5 Gejala Awal Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes melitus atau dikenal juga sebagai penyakit kencing manis memiliki gejala awal tertentu yang akan dialami oleh penderitanya.




Terlambat mengenali gejala diabetes sejak dini berdampak terlambatnya penanganan dan kemungkinan diabetes menjadi semakin parah.

Penyakit ini terjadi karena adanya kelainan dari sistem insulin yang terjadi akibat berlebihnya kadar dari glukosa yang terjadi di dalam darah.




Diabetes sendiri memiliki dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes dengan tipe 2. Walaupun sebenarnya keduanya memiliki hubungan yang sama yaitu adanya gula darah secara berlebih.

Mengenali Tipe dan Jenis Diabetes

Diabetes tipe 2 umumnya diderita paling banyak oleh orang dewasa yang memiliki usia di awal tiga puluh lima. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu hingga saat ini, diabetes tipe 2 juga telah banyak diderita oleh anak muda yang berada di usia dua puluh hingga dua puluh lima ke atas.

Penyebab diabetes yang paling umum dikarenakan pola makan yang kurang tepat dan juga tidak teratur. Hal tersebut kemudian diperparah dengan aktivitas sehari-hari yang selalu sibuk dan stres sehingga jarang berolahraga.

Padahal diabetes dengan tipe 2 ini adalah jenis diabetes yang sulit untuk dikenali gejala awalnya sebelum keluar hasil diagnosis laboratorium, yaitu dengan cara melakukan pengecekan melalui tes gula darah.




Sehingga, hal pertama yang harus dilakukan saat mengalami positif gula darah adalah dengan merubah pola hidup seperti melakukan olah raga dengan teratur dan juga makan dengan teratur. Selain itu juga melakukan diet untuk mengurangi asupan karbohidrat.

Gejala diabetes melitus

Gejala diabetes melitus

Ciri-Ciri dan Gejala Diabetes

Karena sulit untuk dikenali atau dideteksi gejalanya, terkadang penderita diabetes akan merasa bahwa ia tidak mengalami penyakit gula tersebut.

Akan tetapi, beberapa ciri atau gejala diabetes di bawah ini mungkin bisa membantu seseorang untuk mengenali gejala awal diabetes maupun juga untuk mencegah agar tidak terjadinya penyakit tersebut, yaitu;

  1. Mati rasa; yaitu gejala diabetes di mana bagian tubuh tertentu mengalami mati rasa atau kebas maupun juga kesemutan. Baik di tangan, jari-jari, ataupun kaki yang terjadi karena adanya peningkatan dari kadar gula darah yang menyebabkan serabut saraf mengalami kerusakan. Ini adalah peringatan atau gejala paling awal yang terjadi.
  2. Sering buang air kecil; juga merupakan gejala dari terjadinya penyakit diabetes. Jika mengalami keinginan atau dorongan yang sering untuk buang air kecil, maka sebaiknya berkonsultasi pada dokter untuk mengatasinya lebih awal.
  3. Berat badan berkurang; meskipun sebenarnya ini bukan gejala diabetes yang spesifik tapi umumnya penderita mengalami penurunan berat badan di awal menderita penyakit ini.
  4. Nafsu makan lebih meningkat; yaitu sulit untuk dikendalikan. Hal ini karena tubuh kurang asupan glukosa dari makanan sehingga membuat perut selalu lapar.
  5. Penglihatan menjadi buram atau kabur; gejala ini adalah keluhan yang paling seruh dialami oleh penderita diabetes dimana penglihatan mereka menjadi kurang jelas atau buram dan juga kabur. Hal ini terjadi karena kadar dari glukosa melonjak naik, sehingga pembuluh darah menjadi rusak dan membatasi cairan yang masuk ke mata. Hal inilah yang membuat kondisi dari lensa mata akan berubah bentuknya.

Gejala-gejala diabetes di atas tidak mutlak dan bisa saja terjadi dengan berbeda-beda pada tiap-tiap penderita. Akan tetapi gejala atau ciri tersebut sebenarnya seringkali terjadi sebagai peringatan awal dari penderita diabetes.

Oleh karena itu setiap orang yang mengalami tanda atau gejala seperti di atas perlu memeriksakan diri ke dokter atau tes darah untuk mengetahui kadar gula darahnya, apakah normal atau tidak.

Mengetahui dari awal akan memudahkan penderita melakukan perubahan gaya hidup lebih cepat dan mencegah terjadinya komplikasi penyakit yang lebih parah.

Tulis Komentar

Loading...