3 Jenis Obat Tradisional untuk Sembuhkan Batuk Secara Alami

Batuk sering menyerang siapa saja dikala musim hujan atau musim pancaroba. Saat gangguan tersebut datang aktifitas jadi tidak menyenangkan dan bahkan bisa mengganggu orang-orang di sekitar. Karena itu banyak orang yang mengonsumsi obat untuk menyembuhkannya dengan cepat.

Obat batuk termasuk jenis obat yang bisa dibeli bebas di apotik dan tidak membutuhkan resep dokter, tetapi jika tidak kunjung juga sembuh padahal sudah berbulan-bulan sakit maka ada baiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya.




Ada banyak penyebab batuk terjadi, bisa karena terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, minuman dingin, flu, atau virus bakteri. Pendek kata sakit ini pasti sangat mengganggu aktivitas harian anda dan juga sangat melelahkan. Jika tidak disembuhkan penyakit ini bisa membuat perut anda kram dan dada sakit atau sesak karena terus menerus terguncang.

Cara Menyembuhkan Batuk dengan Obat Tradisional

Selain menggunakan obat konvensional, anda pun bisa meminum obat batuk tradisional atau herbal untuk mengatasi sakit yang membandel. Obat tradisional tentunya lebih aman digunakan dan pastinya tidak menciptakan ketergantungan.

Beberapa rempah dan tanaman di sekitar kita bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk secara alami. Tanaman-tanaman obat seperti ini sangat penting dibudidayakan di rumah masing-masing.

1. Jeruk nipis

Jeruk nipis menempati urutan pertama sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan ini, orang-orang tua jaman dulu selalu menggunakan ramuan jeruk nipis untuk berbagai gangguan pada leher.




Anda cukup menggunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap atau madu. Perbandingannya adalah 1 sendok jeruk nipis ditambahkan 1 sendok madu atau kecap. Konsumsi 2-3 kali sehari secara rutin hingga sembuh.

Obat batuk tradisional

Obat batuk tradisional

2. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh yang terkenal asam ternyata mujarab untuk mengobati rasa tidak nyaman di leher. Bersihkan 10 buah belimbing wuluh kemudian diparut hingga halus. Masukkan kedalam gelas kemudian tambahkan air dan sedikit garam untuk menetralisir rasa asam. Saring dan buang ampasnya. Minum secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

3. Teh dan jahe

Selain yang asam-asam, minuman hangat juga bisa menyembuhkan batuk yang melanda. Masukkan jahe yang sudah dibersihkan dan dimemarkan kedalam teh. Minum selagi hangat secara rutin 2-3 kali sehari. Anda dijamin tidak akan terbatuk lagi.

Batuk itu sendiri terdiri dari berdahak dan kering. Tanaman alami yang digunakan tetap sama namun dikombinasikan dengan tanaman lain untuk mengatasi jenis yang dimaksud.

1. Batuk berdahak




Ada beberapa tanaman yang bisa digunakan untuk mengatasi jenis yang berdahak, yaitu:

a. Jahe dan daun sirih
Rebus 7 lembar daun sirih beserta sedikit potongan jahe kedalam 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tadi sebanyak sekali sehari.

b. Jahe dan kencur
Parut jahe hingga halus kemudian campurkan dengan sedikit kencur. Rebus dengan segelas air hingga mendidih. Minum selagi hangat dan konsumsi secara rutin 2 kali sehari.

c. Daun sirih dan jahe
Rebus daun sirih bersama jahe secukupnya kemudian minum air rebusannya. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

2. Batuk kering

Entah itu jenis berdahak atau kering dua-duanya sama-sama mengganggu. Berikut ini tanaman yang digunakan sebagai ramuan alami mengusir penyakit ini.

a. Kunyit dan merica
Siapkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan dan merica setengah sendok teh. Masukkan campuran tersebut pada air mendidih kemudian aduk rata. Minum selagi hangat sebanyak 2 kali sehari. Kunyit mampu mengatasi peradangan saluran pernafasan yang menyebabkan batuk kering. Selain itu kunyit kaya akan kandungan antibiotic.

b. Jahe merah
Siapkan jahe merah sepotong ibu jari. Kunyah hingga halus, telan airnya, kemudian buang ampasnya. Batuk kering yang anda derita dijamin sembuh ketika rutin mengkonsumsi jahe merah ini.

Demikian beberpa jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai obat batuk tradisional yang alami. Anda bisa memilih ramuan yang anda sukai untuk menyembuhkan sakit anda. Jangan khawatir akan efek samping karena tumbuhan tersebut adalah bahan non kimia yang bagus untuk tubuh.

Tulis Komentar