Cara Meredakan Sakit Leher dan Bahu Dalam 10 Menit

Sakit leher dan bahu adalah gangguan yang umum dialami banyak orang dalam berbagai usia. Pada umumnya rasa nyeri tersebut muncul di area sepanjang leher atau bahu saja tapi beberapa orang melaporkan mengalami rasa nyeri di leher dan bahu sekaligus.

Sakit leher atau otot terasa kaku pada bahu biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah beristirahat yang cukup. Kondisi ini sangat jarang menjadi pertanda adanya gangguan medis yang serius dan pada umumnya tidak perlu diwaspadai dengan rasa cemas berlebihan.




Penyebab Sakit Leher

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan otot leher jadi kaku dan terasa sakit saat digerakkan tapi pada umumnya rasa sakit tersebut muncul karena postur tubuh yang salah, ada otot yang terkilir, terlalu lama di depan komputer atau bahkan salah tidur.

Terkadang rasa cemas atau stres terhadap sesuatu juga dapat menyebabkan munculnya ketegangan pada area leher dan bahu dan menimbulkan rasa sakit, tapi setelah beristirahat rasa sakit biasanya akan hilang kembali.

Penyebab sakit leher meliputi:

  1. Kelainan pada tulang atau sendi
  2. Trauma
  3. Postur tubuh yang buruk
  4. Penyakit degeneratif
  5. Tumor
  6. Otot tegang

Penyebab Bahu Sakit

Cara menyembuhkan sakit pada leher dan bahu

Cara menyembuhkan sakit pada leher dan bahu

Bahu adalah salah satu persendian yang penting karena bertugas melayani segala macam jenis gerakan. Karena fungsinya seperti itu bahu lebih rentan mengalami cedera. Nyeri bahu dan sakit pada leher dapat ditimbulkan oleh penyebab berikut ini:







  1. Kelelahan
  2. Mengangkat beban berlebih
  3. Terjadi ketidakstabilan sendi bahu
  4. Dislokasi
  5. Patah tulang lengan atas
  6. Bahu kaku
  7. Saraf terjepit

Bagaimana Mengobati Sakit Leher dan Bahu

Rasa sakit pada leher atau bahu biasanya akan reda dengan sendirinya setelah tubuh beristirahat. Meski demikian jika rasa sakit tidak juga hilang maka ada baiknya anda mengonsumsi obat sakit leher yang biasanya berbentuk tablet untuk diminum atau gel yang dioleskan ke leher dan bahu.

Biasanya obat sakit leher untuk meredakan rasa sakit di sekitar leher dan bahu terdiri atas obat anti-inflamasi seperti ibuprofen atau naproxen. Pereda rasa sakit seperti acetaminophen (Tylenol) juga mungkin dianjurkan.

Tergantung pada sumber rasa sakit, obat-obatan antidepresan mungkin juga bisa membantu. Nyeri juga dapat diobati dengan membalut leher atau bahu dengan es. Untuk kasus yang jarang terjadi di mana dimana melibatkan sistem saraf atau sumsum tulang belakang, prosedur bedah mungkin diperlukan.

Menyembuhkan Sakit Leher dan Bahu Kaku Dengan Teknik Relaksasi

Meredakan rasa sakit leher dan bahuMeredakan rasa sakit pada leher dan bahu

Meredakan rasa sakit leher dan bahu

Saat sedang kambuh, nyeri di leher bisa sangat menyakitkan. Anda bisa saja menghilangkan rasa sakit tersebut menggunakan obat penghilang sakit tapi tentu saja cara ini bukan solusi yang baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Untuk menghilangkan rasa sakit pada leher akibat otot kaku bisa menggunakan beberapa teknik relaksasi sederhana sebagai berikut:

  1. Letakkan kedua tangan di dahi. Tekuk kepala ke depan dan gunakan kedua tangan untuk menahan gerakan kepala ke depan.
  2. Tempatkan jari saling terkait di belakang kepala. Dorong kepala ke belakang dan gunakan tangan untuk menahan dorongan tersebut
  3. Letakkan telapak tangan sedikit di atas telinga kanan anda dan dorong kepala ke kanan sementara tangan menahan.
  4. Sebaliknya letakkan tangan kiri di atas telinga kiri kemudian tahan gerakan kepala kiri.

Setiap kali Anda mengalami rasa sakit pada leher, yang pertama anda perlu lakukan adalah menganalisa penyebab rasa sakit tersebut. tanpa mengetahui alasannya, maka anda semakin sulit menyembuhkannya.

Untuk meredakan rasa sakit atau mencegah agar nyeri tersebut tidak lagi muncul di kemudian hari lakukan latihan-latihan relaksasi di atas secara teratur.

Demikian informasi singkat penyebab sakit leher dan cara mengatasinya menggunakan teknik relaksasi sederhana, semoga bermanfaat.

Tulis Komentar