6 Jenis Makanan Penurun Asam Urat yang Wajib Anda Ketahui

Asam urat adalah penyakit pada persendian yang menimbulkan rasa sakit luar biasa saat kambuh. Kekambuhan asam urat salah satunya disebabkan karena mengonsumsi makanan penyebab asam urat. Sebaliknya, penyakit ini bisa dicegah dengan cara mengonsumsi makanan penurun asam urat yang banyak berada di sekitar kita.

Ya, hasil penelitian dari banyak pusat penelitian menyebut kandungan mineral dalam beberapa jenis makanan dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah secara alami, contohnya adalah makanan dengan serat tinggi.




Terjadinya penumpukan asam urat di dalam sendi, merupakan penyebab utama timbulnya rasa sakit. Asam urat yang seharusnya dibuang dalam bentuk urine, dan sebagian kecil lainnya melalui saluran ekskresi dalam bentuk tinja, tidak bisa terbuang seluruhnya menyebabkan penumpukan.

Penumpukan limbah asam yang berbentuk kristal ini, bisa terjadi selama bertahun-tahun lamanya tanpa disadari penderitanya. Suatu waktu, ketika kristal-kristal tajam natrium urat bisa keluar dari tulang, kemudian membentuk lapisan lembut yang disebut dengan sinovium, barulah menimbulkan rasa sakit.

Rasa sakit yang dirasakan penderita asam urat biasanya cukup parah, sehingga menghambat aktivitas sehari-hari. Penderita akan semakin mengeluhkan nyeri yang menyerang sendi saat cuaca dingin.

Beberapa jenis makanan sehari-hari termasuk yang tinggi serat bekerja membantu tubuh membuang atau bahkan menghilangkan asam urat dalam darah. Itulah sebabnya mengonsumsi jenis makanan tersebut disebut dapat menurunkan asam urat, sehingga sangat direkomendasikan bagi penderita.

Penyakit asam urat sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa diobati. Tindakan pencegahan atau mengurangi kadar asam urat yang ada dalam tubuh bisa dilakukan dengan melakukan pengobatan secara medis. Selain itu, juga bisa dengan cara mengkonsumsi makanan penurun asam urat.




Jenis makanan penurun asam urat

Jenis makanan penurun asam urat

6 Jenis Makanan Penurun Asam Urat

Beberapa makanan dapat digolongkan sebagai makanan penurun asam urat, karena memang membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini tentunya sangat membantu penderita dalam mengurangi rasa sakit yang muncul.

Perlu diketahui, bahwa mengatur pola makan merupakan salah satu alternatif untuk menurunkan asam urat dalam darah. Pola makan yang sehat, selain membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan juga bisa menghalau kemungkinan penyakit kronis lain, karena pola makan yang salah, seperti diabetes.

Berikut beberapa jenis makanan penurun asam urat:

1. Makanan berserat tinggi

Semua jenis makanan yang berserat tinggi, baik untuk penderita asam urat karena bisa mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Selain itu, makanan yang mengandung serat bisa mempermudah penyerapan gizi dan nutrisi yang ada di dalam tubuh.

Kabar baiknya lagi, serat mampu membuang kadar asam urat yang ada di dalam darah dengan cara membantu proses pembuangannya melalui urin dengan proses penyaringan di dalam ginjal.

Sumber serat di dalam makanan bisa didapatkan dengan mudah dalam beberapa jenis sayuran dan buah. Berikut ini beberapa sayuran dan buah penurun asam urat:

  • Seledri
  • Oats
  • Kale
  • Sawi
  • Tomat
  • Wortel
  • Kubis dan
  • Brokoli

Sayuran dan buah-buahan dikenal sebagai makanan penurun asam urat yang sangat ampuh. Sayuran dan buah yang berserat tersebut, bisa diolah sesuai dengan selera masing-masing.

2. Makanan berkalium tinggi

Kalium merupakan ion dalam tubuh yang memegang perang penting untuk menjaga keseimbangan pH (keasaman) di dalam darah. Yang paling penting, kalium yang terkandung dalam beberapa jenis makanan, bisa membantu meningkatkan proses pengeluran asam urat oleh ginjal.

Kalium yang berasal dari beberapa jenis makanan tersebut, juga bisa mencegah pembentukan kristal asam urat di dalam ginjal, dan mencegah terjadinya batu ginjal yang disebabkan oleh kadar asam urat yang tinggi.

Kandungan kalium yang tinggi bisa ditemukan pada beberapa jenis makanan penurun asam urat berikut ini:

  • Pisang
  • Kentang
  • Tomat
  • Yogurt

3. Makanan berkarbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks merupakan jenis makanan penyembuh asam urat yang sangat efektif. Mengapa jenis makanan ini dianjurkan? Sebab, pemilihan makanan berkarbohidrat sederhana semisal gula pasir, gula merah, berbagai jenis kue, madu, cokelat dan susu, bisa meningkatkan kadar fruktosa yang akan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh kita.

4. Air dan Teh Hijau




Air bisa membantu tubuh untuk membuang asam urat yang tinggi melalui urine, sedangkan teh hijau akan membantu tubuh mengeluarkan semua limbah dan kotoran dalam tubuh, yang bisa memicu kadar asam urat tinggi.

Mengkonsumsi teh hijau, juga bisa menurunkan kadar LDL karena mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Minum dua cangkir teh hijau setiap hari, bisa membantu tubuh lebih sehat untuk penderita asam

Sebarkan!! Asam urat bisa dihindari dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu seperti… Click to Tweet
urat dan juga penderita kolestrol tinggi.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan penurun asam urat yang sangat spesial. Berbeda dengan beberapa jenis daging yang harus dihindari penderita asam urat, ikan salmon justru aman dikonsumsi, yang penting dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Kandungan lemak omega 3 dalam ikan salmon, baik untuk meningkatkan perlindungan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit akibat peradangan. Itulah sebabnya ikan salmon digolongkan sebagai makanan penghilang asam urat sejak dulu kala.

6. Jeruk nipis

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh kita. Itulah sebabkan jeruk nipis juga dikenal sebagai makanan penurun asam urat.

Menurut sebuah artikel penelitian “Arthritis and Rheumatism” pada tahun 2005, mengkonsumsi asam askorbat atau vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis, maupun jenis makanan lain seperti buah pepaya, jeruk maupun stroberi sebanyak 500 miligram per hari selama 2 bulan, terbukti mampu  menurunkan kadar asam urat dalam darah secara signifikan. Cara mengkonsumsinya sangat mudah : minum air perasan jeruk nipis 2 gelas per hari.

Rasa sakit yang luar biasa pada persendian adalah salah satu ciri khas dan gejala asam urat. Jika anda salah seorang penderitanya, mulai sekarang hindarilah pantangannya dan mulai aktif mengonsumsi makanan penurun asam urat seperti dijelaskan di atas.

Komentar dan Tanggapan

  1. Maksi June 29, 2017

Tulis Komentar