Ciri-Ciri Sakit Pinggang Akibat Penyakit Ginjal

Sakit pinggang adalah keluhan yang sangat umum dialami oleh semua orang pada semua usia. Tapi meski demikian sakit pinggang bukanlah penyakit yang boleh disepelekan.

Ketika anda mengalami sakit pinggang kronis, aktivitas keseharian anda akan terganggu. Agar bisa mengobatinya, anda harus mengerti penyebab dari penyakit pinggang itu sendiri.




Jika penyebab hanya karena komplikasi kecil pada otot atau tulang mungkin bisa dengan mudah dihilangkan dengan minum obat dari dokter, namun anda perlu waspada jika ternyata penyebabnya adalah penyakit ginjal.

Meski tidak selalu, salah satu gejala penyakit ginjal adalah timbulnya rasa sakit pada pinggang. Jenis penyakit ginjal yang umum dalam hal ini adalah infeksi ginjal dan batu ginjal.

Apa Itu Sakit Pinggang?

Nyeri di tubuh bagian bawah sering disebut sebagai sakit pinggang atau lumbago. Rasa nyeri tersebut bervariasi, ada yang ringan tapi beberapa juga sangat parah sehingga untuk bergerak pun akan terasa sakit.

Sakit pinggang disebut akut atau kronis jika telah berlangsung lebih dari tiga bulan. Dalam hal ini penderita perlu mendatangi dokter untuk mencari tahu penyebab dan melakukan langkah pengobatan.

Pada umumnya orang akan mengalami sakit pinggang sekali atau beberapa kali dalam hidupnya. Gangguan ini dapat terjadi pada semua kelompok usia tapi lebih umum dialami oleh orang tua atau pada orang muda yang bekerja melibatkan otot.




Dalam kebanyakan kasus, sakit pada pinggang bisa menetap selama beberapa minggu lalu sembuh dengan sendirinya atau setelah mendapat perawatan. Dalam beberapa kasus lain sakit pinggang bisa menetap dalam waktu yang sangat lama.

Ciri-ciri sakit pinggang akibat penyakit ginjal

Ciri-ciri sakit pinggang akibat penyakit ginjal

Penyebab Sakit Pinggang

Dalam sebagian besar kasus, penyebab sakit pinggang sulit diidentifikasi tapi meski demikian terdapat beberapa kondisi umum yang dialami pasien yang dapat dianggap sebagai penyebab sakit pinggang yaitu sebagai berikut:

1. Masalah pada otot

Jika anda sering melakukan aktivitas fisik seperti mengangkat beban berlebih maka anda berpotensi mengalami sakit pada pinggang. Otot anda menjadi “kaget” dan memicu terjadinya rasa nyeri atau sakit di bagian pinggang.

Selain itu otot bisa juga mengalami kelelahan karena anda duduk terlalu lama, berdiri terlalu lama atau tanpa melakukan gerakan apapun terlalu lama. Tindakan ini menjadikan otot pinggang anda mengalami kelelahan sehingga muncullah nyeri pinggang.

2. Ada benjolan atau robekan bantalan tulang

Sakit pinggang bisa juga disebabkan karena adanya benjolan atau robekan pada bantalan tulang punggung anda. Kejadian ini mengakibatkan nyeri pinggang yang teramat dalam. Benjolan atau robekan bisa muncul karena terjatuh, mengangkat beban berat atau bantalan tulang terkena benda keras.

3. Terjadi radang sendi

Berhati-hatilah, sakit pinggang juga bisa disebabkan karena radang sendi pada punggung. Sendi yang kekurangan pelumas atau protein bisa terasa sakit saat digerakkan. Untuk itu jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat setiap harinya

Gangguan pada sendi bisa menjalar pada organ lain sehingga seluruh tubuh terasa sakit. Kondisi in paling umum dialami oleh orang yang telah lanjut usia.

4. Adanya kelainan pada sendi

Kelainan sendi bisa terjadi pada siapa saja, baik yang terjadi sejak lahir atau karena kecelakaan tertentu sehingga organ tubuh cacat. Kelainan pada kelengkungan tulang belakang bisa mengakibatkan pinggang terasa sakit.

5. Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang terjadi karena kepadatan tulang berkurang. Penyakit ini sering menimpa orang yang telah berumur lebih dari 50 tahun karena adanya pengeroposan tulang. Namun tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh orang yang lebih muda.

Penyakit osteoporosis merupakan penyakit pada tulang yang mengurangi kepadatan tulang. Jika sakit pinggang di karenakan osteoporosis berarti kepadatan tulang belakang berkurang sehingga menjadi penyebab sakit pinggang terjadi.

6. Menggunakan sepatu high heels 

Sakit pinggang juga bisa disebabkan karena penggunaan high heels atau sepatu berhak tinggi secara berlebihan. Kondisi ini palign sering dialami oleh wanita muda yang sering keluar rumah menggunakan sepatu jenis ini.

Penggunaan high heels akan menyebabkan timbul tekanan pada tulang punggung. Akibatnya pinggang terasa sakit setelah jangka waktu beberapa jam pemakaian.




Selain gangguan pada tulang, penggunaan sepatu high heels juga dapat menimbulkan penyakit varises atau kelainan bentuk kaki jika terlalu sering digunakan.

7. Gejala Penyakit ginjal

Nah yang satu ini mungkin belum banyak diketahui, ternyata sakit pinggang juga erat kaitannya dengan penyakit ginjal. Meski tidak selalu tapi salah satu gejala penyakit ginjal adalah munculnya nyeri pada pinggang.

Seorang penderita sakit ginjal umumnya mengalami rasa sakit di bagian pinggang sebelah kiri atau kanan. Tapi untuk mengetahui penyebab sakit tersebut diperlukan diagnosa dari dokter.

Jika penyebab sakit pinggang karena adanya gangguan pada ginjal maka dokter akan merekomendasikan beberapa perawatan yang dibutuhkan. Jika gangguan ginjal sangat parah maka kemungkinan penderita perlu menjalani cuci darah atau dialisis.

Ciri-Ciri Sakit Pinggang Akibat Penyakit Ginjal

Jika anda kesulitan untuk membedakan sakit pinggang yang disebabkan gejala penyakit ginjal dan yang bukan. Berikut ini ada ciri atau gejala khas nyeri pinggang yang disebabkan oleh gangguan ginjal.

  1. Nyeri secara tiba-tiba dan bersifat kolik
    Jika nyeri pinggang terasa datang tiba-tiba tanpa ada penyebab seperti karena terjatuh, bahkan terasa berat dan sangat sakit hingga berguling guling, bisa jadi ini pertanda batu ginjal.
  2. Berada di bagian samping, bawah tulang punggung
    Nyeri yang terjadi pada bagian belakang samping, di bawah tulang punggung dan disertai dengan penjalaran pada bagian bawah perut, lipat paha atau daerah kemaluan besar kemungkinan adalah gejala penyakit batu ginjal.
  3. Bersamaan dengan waktu buang air kecil
    Apabila anda juga merasa nyeri ketika melakukan buang air kecil, maka kemungkinan batu ginjal semakin besar.
  4. Saat buang air kecil disertai darah
    Apalagi jika nyeri tersebut disertai dengan keluarnya nanah pada saat buang air kecil. Bahkan urine berwarna pink, coklat atau merah. Segeralah memeriksakan diri ke dokter.
  5. Aroma urine berbau
    Urine yang dihasilkan oleh penderita batu ginjal seringkali berbau busuk atau tidak sedap. Berhati-hatilah jika mengalami hal ini.
  6. Nyeri disertai mual dan sering muntah
    Sakit pinggang disertai dengan nyeri dan muntah menjadi salah satu ciri bahwa sakit pinggang ini adalah gejala batu ginjal.
  7. Disertai buang air yang lebih sering
    Gejala lain berupa buang air yang lebih sering dibandingkan biasanya dan jika sudah ada infeksi maka penderita rentan mengalami panas dan menggigil.

Namun jika ingin mengetahui lebih pasti bahwa gejala sakit pinggang tersebut diakibatkan batu ginjal, maka anda harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan USG dan X-Ray agar bisa memberikan hasil diagnosa yang tepat.

Gejala batu ginjal sering tidak terlihat mencolok sehingga banyak diabaikan oleh penderitanya. Salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan minum air lebih banyak, mengurangi konsumsi gula dan garam dan jangan duduk di lebih dari 60 menit serta perbanyak bergerak.

Ada banyak faktor penyebab sakit ginjal, jika organ ini rusak maka kualitas hidup kita akan terganggu karena itu ada baiknya mulai menjaganya dari sekarang.

Komentar dan Tanggapan

  1. raga sehat December 8, 2016

Tulis Komentar