Kenali Jenis Jus Buah yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Belakangan, banyak pakar kesehatan gizi mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi jus buah-buahan tertentu seseorang bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Tetapi beberapa pakar lain mempertanyakan tingginya kandungan gula dan kalori yang terdapat dalam jus buah tersebut yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula darah.




Meski demikian, sepertinya ada kesepakatan bahwa jus buah yang mengandung serat memang dapat menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin.

Banyak pakar gizi melakukan riset dengan membuat jus dengan campuran buah-buahan dan sayur-sayuran untuk mendapatkan komposisi gizi yang seimbang.

Riset ini tampaknya membuahkan hasil yang baik karena sampai saat ini belum ada orang yang mengeluhkan jus campuran ini.

Saat ini banyak sekali produk jus kemasan di pasaran. Namun, kebanyakan jus-jus dalam kemasan telah dicampur zat-zat lain, seperti zat perasa buah-buahan, ataupun zat lainnya.

Maka alangkah lebih baik jikalau kita membuat sendiri jus buah di rumah, tentu itu lebih sehat dibandingkan dengan membeli jus dalam kemasan siap minum.




Baca juga: 8 Jenis Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Membuat jus buah untuk menurunkan berat badan

Membuat jus buah untuk menurunkan berat badan

Diet Dengan Jus Buah Untuk Menurunkan Berat Badan

Bersyukurlah karena kita tinggal di Indonesia, karena di negeri ini buah-buahan dan sayuran bisa tumbuh dengan mudah. Banyak sekali buah-buahan di sekitar kita yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Untuk membuat jus yang enak anda hanya butuh bantuan sebuah blender atau juicer yang bagus. Dan untuk menambah cita rasa, anda bisa menambahkan madu dan es batu agar jus buah tersebut terasa lebih segar.

Berikut ini beberapa jenis jus buah yang dapat menurunkan berat badan:

1. Jeruk Bali

Menurut kabar yang dikutip dari The Juice Cleans Reset Daily, kandungan yang terdapat dalam jeruk bali bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta dapat menahan rasa lapar.

Sehingga, proses pembakaran lemak dalam tubuh akan berjalan dengan cepat. Jika anda ingin membeli atau membuat sendiri jus jeruk bali dirumah, pastikan anda tidak memberi tambahan gula, karena hal ini akan membuat program diet menjadi gagal.

2. Timun

Timun memiliki banyak sekali manfaat. Menurut Kenyon-Farley, timun tidak hanyak memiliki kadar air yang tinggi yang membuat tubuh menjadi segar, timun juga mengandung bahan alami dieuretik yang berfungsi untuk meningkatkan energi dalam tubuh.




3. Semangka

Semangka adalah buah yang memiliki rasa yang manis dan memiliki kadar air yang tinggi. Namun tahukah anda, bahwa semangka memiliki kandungan asam amino yang berfungsi sebagai pereda nyeri pada otot, misalnya ketika kita mengalami keram saat berolah raga ataupun nyeri pada otot lainnya.

Semangka juga dikenal sebagai buah yang sangat baik untuk menurunkan berat badan karena memiliki kalori dan lemak yang rendah. Kandungan serat dalam semangka dapat memberi rasa kenyang yang cukup lama.

4. Air Kelapa

Air kelapa ternyata dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, air kelapa juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Jika anda hendak membuat jus kelapa, atau meminum langsung air kelapa, pastikan anda tidak memberi tambahan gula maupun susu kental manis.

5. Wortel

Bukan rahasia lagi jika wortel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Wortel memiliki kandungan antioksidan dan detokimia yang berfungsi untuk mengikat gula dalam darah. Selain itu, dengan mengkonsumsi wortel, kondisi tubuh akan tetap terjaga meskipun tanpa mengkonsumsi kalori dan gula.

Nah itulah uraian singkat mengenai jenis jus buah untuk menurunkan berat badan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Selamat mencoba.

Tulis Komentar