti biotik yang tidak tepat akan menimbulkan masalah serius dan membuat bakteri berkembang dan bahkan resisten.

Bagaimana Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Sedang Pilek

Saat sedang mengalami selesma, hidung kadang tersumbat dan meneteskan banyak cairan ingus. Bahkan suara kadang terganggu dan terdengar sengau. Saat berusaha meniup udara dari hidung, tidak ada angin yang keluar.

Banyak orang beranggapan hidung tersumbat disebabkan banyaknya lendir di saluran hidung. Padahal, hidung tersumbat disebabkan peradangan pembuluh darah pada sinus. Kondisi ini biasanya dipicu oleh pilek, flu, alergi atau karena infeksi sinus.

Mandi air hangat di bawah shower dapat membantu mengatasi hidung tersumbat akibat pilek. Uap dari shower membantu menghilangkan lendir dalam hidung dan mengurangi peradangan yang terjadi. Setelah mandi pernapasan biasanya menjadi lega.

Dan bagi anda yang ingin mengeluarkan sedikit uang, bisa membeli saline nasal spray yang berisi laruan garam cair yang disemprotkan ke dalam hidung. Cara ini membantu mengatasi peradangan dan mengeluarkan lendir dari dalam hidung.

Banyak minum air putih dan konsumsi jus buah juga membantu mengurangi lendir dalam hidung dan sangat direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara maksimal.

Pada umumnya pilek dan hidung tersumbat akan sembuh sendiri dalam 10 hari. Dalam masa itu penderita mungkin merasa tidak nyaman. Konsumsi obat mungkin sedikit mengurasi gejala tidak nyaman tersebut tetapi tidak akan menyembuhkan pilek yang dialami.

Lakukan tips-tips alami di atas untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat secara alami. Demikian beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan pilek dan melegakan hidung tersumbat. Selamat mencoba, semoga lekas sembuh. []

Tulis Komentar