Intip 5 Makanan untuk Memulihkan Stamina Setelah Sakit

Setelah sembuh dari sakit tubuh biasanya masih sangat lemah untuk beraktifitas normal. Untuk memulihkan stamina setelah sakit dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Manfaat dari nutrisi dan vitamin tersebut adalah mengembalikan kekuatan tubuh seperti sedia kala, agar aktifitas keseharian bisa kembali normal.

Tapi saat sedang sakit, nafsu makan biasanya akan berkurang secara drastis. Lidah cenderung terasa pahit. Dengan demikian, Anda pun seakan tidak berminat terhadap makanan.

Namun, kondisi ini biasanya akan pulih ketika Anda telah sembuh dari sakit. Lidah sudah tidak terasa pahit, nafsu makan pun lama-kelamaan akan berangsur pulih.

Makanan untuk memulihkan stamina setelah sakit

Makanan untuk memulihkan stamina setelah sakit

Baca juga: 7 Vitamin Terbaik Penambah Nafsu Makan

Nah, kondisi ini harus Anda manfaatkan secara optimal untuk memulihkan kondisi kesehatan Anda. Perlu Anda ingat, tubuh membutuhkan asupan yang sehat dan bergizi untuk membentuk sistem imun.

Jika Anda tidak dapat mencukupinya, bukan hal yang tidak mungkin bila penyakit yang sempat Anda derita akan datang kembali.

Lalu pertanyaan selanjutnya ialah: makanan apa yang baik untuk memulihkan kondisi tubuh bagi orang yang baru sembuh dari sakit? Di artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa jenis makanan untuk memulihkan stamina setelah sakit yang panjang.

Jenis-Jenis Makanan Untuk Memulihkan Stamina Setelah Sakit Parah

Berikut ini telah kami rangkum lima makanan yang dapat memulihkan stamina tubuh setelah sakit. Yuk, simak informasinya.

  1. Buah dan Sayur (Vitamin dan Mineral)

Buah dan sayur memiliki antioksidan yang sangat baik untuk pemulihan kondisi tubuh. Makanan ini pun sangat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Beberapa buah dan sayuran yang memiliki kandungan antioksidan yang baik, yaitu: kismis, blueberry, kubis mini, dan bayam.

Oh ya, selain mengandung antioksidan, sayur dan buah juga banyak mengandung kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk pemulihan kondisi tubuh setelah sakit.

Untuk hasil yang optimal, konsumsi vitamin dan mineral harus dibuat seimbang. Hal ini dikarenakan vitamin dan mineral bekerja saling bersinergi. Mineral membutuhkan vitamin agar bisa bekerja secara optimal.

Meskipun demikian, bukan sembarang vitamin yang dapat Anda konsumsi. Sebaiknya pilih vitamin yang berasal dari buah atau sayur ketimbang vitamin yang berbentuk suplemen. Selain itu, mineral yang efektif untuk pemulihan yaitu mineral organik yang banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan.

  1. Protein

Manfaat protein sangat banyak bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menyembuhkan dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak akibat sakit yang sempat diderita.

Mengingat fungsinya tersebut, konsumsi protein tentu mutlak untuk Anda lakukan jika ingin memulihkan stamina tubuh dengan cepat setelah sakit parah.

Protein dapat terkandung dalam daging (seperti daging ikan, ayam, ataupun sapi), telur, dan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tahu, tempe, ataupun selai kacang.

Oh ya, kandungan lemak yang berlebihan dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Oleh sebab itu, hindari makanan berlemak atau rempah-rempahan dalam porsi yang besar agar sistem pencernaan Anda tidak terganggu.

  1. Bakteri Probiotik

Mungkin sebagian dari Anda akan mengernyitkan dahi, bagaimana mungkin orang yang baru sembuh dari sakit akan diberi bakteri untuk proses pemulihan tubuh setelah sakit. Jika Anda termasuk yang demikian, Anda perlu membaca penjelasan di bawah ini.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa tidak semua bakteri itu “jahat”. Ada bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya ialah bakteri probitik.

Menurut beberapa pakar kesehatan, bakteri probiotik berperan hingga 60-80 persen dari total kekebalan imun tubuh. Selain itu, bakteri probiotik juga baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Bakteri probiotik dapat Anda temui pada olahan susu, seperti yoghurt, keju, atau minuman kesehatan yang mengandung bakteri probiotik.

Selain ditemui pada makanan olahan susu, bakteri probiotik juga bisa Anda temui pada buah-buahan seperti apel, berry, ataupun kacang.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu jenis rempah yang sangat baik untuk memulihkan stamina tubuh setelah sakit.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bawang putih mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan virus.

Selain itu, konsumsi bawang putih dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Jadi, konsumsi bawang putih di masa pemulihan sangat direkomendasikan.

Anda bisa memakan bawang putih secara mentah-mentah dalam bentuk acar, ataupun dimasukkan ke dalam masakan sebagai bumbu.

Baca juga: Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pada saat sakit, tubuh berisiko kekurangan cairan tubuh atau yang biasa dikenal dengan istilah dehidrasi.

Oleh sebab itu, pada saat pemulihan sebaiknya Anda perbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jangan menunggu minum air setelah Anda merasa haus.

Konsumsi air dalam jumlah cukup juga dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang terkandung dalam tubuh.

Anda bisa minum air mineral dalam jumlah cukup atau mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, ataupun jeruk.

Demikian 5 makanan yang wajib Anda konsumsi pada saat memulihkan stamina tubuh setelah sakit. Jika saat ini Anda sedang sakit cobalah untuk meningkatkan nafsu makan agar cepat sembuh.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, salam sehat!

Leave a Reply