Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Alami

Berat badan berlebih adalah salah satu masalah kesehatan yang juga berdampak pada penampilan. Orang yang kegemukan biasanya tidak percaya diri dengan penampilannya di depan umum.




Mungkin sudah banyak program diet yang dilakukan tapi, mulai dari diet mayo sampai diet COD ala Deddy Corbuzer, tapi kadang hasil tidak  memuaskan. Karena itu melalui artikel pengensehat.com kali ini kita akan membahas beberapa tips diet alami untuk menurunkan berat badan.

Jika sudah mencoba berbagai jenis diet mengapa orang kerap gagal menurunkan berat badannya? Dari beberapa penelitian diketahui penyebab diet berat badan gagal adalah karena hal-hal yang sederhana seperti tidak disiplin, memandang remeh dan tidak siap mental.

Sebagian besar mereka-mereka yang gagal diet memiliki kesamaan yaitu tidak konsisten menjalankan programnya. Satu atau dua bulan pertama mereka masih kuat, tapi memasuki bulan kedua, apalagi jika berat badan tidak juga turun, mereka mulai tergoda untuk sedikit mencicipi beberapa pantangan. Dan akhirnya mereka harus mulai dari pertama lagi.

Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Alami

Hal utama yang harus diperhatikan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan adalah komiten untuk mengatur pola hidup sehat secara disiplin sebelum melangkah ke tahap diet selanjutnya.

Berikut ini beberapa tips diet alami untuk menurunkan berat badan dengan cepat, silahkan ikuti petunjuknya dengan konsisten.

1. Biasakan sarapan dengan mengkonsumsi buah-buahan




Ketika anda bangun tidur, konsumsilah segelas air putih hangat yang dicampur dengan air perasan lemon dan madu. Setelah 15 menit kemudian, konsumsi buah-buahan seperti apel, alpukat, pisang, dan lainnya. Jangan konsumsi makanan selain buah-buahan hingga pukul 12 siang.

Pagi hari adalah saat yang berat bagi sistem pencernaan melakukan tugasnya setelah semalaman bekerja. Karena itu lebih baik mengkonsumsi buah di pagi hari ketimbang konsumsi makanan berat.

Diet alami untuk menurunkan berat badan

Diet alami untuk menurunkan berat badan

2. Makan sedikit daging

Bagi anda yang suka sekali dengan menu protein hewani, mulailah mengurangi porsinya dan menggantikannya dengan asupan sayuran dan protein nabati. Anda yang memang menyukai daging, bisa mengkonsumsi ikan adalah pengganti protein daging yang lebih sehat.

Dengan mengurangi daging sapi dan ayam, asupan kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh anda akan berkurang. Sementara itu ikan kaya akan omega 3 yang membuat kulit anda semakin sehat.

Makanlah protein hewani (daging, ayam atau ikan) antara pukul 1 siang sampai pukul 6 sore. Mengurangi asupan protein hewani sangat membantu menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Kurangi asupan gula

Salah satu diet alami untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan gula. Gula mengandung kalori yang digunakan sebagai cadangan lemak. Oleh karena itu kurangi asupan makanan yang manis-manis. Anda bisa mengganti gula anda dengan gula rendah kalori agar asupan kalori tidak berlebih.

Gula adalah makanan olahan yang sangat berbahaya dan sebaiknya dihindari. Jika butuh yang manis-manis, Anda bisa menggunakan madu alam sebagai ganti gula yang biasa anda gunakan.

4. Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda bersifat asam dan sangat tidak sehat, apalagi di dalamnya terdapat kandungan gula yang sangat tinggi. Minuman bersoda dapat menaikkan berat badan dalam waktu singkat karena setiap gramnya mengandung 7 kalori.




Anda bisa membiasakan diri meminum yoghurt atau minuman fermentasi sebagai pengganti minuman bersoda. Cara ini termasuk diet alami yang dapat menurunkan berat badan dengan mudah.

5. Atur makanan yang bervariasi setiap hari

Sangat dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun sering dibandingkan dengan sekali makan dalam porsi yang banyak karena hasilnya pun berbeda.

Makan sekali dengan porsi yang banyak akan membuat tubuh semakin gemuk. Hindari penggunaan menu yang sama berkali-kali dalam sehari untuk mengurangi penumpukan unsur tertentu dalam tubuh terlalu banyak.

Makanan sehat tidak perlu yang mahal, yang penting memenuhi aturan 4 sehat 5 sempurna. Biasakan mengkonsumsi air putih 8 gelas per hari agar racun dalam tubuh mudah dibuang.

6. Rutin berolahraga

Jogging selama 30 menit setiap hari, push up, berenang, dan sit up merupakan jenis olahraga yang murah meriah dan juga terbukti efektif dalam menurunkan berat badan dengan cepat. Selain lemak berkurang badan pun akan terasa jauh lebih segar dan sehat.

7. Hindari cemilan

Cemilan hanya akan menambah asupan lemak jahat kedalam tubuh anda. Apalagi cemilan yang dijual biasanya mengandung gula tinggi dan bahan pengawet yang tidak sehat. Terlalu sering mengemil dapat menghancurkan program diet anda dan membuat tubuh anda semakin gemuk.

Bagaimana jika anda lapar? makanlah buah setiap kali anda lapar. Selain rasanya menyenangkan, buah juga sangat baik bagi kesehatan.

Demikian beberapa tips dalam menjalankan program diet sehari-hari. Jika anda konsisten menjalankan tips diet alami menurunkan berat badan di atas maka hasil yang anda inginkan dapat tercapai dengan cepat. Setelah sebulan berat badan akan berkurang dan tubuh anda akan terasa lebih sehat, semoga bermanfaat .

Tulis Komentar

Loading...