7 Ciri-Ciri Sakit Pinggang Akibat Gangguan Pada Ginjal

Salah satu gejala penyakit batu ginjal yang paling umum adalah sulit buang air kecil atau mengeluarkan darah saat sedang kencing. Selain itu, batu ginjal juga ditandai dengan ciri-ciri sakit pinggang.




Meskipun sakit ginjal sering ditandai dengan pinggang yang sakit, faktanya tidak semua sakit pinggang merupakan gejala penyakit ginjal. Terdapat beberapa faktor lain yang tidak berhubungan dengan ginjal yang juga dapat menyebabkan pinggang sakit.

Untuk mengetahui lebih jelas apa saja perbedaan sakit pinggang dan sakit ginjal, kita perlu mengetahui posisi punggung dan ginjal yang terdapat di dalamnya.

Anatomi punggung dan jaringan saraf

Manusia memiliki tulang belakang yang memanjang dari atas hingga kebawah dengan ekor di bagian bawahnya. Pada bagian dalam, terdapat saluran yang berisi sumsum tulang belakang dan juga serabut-serabut saraf yang keluar menuju tulang duduk. Serabut tersebut menghubungkan jaringan bawah dengan otak dan rangsangan di dalamnya.

Sumsung tulang belakang juga berhubungan dengan syaraf-syaraf lainnya di dalam tubuh, misalnya syaraf tangan, otot-otot, lengan, dan di daerah dada. Tulang belakang juga berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah agar metabolisme berjalan dengan baik.

Kembali pada kaitan ginjal dengan sakit pinggang. Karena strukturnya yang berada di area pinggang, orang kadang salah mendiagnosa sakit pinggang sebagai gangguan ginjal, meskipun memang sakit ginjal akan menyebabkan pinggang terasa sakit.




Ciri-ciri sakit pinggang akibat gangguan ginjal

Ciri-ciri sakit pinggang akibat gangguan ginjal

Ciri-Ciri Sakit pinggang karena (batu) ginjal

Seperti dijelaskan di atas, tidak semua sakit pinggang disebabkan penyakit ginjal. Adapun ciri-ciri sakit pinggang akibat gangguan ginjal adalah sebagai berikut:

  • Rasa nyeri berlokasi di bagian atas punggung bawah, atau sedikit di bawah perbatasan antara punggung atas dengan punggung bawah.

Bila Anda mengalami sakit pinggang di bagian tersebut kemungkinan besar anda memiliki masalah pada ginjal. Sebab organ ginjal berada tepat di lokasi tersebut. Bila anda merasakan nyeri ini dalam waktu yang lama, maka segeralah berkonsultasi kepada dokter.

  • Sakit menjalar ke daerah perut kiri tengah atau perut kanan tengah, sesuai dengan ginjal mana yang sakit.

Ginjal pada setiap tubuh diciptakan berpasangan, satu berada di bagian kanan dan lainnya pada bagian kiri. Jika Anda merasakan sakit pada bagian kiri atau kanan perut, maka patut diduga bahwa ada hubungannya di bagian ginjal kanan atau kiri.

  • Pada laki-laki, jika batu ginjal turun mendekati kantong kencing, nyeri akan menjalar ke buah zakar (testis).

Bagi kaum pria yang pernah merasakan sakit pada buah zakat/testis, cobalah untuk menganggapnya sebagai keadaan yang serius. Sebab, buah zakar juga berkaitan dengan ginjal bagi para pria, khususnya ureter sebagai saluran buang air kecil.




Untuk mengatasinya Anda perlu mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang banyak, hingga batu ginjal keluar melalui saluran kencing.

  • Sakit pada pinggang (Sering) disertai rasa tegang pada perut; rasa ingin buang angin tapi susah, rasa ingin buang air besar tapi sulit.

Rata-rata orang akan membuang angin atau air besar ketika perut mereka cukup kesakitan. Beberapa orang yang memiliki kesulitan untuk membuang keduanya berpotensi mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah masalah pada ginjal. Biasanya rasa tersebut akan muncul selama beberapa hari hingga beberapa minggu secara rutin.

  • Sakit pinggang sering disertai berkeringat dingin dan pucat jika nyeri hebat.

Keringat dingin karena takut dengan bos adalah hal yang wajar bagi setiap orang. Tetapi keringat dingin yang diakibatkan oleh tidak stabilnya metabolisme tubuh akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Saat metabolisme tubuh buruk, ginjal juga mendapat imbasnya. Orang akan mengalami kesakitan yang luar biasa hebat bila tidak ditangani sesegera mungkin.

  • Sakit pinggang menetap dan tidak dipengaruhi oleh postur/sikap tubuh; istirahat ataupun berbaring tidak meredakan rasa nyeri.

Biasanya sakit pada pinggang dapat segera hilang bila Anda menjalankan serangkaian istirahat yang cukup atau dengan mengoleskan minyak maupun salep.

Namun hal yang berbeda terjadi ketika Anda mengalami rasa nyeri pada pinggang yang tidak dapat disembuhkan. Bisa jadi keadaan tersebut adalah salah satu faktor yang menandakan adanya kerusakan pada ginjal.

  • Sakit pinggang disertai dengan atau tanpa keluhan kencing

Tidak hanya pada pinggang, tetapi juga dapat dilihat dari tingkah saat mengeluarkan air kencing. Seseorang yang menderita penyakit pada ginjal biasanya akan memiliki keluhan seperti tidak bisa kencing, kencing menetes atau tersendat, kencing yang tinggi intensitasnya tetapi tidak lancar, dan kencing yang berwarna kemerahan.

Demikian beberapa ciri-ciri sakit pinggang yang berkaitan dengan gangguan pada ginjal. Tidak ada salahnya untuk berhati-hati dengan segala kemungkinan terburuk, bukan berarti pesimis terhadap segala hal. Justru Anda bisa segera melakukan pananganan sebelum terlambat.

Penanganan yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Jika Anda memiliki waktu luang, sempatkanlah untuk melakukan sedikit olahraga secara rutin.

Beberapa jenis olahraga terbukti dapat meringankan ganggguan pada ginjal. Pola makan yang teratur juga perlu diperhatikan agar ginjal tidak memiliki beban kerja yang tinggi.

Komitmen adalah salah satu yang wajib Anda terapkan untuk mendapat hasil yang optimal. Dengan berkomitmen hidup sehat maka memiliki potensi untuk sembuh atau memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Leave a Reply